Bagaimana Jakarta Smart City Membuat Kehidupan Perkotaan Lebih Mudah Melalui Big Data

28 Desember 2021

Bagaimana Jakarta Smart City Membuat Kehidupan Perkotaan Lebih Mudah Melalui Big Data

Mengembangkan kota yang lebih cerdas melalui adopsi internet of things (IoT) adalah pekerjaan yang sedang berlangsung. Artikel kami sebelumnya telah berbicara banyak tentang exa

Mples tentang seberapa besar data dan aplikasi kota pintar telah membantu menguraikan kompleksitas tinggal di kota besar.

Namun, untuk mempelajari langkah-langkah kecil yang dapat kita ambil untuk membuat kota lebih pintar, kita juga dapat melihat ibu kota Indonesia: Jakarta.

Bagaimana adopsi perangkat lunak telah membuat segalanya lebih baik untuk Jakarta

Administrator kota meluncurkan Jakarta Smart City pada sekitar tahun 2016 untuk mengatasi terutama tiga masalah utama: polusi, lalu lintas dan banjir.

Salah satu tindakan pertama yang diambil dengan proyek ini adalah mengubah platform analisis data dan analisis tim gugus tugas Jakarta Smart City untuk menangani ketiga masalah ini.

Sebelumnya, anggota tim hanya menggunakan grafik dan grafik sederhana dalam spreadsheet yang disalin dan ditempelkan ke presentasi.

Sejak 2016, tim telah menggunakan Tableau, sebuah platform yang membantu mereka mendapatkan wawasan yang lebih cepat melalui input data dan kapasitas analisis yang lebih cepat.

Pada saat yang sama, Tableau juga telah membantu tim menyajikan data dengan cara yang lebih menarik dan menarik.

Setelah mengadopsi Tableau, sekitar 50 anggota divisi data dan analitik gugus tugas sekarang telah mengoperasikan platform.

Efisiensi platform telah membantu divisi menurunkan jeda waktu yang mereka butuhkan untuk membuat dasbor hanya untuk beberapa hari.

Sebelumnya, di bawah sistem manual, butuh berminggu-minggu bagi dasbor untuk berkembang. Tim telah mengurangi waktu pembuatan dasbor mereka sebesar 70 persen, sehingga memungkinkan lebih banyak waktu untuk terlibat dalam tugas-tugas lain dan mendedikasikan energi mereka untuk ide-ide kreatif.

Pada saat yang sama, platform ini juga telah membantu divisi data dan analitik kota menghasilkan 60 visualisasi yang berfokus pada polusi, lalu lintas, dan banjir menggunakan internet of things (IoT).

Jadi, dengan fitur yang disempurnakan yang ditawarkan oleh Tableau, bagaimana tim Jakarta Smart City mengeluarkan tiga masalah paling rumit yang telah membuat hidup begitu menyedihkan bagi warga Jakarta?

Hasil konkret

Sejauh ini, platform telah membantu tim menganalisis arus lalu lintas, yang menghasilkan kebijakan lalu lintas 'ganjil-genap', membatasi jalan tertentu untuk kendaraan pada hari-hari tertentu berdasarkan digit terakhir dari plat registrasi mereka.

Pada saat yang sama, platform ini terus membantu pemerintah memperbaiki peraturan pembatasan lalu lintas.

Dalam hal banjir, platform ini juga telah membantu administrator kota mengidentifikasi faktor risiko sebelumnya, sehingga mereka dapat mengurangi keparahan banjir.

Platform ini juga terbukti berguna dalam upaya kota untuk mengatasi situasi pandemi COVID-19.

Baru-baru ini, divisi ini telah membuat dasbor publik yang memberikan gambaran tentang kasus yang dikonfirmasi di Jakarta dan di seluruh Indonesia, menarik lebih dari 2,8 juta pemirsa setiap hari.

Selain itu, data kasus yang dikonfirmasi juga membantu pemerintah kota memetakan zona dan klaster COVID-19 di seluruh Jakarta.

Pemodelan platform telah memberikan wawasan administrasi tentang zona merah yang membutuhkan lebih banyak pembatasan sosial, serta merancang rencana pembukaan kembali sekolah.

Hal ini juga berkat platform yang jakarta sekarang telah mampu menavigasi zona yang berbeda ini dengan hati-hati, mengambil tingkat infeksi ke rekening sebelum mereka memutuskan untuk mengunjungi tempat-tempat ini untuk kegiatan mereka.

Dengan semua kemajuan dalam adopsi data besar Jakarta, akan menarik apa yang akan terjadi di masa depan untuk pengembangan penggunaan data besar.

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

26 September 2022
Bagaimana Big Data Membantu Anda Membuat Keputusan yang Lebih Baik

Big data memainkan peran penting di dunia, tidak hanya memengaruhi industri bisnis tetapi juga kehidupan pribadi Anda.

Read More...
1 September 2022
Peran Big Data dalam Transformasi Digital
Cloud & Data CenterCloud

Berbagai organisasi kesulitan beradaptasi dengan berbagai perubahan yang datang dari pertumbuhan digital. Tetapi data besar datang sebagai penyelamat bagi banyak pekerja.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...