CPaaS dalam Nutshell

30 Desember 2021

CPaaS dalam Nutshell

Pelanggan selalu menginginkan layanan yang efisien dan andal, tetapi dengan perkembangan teknologi baru, harapan mereka telah meningkat secara signifikan. Pelanggan sekarang tidak hanya menginginkan cara yang ramah dan responsif untuk terhubung dengan perusahaan, tetapi juga saluran dan pesan yang dipersonalisasi untuk mereka. Dengan perubahan perilaku pelanggan, bisnis harus tetap maju dan up-to-date dengan harapan pelanggan. Di sinilah Platform Komunikasi sebagai Layanan (CPaaS) dimulai.


CPaaS adalah solusi yang berfokus pada memperkaya saluran komunikasi dan bertindak sebagai platform bagi perusahaan untuk menggabungkan layanan komunikasi dengan aplikasi mereka dengan menggunakan API. Hal ini memungkinkan pengembang untuk memprogram berbagai solusi real-time, termasuk suara, video, dan pesan untuk memberikan pelanggan dengan pengalaman terbaik. Sebuah studi IDC memperkirakan bahwa pasar CPaaS akan tumbuh dari USD 3,3 miliar pada 2018 menjadi USD 17,2 miliar pada 2023. Dengan permintaan yang besar, penting untuk memahami fitur dasar dan manfaat dari teknologi yang muncul ini untuk bisnis Anda.


Memungkinkan pengembang untuk mengintegrasikan kebutuhan komunikasi yang berbeda dengan menggunakan API

CPaaS dapat menggabungkan berbagai jenis saluran komunikasi yang berfokus pada API. API ini akan memungkinkan pengembang untuk dengan cepat dan mudah mengintegrasikan panggilan, SMS, dan fungsi telekomunikasi lainnya langsung ke aplikasi atau layanan perangkat lunak. CPaaS berbasis cloud dan berbasis perangkat lunak, oleh karena itu pengembang Anda dapat dengan mudah mengeksplorasi fitur komunikasi baru dan menarik tanpa harus mengembangkan infrastruktur jaringan fisik yang mahal dan rumit. Ini terdiri dari dukungan pengembang, kode sampel, cuplikan, dokumentasi, dan forum yang memungkinkan pengembang untuk mengintegrasikan fitur seperti pesan instan, konferensi web, pesan teks, panggilan suara, dan banyak lagi dalam satu antarmuka.


Solusi alternatif hemat biaya, tidak perlu membangun atau memelihara infrastruktur Anda sendiri

Banyak perusahaan menemukan CPaaS sebagai solusi alternatif yang hemat biaya, namun memberikan pengalaman pelanggan yang andal karena fakta bahwa tidak perlu memiliki perangkat keras Anda sendiri untuk menerapkan solusi ini, dan karena itu dapat memberikan akses mudah dan terjangkau ke fungsi komunikasi hebat yang dibutuhkan bisnis untuk terlibat dengan pelanggan mereka. Tidak hanya dari infrastruktur fisik, Anda dapat mendorong penghematan biaya dari implementasi CPaaS dengan mengurangi waktu dan sumber daya untuk membangun sistem. Teknologi ini dapat menghemat waktu berharga pengembang Anda dalam membangun dan memelihara platform, sehingga Anda dapat menugaskannya ke bagian penting lainnya dari perusahaan.


Memberikan pengalaman hebat, memungkinkan pelanggan Anda untuk terhubung ke layanan yang paling sering mereka gunakan.

Berinvestasi di CPaaS, perusahaan dapat membantu Anda membangun pengalaman komunikasi pelanggan yang lebih baik dan mengevaluasi strategi Anda secara teratur. Teknologi ini dapat membantu menghubungkan pelanggan ke orang yang tepat dengan menyiapkan alur kerja otomatis, yang akan menyebabkan waktu tunggu yang lebih singkat dan mengurangi panggilan yang tidak terjawab. Teknologi ini juga memungkinkan pelanggan Anda untuk merampingkan interaksi pelanggan melalui komunikasi omni-channel, memungkinkan mereka untuk terhubung atau dihubungi ketika mereka ingin melalui saluran pilihan mereka. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menggunakan CPaaS untuk membuat keputusan yang lebih tepat dengan menganalisis laporan historis real-time seputar interaksi pelanggan kemudian bertindak berdasarkan data ini untuk meningkatkan proses, mengurangi biaya, menghemat waktu, dan membangun pengalaman pelanggan yang lebih baik.


Sama seperti teknologi, pelanggan juga berkembang, dan sangat penting bagi bisnis Anda untuk tetap terhubung dengan pasar Anda. Memahami CPaaS, sebagai salah satu teknologi paling menjanjikan yang dapat mengintegrasikan saluran komunikasi Anda dengan mulus, sangat penting untuk memenuhi harapan pelanggan yang selalu berubah. Solusi ini dapat membantu perusahaan dalam banyak cara positif, termasuk mendorong penghematan yang signifikan dalam biaya, waktu, dan energi, sehingga memungkinkan Anda untuk fokus pada bidang utama bisnis Anda.

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

Invalid date
CPaaS: Cara Membuatnya Lebih Pribadi

Personalisasi akan menjadi pendorong utama kesuksesan pemasaran dalam waktu lima tahun. Inovasi dan kemajuan teknologi, data, dan analitik akan segera memungkinkan bisnis untuk mengembangkan banyak pengalaman pelanggan pribadi di seluruh saluran.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...