Era Baru Big Data

22 July 2020

Era Baru Big Data

Loading...

Bisnis di hampir setiap industri di seluruh dunia sekarang mulai menyadari dampak potensial dari data besar pada organisasi mereka. Statistik menunjukkan bahwa pendapatan yang dihasilkan dari data besar tumbuh secara signifikan, dengan memperhitungkan usd 122B keuntungan pada tahun 2015 dan diperkirakan akan mencapai USD 274.3B pada tahun 2022. Selain itu, perusahaan yang telah memanfaatkan kekuatan penuh big data dapat meningkatkan margin operasi mereka hingga 60%. Memahami seberapa besar data dapat membuat perbedaan di masa depan, melihat tren data besar di era baru ini sangat signifikan untuk membantu organisasi Anda menempatkan strategi yang tepat, meningkatkan operasi Anda dan mendapatkan keunggulan kompetitif dari manajemen data besar.


Jumlah data yang dihasilkan akan tumbuh secara eksponensial di masa depan.

Meningkatnya jumlah pengguna internet yang melakukan semuanya secara online telah membuat jumlah data yang dihasilkan tumbuh secara eksponensial di masa depan. Pada tahun 2019, mayoritas orang di dunia menggunakan ponsel (67%), terlibat dalam internet (57%), dan berpartisipasi aktif dalam media sosial (45%). Tren ini tidak menunjukkan tanda-tanda melambat. Diperkirakan bahwa 6 miliar pengguna atau 75% dari populasi dunia akan berinteraksi dengan data online setiap hari pada tahun 2025.  Dengan perilaku seperti ini, IDC memperkirakan bahwa datasphere global akan mencapai 175 zettabytes pada tahun 2025. Sejumlah besar dataset ini akan mengharuskan perusahaan untuk berinvestasi dalam analisis data besar untuk membuat keputusan berbasis data dan memastikan bahwa mereka mendapatkan keunggulan kompetitif dari data besar.


Ilmuwan data dan profesional data akan menjadi salah satu pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat di masa depan.

Big data tidak berguna tanpa analisis. Tapi anehnya, 99,5% dari data yang dikumpulkan tidak pernah digunakan atau dianalisis. Ketika volume data terus tumbuh, kesenjangan antara kebutuhan dan ketersediaan profesional data sudah lebih besar. Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk berinvestasi dalam sumber daya untuk mengumpulkan dan menganalisis data dengan bantuan alat analisis dan pelaporan, dan mengubahnya menjadi wawasan yang dapat ditindaklanjuti. Tidak mengherankan bahwa para ilmuwan data adalah salah satu pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat saat ini, bersama dengan insinyur pembelajaran mesin dan insinyur data besar. Dan sejak 2012, big data telah menciptakan lebih dari 14 juta pekerjaan di seluruh dunia.


Menggabungkan big data dengan machine learning diharapkan dapat berdampak pada masa depan kita secara drastis.

Memainkan peran penting dalam data besar, pembelajaran mesin adalah teknologi lain yang diperkirakan akan berdampak pada masa depan kita secara drastis. Ovum memprediksi bahwa pembelajaran mesin akan menjadi elemen yang diperlukan untuk persiapan data dan analisis prediktif dalam bisnis yang bergerak maju. Seiring kemajuan pembelajaran mesin, semakin banyak informasi tentang minat dan pencarian pelanggan Anda dikumpulkan dan dianalisis, memungkinkan Anda mengenali pola dan anomali, yang mengarah pada peningkatan bisnis di bidang pengurangan biaya, peningkatan produktivitas, pengembangan dan inovasi produk yang lebih baik, dan pengambilan keputusan yang paling penting.


Sebagian besar ahli setuju bahwa data besar akan berarti nilai besar bagi bisnis. Sekarang lebih penting dari sebelumnya untuk berinvestasi dalam data besar, memungkinkan organisasi Anda untuk beralih dari menghasilkan data menjadi bertenaga data, memanfaatkan data dan wawasan bisnis yang dapat ditindaklanjuti. Big data memungkinkan perusahaan Anda untuk lebih memahami kondisi pasar yang terus berubah dan tetap berada di depan pesaing Anda.

Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about ‘Article headline’!

Related Article

12 August 2020
Fakta & Mitos Tentang Big Data
Cloud & Data CenterCloud

Penggunaan internet, jejaring sosial, permintaan pencarian web, pesan teks dan file media terutama berkontribusi pada pertumbuhan data global yang signifikan.

Read More...

Artikel Populer

10 November 2020
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...

back to top