Manfaat Metro Ethernet dalam Jaringan Telekomunikasi

28 Desember 2021

Manfaat Metro Ethernet dalam Jaringan Telekomunikasi

Konektivitas sangat penting di era digital untuk bisnis Anda. Untuk menjalankan bisnis dengan baik, perusahaan membangun dan memanfaatkan beberapa teknologi untuk membantu mereka terhubung dengan data dan sistem. Ethernet dapat menjadi solusi untuk terhubung satu sama lain dalam sistem bisnis Anda.

Ethernet adalah teknologi yang terhubung ke Local Area Network (LAN). Hal ini dapat memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi dan berbagi data satu sama lain melalui protokol, terutama di daerah-daerah kecil seperti kantor, rumah, dan bangunan.

Asal usul ide ethernet adalah menghubungkan beberapa komputer bersama-sama dalam jaringan. Hal ini dapat menggunakan kabel ethernet untuk terhubung dengan hub pusat atau router dan membuat jaringan dengan beberapa komputer bersama-sama. Koneksi melalui sistem ethernet, tidak hanya menghubungkan data dari beberapa komputer, tetapi dapat dihubungkan ke internet melalui router jaringan sebagai jembatan untuk terhubung ke modem.

Ada dua jenis ethernet: Metro Ethernet, dan Carrier Ethernet. Keduanya memiliki fungsi yang sama tetapi memiliki ruang lingkup penggunaan yang berbeda. Carrier Ethernet mungkin termasuk Metro Ethernet, tetapi yang lain tidak termasuk yang pertama.

Metro Ethernet

Metro Ethernet adalah jaringan Ethernet di jaringan wilayah metropolitan (MAN). Ini dapat menghubungkan LAN bisnis dan pengguna akhir individu ke jaringan area luas (WAN) atau ke Internet. Metro Ethernet juga digunakan oleh bisnis untuk menghubungkan beberapa lokasi ke jaringan melalui Ethernet Private Line.

Lembaga pendidikan, pemerintah, dan perusahaan di kota-kota besar, yang memanfaatkan Metro Ethernet untuk menghubungkan kampus cabang, sekolah, atau kantor ke intranet. Ini dapat membantu menghubungkan kantor, menghubungkan pelanggan atau bisnis ke Internet, terhubung ke pusat data cloud publik (internet) atau pribadi (intranet). Ini adalah alasan mengapa Metro Ethernet populer.

Beberapa manfaat Metro Ethernet untuk bisnis ini adalah:

1. Mengelola risiko melalui partisi operasional, fungsional, dan administratif, meskipun beberapa fungsi jaringan menyatu pada satu sasis, dan berjalan secara independen.

2. Fleksibilitas untuk berbagai layanan dan transportasi

3. Hal ini dapat mendeteksi kegagalan koneksi laporan dan mengukur kinerja

4. Mudah digunakan dan memelihara sistem, karena lebih ringan dari jaringan WAN dan membantu Anda menghemat anggaran

5. Mendukung Kualitas Layanan (QoS) seperti klasifikasi, penandaan, kepolisian, antrian.

Operator Ethernet

Jenis ethernet bisnis kedua adalah Carrier Ethernet. Carrier Ethernet memanfaatkan Ethernet bandwidth tinggi. Ini memungkinkan akses internet ke komunikasi antara LAN dan dapat memfasilitasi berbagi data jarak jauh di antara bisnis atau organisasi Anda. Bisnis dapat memanfaatkan Carrier Ethernet untuk menangani transmisi data yang lambat yang disebabkan oleh terlalu banyak komputer atau server yang mencoba terhubung ke host di Ethernet tradisional.

Carrier Ethernet bisa lebih terjangkau daripada Ethernet tradisional, terutama jika bisnis membutuhkan volume bandwidth yang tinggi. Hal ini juga mudah untuk meningkatkan-up tanpa rumit re-instalasi.

Keuntungan dari Ethernet

1. Kecepatan

Melalui kabel untuk menghubungkan beberapa komputer dan data, kecepatan ethernet lebih besar dari koneksi nirkabel. Kecepatan konektivitas adalah salah satu hal penting untuk menjalankan bisnis Anda secara efektif. Telkom Metro yang dapat menyediakan layanan Ethernet dapat menskalakan opsi bandwidth hingga 10 Gbps.

2. Keamanan

Koneksi Ethernet memungkinkan Anda untuk memiliki kontrol atas siapa yang menggunakan jaringan. Hal ini dapat mencegah hacker dari mencuri data dan pelanggaran keamanan.

3. Reliabilitas

Tanpa gangguan dari frekuensi radio, dapat membuat ethernet memiliki keandalan tertinggi. Di sisi lain, jaringan ini memungkinkan untuk mendeteksi dan memulihkan masalah jaringan tanpa mempengaruhi pelanggan dengan mudah.

Semakin banyak bisnis Anda tumbuh, semakin Anda mengumpulkan data dan terhubung satu sama lain. Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan sistem Ethernet untuk membantu Anda mengelola, mengontrol, dan mengamankan sistem data bisnis Anda.

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...