Peluncuran Candi neuCentrIX di Semarang

13 Juli 2022

Peluncuran Candi neuCentrIX di Semarang

Managed Service Managed Service 

Telkom Indonesia selalu berkomitmen dalam bekerja untuk membuka potensi Indonesia yang lebih besar untuk menjadi digital powerhouse Asia dan dunia berikutnya. Dengan membangun infrastruktur dan platform, memberikan akses konektivitas digital yang lebih mudah dan terjangkau kepada masyarakat, Telkom Indonesia berkontribusi pada pengembangan kapabilitas dan ekosistem digital Indonesia, membantu bangsa menjadi bagian penting dari ekonomi digital dunia. 

Sebagai bagian dari komitmen tersebut, Telkom Indonesia dengan bangga meluncurkan Data Center Neutral Cloud and Internet Exchange (neuCentrIX) Candi, data center ke-11 dan terakhir pada 11 November 2020. Berlokasi di Candisari, jantung kota Semarang, neuCentrIX Candi merupakan data center pertama di Jawa Tengah dan kedua di Regional IV, dan telah dibangun secara khusus untuk memenuhi permintaan usaha kecil dan menengah, pelanggan korporasi, dan institusi pemerintah.

Acara launching dipimpin oleh Bapak Dian Rachmawan, Direktur Wholesale &International Service ("WINS") Telkom, dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Djatmiko (Executive Vice President Telkom Regional IV), dihadiri oleh Bapak Priyo Suyono (Chief of APJII di Jawa Tengah), perwakilan dari GMEDIA (Internet Service Provider), perwakilan dari DigiTiket (start up company), yang dihadiri oleh Bapak Priyo Suyono (Chief of APJII di Jawa Tengah), perwakilan dari GMEDIA (Internet Service Provider), perwakilan dari DigiTiket (start up company), perwakilan dari DigiTiket (start up company), yang dihadiri oleh Bapak Priyo Suyono (Chief of APJII di Jawa Tengah), perwakilan dari GMEDIA (Internet Service Provider), perwakilan dari DigiTiket (start up company), yang dihadiri oleh Bapak Priyo Suyono (Chief of APJII di Jawa Tengah), perwakilan dari GMEDIA (Internet Service Provider), perwakilan dari DigiTiket (start up company), dan perwakilan dari Dinas Kominfo Semarang. Dalam sambutannya, Bapak Dian Rachmawan menekankan potensi pasar di Jawa Tengah dan bagaimana neuCentrIX Candi dapat bermanfaat bagi pengguna dan mendukung pertumbuhan ekonomi digital lokal. Hal ini dibuktikan dengan jumlah 118 STU di Jawa Tengah (mencapai 90% dari kapasitas) yang telah beralih ke metode baru.

Dia menyatakan, "Mari kita ubah neuCentrIX menjadi 'rumah' yang memberikan 'Anything as a Service (XaaS)', tidak hanya rak kolokasi, daya, dan konektivitas. Semua (bisnis dan penyedia layanan): CAPs, OTT, pemain digital, dan startup yang membutuhkan akses ke bola mata (pengguna internet) harus menjadi bagian dari pusat data."

Sementara itu, Bapak Djatmiko menyampaikan harapannya untuk pemberdayaan perusahaan start-up untuk masa depan ekosistem digital di Indonesia.

"Hal ini sangat penting karena menyangkut masa depan Telkom, lebih khusus lagi masa depan ekosistem digital Indonesia," kata Djatmiko.

Dengan 20 rak siap, neuCentrIX Candi menawarkan berbagai layanan utama yang cocok untuk berbagai jenis bisnis termasuk colocation carrier-neutral, konektivitas, dan layanan cloud. Selain itu, untuk memastikan kinerja dan penyampaian yang optimal, layanan utama ini didukung oleh sejumlah layanan dan fasilitas tambahan seperti sistem manajemen keamanan, IP Publik, lintas konektivitas, teknologi sistem pendingin, Meet-Me Room, dan kontrol operasi jaringan. Semua layanan berstandar internasional yang dilengkapi dengan fasilitas kelas dunia ini dapat disesuaikan untuk memenuhi permintaan yang berbeda dan menjamin kenyamanan bagi setiap kliennya.

Sebagai data center ke-11, neuCentrIX Candi hadir sebagai bagian dari rencana Telkom Indonesia untuk membangun 14 data center di seluruh Tanah Air. Sejak 2019, neuCentrIX telah mendirikan 11 data center yang berlokasi di Jakarta, Medan, Batam, Bandung, Yogyakarta, Balikpapan, Surabaya, Denpasar, Makassar, Manado, dan sekarang Semarang. Tiga data center lagi yang berpotensi berlokasi di Meruya, Pekanbaru, dan Banjarmasin rencananya akan diluncurkan pada 2021 mendatang. Selain itu, sebagai data center kedua di Telkom Region IV Jawa Tengah, menyusul yang pertama di Kotabaru, Yogyakarta, neuCentrIX Candi dipercaya untuk membawa transformasi yang lebih besar dalam kehidupan masyarakat di daerah tersebut.

Keberadaan data center neuCentrIX di lokasi-lokasi strategis di seluruh Indonesia diharapkan dapat memberikan solusi atas kebutuhan bangsa akan kelincahan digital dan ekosistem digital yang kuat. Karena menggabungkan penyedia layanan, jaringan, dan konten dari seluruh dunia untuk menjangkau lebih dari 265 juta orang Indonesia melalui jaringan yang mulus, aman, dan andal, neuCentrIX diarahkan untuk menjadi pusat digital global untuk menghadirkan potensi terbesar Indonesia dan meningkatkan daya saing digital bangsa, sehingga memajukan Indonesia.

Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about Managed Service Article!

Artikel Populer

29 Desember 2021
Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box

Read More...