Peluncuran NeuCentrIX Pekanbaru

21 December 2020

Peluncuran NeuCentrIX Pekanbaru

Loading...

Setelah peluncuran NeuCentrIX Candi di Semarang November lalu, Telkom Indonesia dengan bangga meluncurkan data center berikutnya, neuCentrIX Pekanbaru. Acara peluncuran komersial ini diselenggarakan pada hari Rabu, 16 Desember 2020, dan dihadiri, di tempat dan online, oleh perwakilan dari Dewan Komisaris, Direksi, dan EVP Telkom Indonesia, bersama dengan anggota APJII dan mitra dan klien Telkom Indonesia. neuCentrIX Pekanbaru diresmikan oleh Bapak Marsudi Wahyu Kisworo (Komisaris Telkom Indonesia), Mrs FM Venusiana (CRO Telkom Group), dan Bapak Machsus Kusuma Apriyono (EVP Telkom Regional I), dan dilanjutkan dengan upacara penandatanganan dan tur singkat fasilitas.


Terletak di Jalan Sudirman, salah satu daerah paling strategis di Pekanbaru, neuCentrIX Pekanbaru adalah fasilitas neuCentrIX ketiga di Sumatera setelah yang pertama di Medan dan yang kedua di Batam. Dengan kapasitas 20 rak, neuCentrIX Pekanbaru diharapkan dapat mewujudkan visi Telkom Indonesia untuk mengembangkan ekosistem TIK di Indonesia, khususnya di provinsi Riau.


neuCentrIX Pekanbaru juga merupakan pusat data Telkom Indonesia pertama yang menyediakan DiCo (Digital Corner), coworking space yang berfungsi sebagai tempat bagi praktisi digital lokal untuk bertemu dan berkolaborasi. Untuk menonjolkan suasana digitalnya dan mempromosikan ekosistem digital yang kuat, DiCo dilengkapi dengan dinding interaktif yang menampilkan berbagai informasi dan demo layanan digital grosir Telkom Indonesia. Dengan diluncurkannya Digital Corner pertama di NeuCentrIX Pekanbaru, Telkom Indonesia menekankan perannya sebagai ikon digital bangsa.


neuCentrIX Pekanbaru memiliki beberapa sumber komponen data center termasuk daya, sehingga ketika satu komponen bermasalah, tugasnya dapat segera diambil alih oleh komponen lain. Ini berarti bahwa pelanggan tidak perlu khawatir terputus ke fasilitas dan terganggu. Seperti juga dikonfirmasi oleh Bapak Machsus Kusuma Apriyono, fasilitas baru ini memiliki tujuh lapisan cincin tulang punggung yang memastikan konektivitas konstan dan menjamin pemulihan cepat jika terjadi sesuatu. Selain itu, Pemko Pekanbaru menerapkan berbagai langkah pengamanan tingkat tinggi termasuk formulir data personel yang akan diisi sebelum ada yang memasuki fasilitas tersebut. Machsus juga menyebutkan bahwa, untuk melengkapi manfaat neuCentrIX Pekanbaru, juga akan disediakan oleh Telkom. Dia menyatakan, "Klien tidak perlu khawatir tentang sumber daya untuk mainte0ce, karena kami menyediakan layanan. Klien hanya perlu fokus pada pengembangan bisnis mereka sendiri. "


Atas komitmen tersebut, PT Alga Jaya Solusi, PT Sarana Pembangu0 Siak, PT Globalriau Data Solusi, Politeknik Negeri Bengkalis, PT Citra Reksa Tama dengan percaya diri menandatangani perjanjian kerja sama dengan Telkom Indonesia. "neuCentrIX Pekanbaru diharapkan dapat membawa antusiasme [orang dan bisnis] untuk go digital dan mengakomodasi kolaborasi antara Telkom Group, pemerintah, dan bisnis digital. neuCentrIX Pekanbaru juga diharapkan hadir sebagai alternatif baru bagi kebutuhan digital seluruh pelanggan, yang sudah ada dan yang baru, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia", kata Ibu Venusiana dalam sambutannya.


Menyusul neuCentrIX Pekanbaru sebagai pusat data ke-12, Telkom Indonesia berencana untuk meluncurkan dua pusat data lagi pada tahun 2021, di Jakarta Meruya dan Banjarmasin Ulin. Marsudi Wahyu Kisworo menyatakan, "Memasuki era 5G, pusat data lokal sangat penting [bagi bisnis] untuk menyediakan akses yang lebih cepat dan mengurangi latensi. Bahkan pemerintah daerah, dengan rencana mereka untuk mewujudkan konsep Smart City, akan membutuhkan layanan data center colocation. Membangun pusat data mereka sendiri akan menjadi langkah yang mahal, tidak ekonomis, dan tidak efisien. " Lebih lanjut, ia juga menyebutkan, "Ke depannya, Telkom Indonesia akan menjadi penyedia berbasis solusi, bukan hanya berbasis produk, karena kami ingin memastikan masalah pelanggan kami diselesaikan dengan semua yang dapat kami berikan."


Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about ‘Article headline’!

Artikel Populer

10 November 2020
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...

back to top