Telkom Properti Manfaatkan Peluang Digital

28 Desember 2021

Telkom Properti Manfaatkan Peluang Digital

JAKARTA, KOMPAS.com – Telkom Property (PT Duta Sarana Graha), anak usaha PT Telekomunikasi Tbk, akan mengembangkan properti atau properti teknologi digital.

Tindakan tersebut akan diambil sebagai optimalisasi aset perusahaan, khususnya aset Telkom.

"Kami akan membangun kamar digital. Ini sudah terdaftar sebagai program di tahun 2020," kata Direktur Perencanaan Telkom Property, Adhi Trirachmadi, saat webinar yang digelar, Selasa (21/7/2020).

Era adaptasi dengan perilaku baru atau yang disebut new normal mendorong Telkom Property untuk dapat menerapkan transformasi digital dengan cara yang cepat. Salah satu solusinya adalah dengan memenuhi kebutuhan akan ekosistem lengkap yang mencakup aplikasi, big data, dan marketplace.

Dalam hal itu, produk eksklusif yang berkisar pada kebutuhan pengembangan digital seperti hub logistik, pusat distribusi, dan pusat data memiliki kesempatan untuk dikembangkan lebih lanjut.

Adhi menggarisbawahi bahwa operasi selama situasi ini tidak boleh mengabaikan penyesuaian manajemen bangunan terhadap kesehatan dan keselamatan penggunanya karena ini adalah masalah yang sangat penting.

Konsep digital akan dicat di seluruh peta jalan hub digital yang akan mampu mengubah proses operasional perusahaan, pengalaman pelanggan, model bisnis, dan layanan atas aset.

Saat ini Telkom Property memiliki berbagai produk properti yang terdiri dari Telkom Landmark Tower (TLT) atau Telkom Hub, ritel bernama Indifoodcourt, dan juga beberapa bangunan dan gudang yang dibangun untuk menopang bisnis Telkom Group.

Adhi merasa sangat optimis terhadap upaya optimalisasi aset dan percaya bahwa pengembangan produk properti baru akan meningkatkan pendapatan untuk bangkit dari pandemi COVID-19 saat ini.

Ada juga rencana dan konsep telkom properti untuk membangun rumah sakit digital atau e-health yang berlokasi di Surabaya dan Bandung.

Tidak hanya itu, sekolah Kedokteran digital untuk Telkom University, universitas yang dikelola oleh Telkom, juga akan segera diluncurkan.

"Kami sudah memiliki Telkom University dan kami telah merancang sekolah kedokteran digital. Jadi, sumber medis juga akan didigitalkan," tambah Adhi.

Telkom Property saat ini sedang mempersiapkan rencana bisnis mereka untuk disampaikan atas Kementerian Badan Usaha Milik Negara (Kementerian Badan Usaha Milik Negara, BUMN untuk jangka pendek).

 

Dikutip dari Kompas.com, Jakarta, Selasa, 21 Juli 2020, awalnya ditulis oleh Suhaiela Bahfein.

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

Invalid date
Telkom DWS dan Visinya Menuju Global Digital Hub

Telkom DWS dan Visinya Untuk Mengubah Indonesia Menjadi Global Digital Hub

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...