BerandaArtikelMengenal Fungsi dan Keuntungan Menggunakan Data Center
article-image

08 May 2023

Mengenal Fungsi dan Keuntungan Menggunakan Data Center

Fungsi dan Manfaat Data Center

Sebuah data center sejatinya terdiri dari berbagai fitur dan fasilitas yang dapat dikelola dan dimanfaatkan untuk mendukung berbagai keperluan sistem dan komponen komputer, termasuk di antaranya untuk penyimpanan data sampai dengan telekomunikasi.

Adapun fungsi pentingnya yakni sebagai penempatan server web maupun database. Di dalamnya, terdapat banyak server yang ditata sedemikian rupa sehingga akan terlihat seperti sebuah perpustakaan besar. Secara lebih mendetail, berikut beberapa fungsi dan manfaat yang akan didapatkan dari penggunaan data center.

  1. Melayani kebutuhan bisnis

Data center diyakini dapat menangani berbagai kebutuhan bisnis dan senantiasa menjadi aset yang sangat penting, terutama ketika bisnis Anda sangat bergantung dengan penggunaan aplikasi, layanan, hingga arus data yang masif.

Adanya data center juga akan menjamin keberlangsungan operasional perusahaan. Terlebih, data center pada bisnis dirancang untuk mampu mencapai kondisi zero failure dari berbagai komponen yang menopangnya.

  1. Penyimpanan data berskala besar

Data center sejatinya terdiri dari suatu ruang penyimpanan dengan kapasitas yang sangat besar. Ruangan ini terdiri dari sejumlah komponen seperti harddisk, tape drives, hingga tempat penyimpanan lain, termasuk software untuk mengelola dan mefnyalin database.

Kapasitas penyimpanan pada data center bahkan dapat ditingkatkan mencapai ratusan, puluhan ribu, hingga jutaan tera byte sesuai kebutuhan perusahaan. Tidak mengherankan jika semakin banyak data yang ingin disimpan, maka kebutuhan data center juga semakin tinggi.

  1. Sebagai tempat memproses data

Selain untuk menyimpan data, data center juga memiliki fungsi sebagai tempat pemrosesan serta pengolahan data sehingga akan menghasilkan berbagai informasi baru. Informasi inilah yang nantinya juga akan berguna bagi kebutuhan perusahaan.

Tidak hanya itu, data center juga bermanfaat dalam back up data. Apabla data-data bisnis yang penting mengalami kerusakan atau bahkan hilang, Anda masih memiliki salinan yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

  1. Menjaga performa server

Fungsi lain dari sebuah data center yakni untuk menjaga kecepatan komunikasi data serta uptime server perusahaan. Dengan begitu, server akan tetap stabil untuk menyimpan hingga mengolah berbagai data yang tersedia.

Hal ini tentu yang kemudian membuat banyak penyedia jasa data center memberikan berbagai jaminan terkait layanan yang dimilikinya. Beberapa contohnya seperti “uptime 99,99%”, “bebas gangguan listrik”, dan sebagainya.

  1. Layanan private cloud

Private cloud merupakan jenis layanan penyimpanan cloud dengan keamanan data dan fleksibilitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Berbeda dengan public cloud, private cloud hanya dapat memberikan layanan kepada perorangan atau suatu bisnis organisasi saja untuk kebutuhan internal perusahaan.

Adapun contohnya seperti software Customer Relationship Management (CRM) yang di dalamnya berisi berbagai data pelanggan maupun perusahaan itu sendiri. Apabila tidak menggunakan data center terbaik, tentunya sisi keamanan data tersebut akan dipertanyakan.

Itulah beberapa fungsi dan manfaat data center yang tidak banyak disadari. Jika Anda sedang mencari data center terbaik dengan jangkauan global, Neucentrix bisa menjadi pilihan. Terlebih, layanan ini disediakan langsung oleh Telkom sebagai salah satu provider terbaik di Indonesia. Jadi, tunggu apa lagi, segera hubungi tim Neucentrix untuk info lebih lanjut!

Apakah informasi ini membantu?

Related Article