BerandaArtikelBig Data untuk Manajemen Risiko
article-image

14 September 2022

Big Data untuk Manajemen Risiko

Menggunakan data besar di perusahaan dan organisasi berkontribusi pada pertumbuhan dan keuntungan yang cepat. Big data memungkinkan Anda untuk memeriksa risiko dan menanganinya cukup awal.

Bisnis Anda akan berjalan dengan baik ketika Anda mengoreksi dan menganalisis data besar yang akurat dan berkualitas. Jadi, kita akan melihat bagaimana big data meningkatkan manajemen risiko, manfaat besar yang dibawa data, dan contoh manajemen risiko implementasi big data. Sebelum itu, mari kita mulai dengan alasan menggunakan big data untuk manajemen risiko.

Mengapa Menggunakan Big Data untuk Manajemen Risiko

Teknologi big data adalah yang terbaik untuk mendapatkan jaminan, mencatat kemungkinan risiko, dan merancang solusi dalam organisasi. Ini berbeda dari sistem manajemen risiko tradisional, yang menggunakan tinjauan risiko untuk menunjukkan bahaya dan risiko yang mendasarinya. Jadi, big data tidak akan memiliki bias dan akan secara efektif menilai kemungkinan risiko.

Bagaimana Big Data Meningkatkan Manajemen Risiko

Anda dapat menggunakan big data untuk meningkatkan manajemen risiko dengan berfokus pada prinsip-prinsipnya. Lihatlah prioritas, evaluasi data, identifikasi data, dan mitigasi. Setiap prinsipal sangat bergantung pada big data untuk menjadi efektif. Dengan menggunakan analitik yang tepat, seseorang harus menerapkan data besar untuk memeriksa kemungkinan risiko dan membuat keputusan yang jelas.

Manfaat Menggunakan Big Data dalam Manajemen Risiko

Tidak seperti analisis data tradisional, big data hadir dengan banyak hal positif mengenai manajemen risiko. Di bawah ini adalah kemungkinan manfaat yang dibawa oleh teknologi ini dalam mengelola risiko.

1. Menetapkan Konteks

Big data membantu perusahaan memahami pentingnya analisis data saat mengelola risiko. Dari sini, organisasi memiliki strategi analitik yang membantu menentukan ruang lingkup untuk mendapatkan hasil tertentu. Setelah itu, proses tersebut akan meningkatkan kinerja bisnis dan mengurangi masalah kepatuhan.

2. Mengidentifikasi dan Menerima Risiko

Setelah membuat konteks yang kuat, big data membantu Anda mengetahui kemungkinan ancaman di organisasi Anda. Data yang solid dari sumber yang dapat dipercaya memunculkan risiko nyata. Jadi, jika datanya berkualitas buruk, harapkan analisisnya juga buruk. Setelah Anda mengidentifikasi risikonya, Anda akan memahami konsekuensi yang tidak terlihat.

3. Evaluasi

Anda juga akan menganalisis risiko yang Anda dapatkan dari big data. Di sini, Anda akan menggunakan infrastruktur teknologi yang dapat memproses big data. Analisis semacam itu dapat menjadi menguntungkan bagi bisnis Anda.

4. Pemantauan dan Kontrol

Setelah evaluasi, big data membantu Anda memantau dan mengendalikan risiko menggunakan mekanisme pertahanan. Anda akan melihat manfaat ini jika Anda menggunakan langkah-langkah yang dikontrol teknologi. Itu karena teknologi modern memiliki alat khusus untuk menangani berbagai ancaman.

5. Mitigasi dan Pelaporan Risiko

Setelah Anda mengendalikan risiko, big data akan membantu perusahaan Anda mengimplementasikan rencana. Anda akan membuat rencana pelaporan risiko setelah pengumpulan dan analisis big data. Dari sini, rencana keselamatan Anda terjadi untuk waktu yang lama.

Contoh Implementasi Big Data dalam Manajemen Risiko Tertentu

Berikut adalah beberapa kasus penggunaan penerapan big data saat Anda mengelola risiko.

 ❖ Pencegahan Penipuan

Analisis prediktif Big data membantu menyediakan metode untuk mencegah aktivitas yang tidak aman. Hal ini umum terjadi di sektor perbankan, pemerintah, dan sektor global yang bertujuan untuk mencegah masalah pencucian uang.

 ❖ Menemukan Churn

Churn, yang tentang kehilangan pelanggan karena masalah tertentu, mempengaruhi banyak organisasi. Anda dapat menggunakan data besar untuk menemukan masalah ini lebih awal dan menanganinya untuk menghindari hilangnya pelanggan.

 ❖ Mengelola Kredit

Anda dapat menggunakan big data untuk mengurangi masalah yang berasal dari manajemen kredit. Di sini, perusahaan menilai data pelanggan tentang pengeluaran mereka di masa lalu dan sekarang untuk mengetahui apakah mereka memenuhi syarat untuk mendapatkan kredit. Ini umum di sektor keuangan.

 ❖ Manajemen Risiko Vendor

Terkadang, grup pihak ketiga membawa masalah peraturan ke bisnis Anda. Tetapi melalui manajemen risiko vendor yang dibantu oleh data besar, Anda akan membuat kontrol internal untuk mengatasi risiko bisnis Anda.

Menerapkan strategi big data dalam mengelola risiko mengurangi masalah pengambilan keputusan yang buruk. Anda akan membuat rencana rasional karena mencatat risikonya cukup awal. Berbagai sektor seperti perbankan menggunakan big data dalam menjalankan kegiatan manajemen risikonya. Silakan kunjungi situs kami untuk informasi lebih lanjut tentang big data dalam manajemen risiko.


Apakah informasi ini membantu?

Related Article