BerandaArtikelCloud Server vs Dedicated Server: Mana yang Terbaik untuk Bisnis Anda?
article-image

07 June 2021

Cloud Server vs Dedicated Server: Mana yang Terbaik untuk Bisnis Anda?

Teknologi cloud telah menjadi fitur yang akrab bagi para pelaku bisnis. Ini dapat membantu memanfaatkan bisnis Anda dan membuat bisnis Anda lebih efektif, terutama dalam ekonomi pertunjukan ini.

Setidaknya bisnis Anda membutuhkan teknologi cloud untuk sistem bisnis Anda, memantau alur kerja, dan menyimpan data perusahaan.

Ada beberapa metode untuk membangun ekosistem teknologi untuk bisnis Anda, seperti: Teknologi server cloud dan teknologi server khusus. Keduanya memiliki model yang berbeda untuk tujuan yang berbeda.

Apa itu Cloud Server?

Sebagian besar aspek operasional organisasi bergantung pada data. Dengan budaya kerja hibrida saat ini, sangat mungkin tim Anda bekerja dari berbagai tempat.

Terkadang, Anda perlu mengakses data berdasarkan apa yang Anda butuhkan dari folder kantor. Untuk membuat file kerja Anda mudah diakses dari banyak perangkat, server cloud jelas merupakan solusi masuk Anda. Oleh karena itu, Anda dapat menyelesaikan tugas Anda dengan lebih efisien.

Cloud server atau kita dapat mengatakan bahwa server virtual adalah teknologi cloud yang memungkinkan jumlah server yang tak terbatas untuk mengakses data dari mana-mana, ketika Anda berada di kantor atau di rumah.

Data yang dapat diakses disimpan di cloud atau ruang virtual. Ini sangat membantu terutama di era pandemi ini, ketika kita menyarankan untuk menghindari kerumunan dan melakukan physical distancing.

Ketika kami memiliki masalah dengan keterbatasan penyimpanan data, server cloud memberi Anda cukup ruang bagi perusahaan Anda untuk menyimpan data Anda, tergantung pada paket yang Anda berlangganan. Server cloud menggunakan Storage Area Network (SAN) yang besar untuk mengalokasikan sumber daya penyimpanan.

Ketika bisnis Anda memutuskan untuk menggunakan server cloud untuk mengelola data Anda, itu tidak berarti Anda tidak memerlukan perangkat keras. Server fisik dapat mendukung server cloud.

Bagaimana Cloud Server Bekerja?

Server fisik atau dedicated server hosting adalah perangkat keras yang dikenal sebagai server bare metal yang mendukung banyak server cloud.  Cloud publik terdiri dari beberapa server khusus, disimpan di pusat data colocation yang aman.

Ketika Anda berlangganan ke server cloud, Anda memiliki ruang penyimpanan di server fisik yang dikelola oleh penyedia. Satu server fisik dapat digunakan dengan lebih dari satu penyewa server cloud.

Cloud server memiliki fleksibilitas. Anda dapat berlangganan dari penyedia sesuai dengan kebutuhan Anda, menambahkan penyimpanan jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang, dan berhenti berlangganan jika Anda membutuhkannya.

Anda dapat menggunakan penyimpanan ini untuk semua yang Anda butuhkan untuk data dan sistem Anda. Berlangganan layanan ini disertakan dengan staf TI untuk mengelola server. Jika Anda membutuhkan bantuan, Anda hanya perlu menghubungi penyedia.

Cloud Server atau Dedicated Server?

Kami telah membahas server cloud - jadi, bagaimana dengan dedicated server? Seberapa penting untuk bisnis? Ketika kita tahu bahwa dedicated server adalah perangkat keras untuk mendukung server cloud.

Sebuah bisnis adalah mungkin untuk memiliki server khusus untuk memiliki server pribadi. Anda memiliki kemandirian dan lebih banyak penyimpanan untuk membuat sistem server cloud untuk bisnis Anda, tetapi biayanya lebih mahal untuk membayar perangkat keras dan staf TI untuk mengelola sistem.

Di sisi lain, dedicated server membuat sistem Anda lebih aman daripada server cloud, karena Anda mengelola sendiri.

Layanan cloud lebih terjangkau untuk hampir semua bisnis yang membutuhkan ekosistem digital. Lebih baik untuk beban kerja yang sangat bervariasi seperti mengelola data, membangun hotspot, situs web, dll. Dengan fleksibilitas dan kekuatan untuk menjadi gesit dalam ekosistem digital, layanan cloud dapat menjadi pilihan Anda.

Memilih layanan cloud atau layanan khusus dapat memanfaatkan bisnis Anda. Anda dapat memilih dengan bijak berdasarkan kebutuhan bisnis Anda.

Apakah informasi ini membantu?

Related Article