BerandaArtikelMenyelam Lebih Dalam ke Gaya Hidup Konsumen
article-image

14 December 2021

Menyelam Lebih Dalam ke Gaya Hidup Konsumen

Suka atau tidak, kita hidup di dunia yang tersegmentasi. Pemasar telah sangat menyadari kondisi ini selama beberapa dekade. Bahkan dalam strategi pemasaran konvensional, pelanggan telah diprofilkan sesuai dengan kategori yang berbeda, setidaknya demografi mereka. Di era digital, segmentasi pelanggan meningkat lebih jauh karena munculnya ruang gema memberi orang banyak ruang dan label yang mereka pasang sendiri. Dengan kata lain, segmentasi pelanggan tidak pernah lebih nyata sejak kita mendapatkan koneksi internet di telapak tangan kita.


Pentingnya Memahami Gaya Hidup Pelanggan

Ketika bisnis Anda mengelompokkan pelanggannya dan menemukan ceruknya, lautan data yang Anda kumpulkan hanya dapat relevan setelah Anda mencoba memahami kebiasaan pelanggan Anda. Mengetahui suka, tidak suka, kebiasaan teratur, dan kecenderungan pelanggan secara signifikan akan membantu bisnis Anda meningkatkan tingkat konversinya. Dan cara tercepat untuk memahami hal ini adalah dengan melihat lebih dekat gaya hidup pelanggan Anda. Pentingnya data tentang gaya hidup pelanggan tidak dapat diremehkan karena beberapa alasan termasuk namun tidak terbatas pada:


• Menjadi merek yang sama sekali tidak mengganggu

Mari kita hadapi itu, iklan yang tidak relevan menjengkelkan. Dan hal-hal bisa lebih buruk ketika yang tidak relevan datang dalam bentuk iklan YouTube 30 detik yang tidak dapat dilewati (Kita semua tahu bahwa kita akan menekan tombol lewati sesegera mungkin jika iklan YouTube bukanlah sesuatu yang terkait dengan kehidupan kita). Apa yang kadang-kadang diabaikan adalah bahwa iklan yang tidak relevan tidak hanya buruk bagi pelanggan, tetapi juga buruk bagi bisnis. Selain membuang-buang sejumlah biaya pemasaran, iklan yang tidak relevan dapat mengganggu, dan itu bisa merusak citra merek Anda. Data tentang gaya hidup pelanggan dapat membantu Anda mencapai segmen pasar yang tepat yang ingin Anda komunikasikan.


• Memberikan pengalaman pribadi pelanggan Anda

Jika pelanggan membenci iklan yang tidak relevan, itu berarti bahwa merek perlu membuat iklan yang relevan untuk basis pelanggan mereka. Menurut Marketing Dive, 71% konsumen benar-benar menyukai iklan yang dipersonalisasi. Orang suka dipahami, dan ini berarti peluang yang dapat dimanfaatkan oleh merek Anda dengan membuat iklan yang dipersonalisasi. Dan tidak ada bahan wawasan yang lebih baik daripada data tentang gaya hidup konsumen. Pelanggan Anda mungkin adalah pembelanja online yang rajin, gamer, atau pengamat pesta. Menggunakan bahasa yang benar dan menyampaikan pesan yang benar ke segmen pasar tertentu pasti dapat meningkatkan tingkat keberhasilan komunikasi bisnis Anda.


• Tetap berada di depan kompetisi

Masuk akal untuk mengetahui bahwa Anda dapat memimpin persaingan dengan memahami apa yang dilakukan pelanggan Anda. Seperti disebutkan sebelumnya, data tentang gaya hidup pelanggan memungkinkan Anda untuk menggunakan perangkat komunikasi yang relevan, yang meningkatkan kesadaran merek, hubungan pelanggan dan kemungkinan retensi. Ada banyak kasus di mana kampanye pemasaran gagal karena perusahaan tidak memahami kebiasaan dan kecenderungan pelanggan mereka. Bisnis Anda dapat menghindari perangkap ini dan memiliki kepala mulai setelah data tentang gaya hidup pelanggan ada di tangan Anda.


MSIGHT Memberikan Wawasan Gaya Hidup untuk Bisnis Anda

Jadi bagaimana bisnis Anda dapat mengumpulkan data yang akurat tentang gaya hidup pelanggan? Sebagian besar institusi akan membuat kesalahan dengan mengandalkan survei, yang sebenarnya mengecewakan sebagian besar pelanggan, menurut data dari Bain. Alih-alih melakukan survei konvensional, institusi dapat dengan mudah mendapatkan wawasan gaya hidup dari MSIGHT Telkomsel. Dikelola oleh penyedia yang paling dapat diandalkan di Indonesia, MSIGHT adalah alat yang dapat memberi Anda data komprehensif tentang apa yang disukai pelanggan Anda, memungkinkan bisnis Anda untuk membuat keputusan yang lebih baik dan meningkatkan strategi untuk menjangkau pelanggan.


Apakah informasi ini membantu?

Related Article