BerandaArtikelMengumpulkan Data yang Tepat untuk Bisnis Anda
article-image

25 October 2021

Mengumpulkan Data yang Tepat untuk Bisnis Anda

Dalam beberapa tahun terakhir, kita semua terobsesi dengan frasa buzz 'data besar'. Data selalu menjadi tulang punggung institusi manapun, terutama di era digital ini. Dengan sejumlah besar data, para pemimpin bisnis dan institusi dapat menilai potensi risiko dan peluang, yang akan memfasilitasi proses pengambilan keputusan yang lebih baik.

Menyadari pentingnya hal itu, tidak mengherankan bahwa banyak lembaga di seluruh dunia menginvestasikan modal, waktu, dan energi mereka untuk mengamati data, memungkinkan nilai data besar global diperkirakan tumbuh sebesar $ 247 miliar selama 5 tahun ke depan.

Dan satu set data yang banyak diandalkan bisnis adalah data pelanggan. Dari perspektif bisnis, data pelanggan telah memungkinkan pemasar untuk mengetahui lebih banyak tentang klien mereka. Wawasan yang dikumpulkan dari data ini (misalnya, usia, preferensi, gaya hidup, dan lokasi favorit mereka) telah memungkinkan bisnis untuk menginformasikan pembaruan, menjual produk yang relevan, memikirkan strategi yang relevan, dan membangun komunikasi yang lebih baik untuk pelanggan mereka. Mengingat bahwa pengguna dapat menghasilkan banyak data setiap hari, kumpulan data apa yang relevan untuk bisnis? Berikut beberapa di antaranya.


1. Kepentingan

Ini bisa dibilang kumpulan data yang paling menguntungkan bisnis. Mengumpulkan wawasan tentang apa yang disukai pelanggan mereka dapat membantu bisnis mengetahui preferensi pelanggan mereka. Dengan kata lain, bisnis dapat memanfaatkan jenis informasi ini untuk menawarkan produk yang relevan dengan metode komunikasi yang paling cocok untuk klien yang ada dan potensial. Dari sisi pelanggan, data tentang minat mereka pada akhirnya akan menciptakan pengalaman yang dipersonalisasi di mana hanya iklan yang relevan yang ditampilkan di perangkat mereka.


2. Lokasi Terakhir

Lokasi terakhir pengguna adalah tentang mobilitas, yang terkait dengan kebiasaan mengunjungi pelanggan, dan ini dapat mengikat dengan preferensinya. Misalnya, pengguna mungkin sering mengunjungi kedai kopi tertentu. Apakah pengguna membeli kopi atau minuman non-kopi mungkin tidak diketahui, tetapi dapat dipastikan bahwa pengguna mungkin lebih bersedia untuk membeli produk minuman. Pola mobilitas tertentu juga dapat menunjukkan area tempat tinggal, dan pemasar dapat melihat tren regional sebelum menyesuaikan produk / layanan mereka dengan tren.


3. Status Aktif

Jika banyak kumpulan data lain menjawab pertanyaan tentang apa,status aktif memberikan wawasan tentang pertanyaan kapan.  Setiap orang secara aktif menggunakan ponsel mereka untuk memeriksa di media sosial, bermain game, bekerja, atau berkomunikasi pada waktu tertentu.  Status online / aktif pelanggan dapat menginformasikan pola penggunaan perangkat pelanggan. Dengan serangkaian informasi ini, bisnis dapat memikirkan strategi yang lebih baik tentang kapan harus menawarkan barang dan jasa mereka sehingga waktu penawaran dapat disesuaikan dengan pola online / aktif pelanggan mereka.


4. ID

ID pelanggan juga dapat memberikan wawasan penting untuk bisnis. Bahkan, ini adalah salah satu kumpulan data yang paling penting. Menurut Lyle Daly dari fool.com, 1.387.615 kasus pencurian identitas dilaporkan pada 2020. Jumlah tersebut menunjukkan bahwa bisnis berisiko jika mereka tidak memverifikasi ID pelanggan mereka. Uji tuntas pelanggan dapat membantu bisnis menghilangkan risiko yang terkait dengan transaksi (terutama transaksi online), itulah sebabnya mengapa penting bagi bisnis mana pun untuk memverifikasi identitas pelanggan mereka.


5. Riwayat Kredit

Data tentang riwayat kredit pelanggan dapat berguna untuk tujuan yang mirip dengan pemeriksaan ID: keamanan. Menilai kredibilitas pelanggan dan skor kredit dapat membantu bisnis mengamankan perilaku mereka. Ini adalah cara yang paling efisien dan mudah untuk memverifikasi apakah pelanggan (potensial) memiliki kemampuan membayar. Data tentang riwayat kredit akan berguna bagi bisnis untuk menghilangkan pelanggan berisiko tinggi, membuat daftar hitam, dan fokus pada yang aman. Di satu sisi, data kredit pelanggan membantu institusi untuk mengamankan kesehatan arus kas mereka.


Untuk memastikan rezeki bisnis Anda, penting untuk mengumpulkan kumpulan informasi yang relevan. Dengan lebih banyak data, Anda dapat memiliki dasar yang dapat diandalkan untuk pengambilan keputusan. Tetapi juga penting untuk memiliki kumpulan data yang dapat diandalkan. Ini adalah Anda hanya harus bekerja dengan penyedia data yang dapat diandalkan, di mana set informasi yang ditawarkan didasarkan pada penggunaan aktual. Juga bijaksana untuk memeriksa apakah penyedia tempat Anda bekerja memiliki dua hal: rekam jejak yang terbukti dan alat API yang mampu untuk mendukung bisnis Anda.


Apakah informasi ini membantu?

Related Article