BerandaArtikelBagaimana Cloud Computing Bekerja?
article-image

08 June 2021

Bagaimana Cloud Computing Bekerja?

Apakah Anda ingat sekitar 10-15 tahun yang lalu, ketika Anda membutuhkan floppy disk, CD, atau flash disk untuk memindahkan file Anda dari komputer ke komputer? Terkadang Anda membutuhkannya untuk memindahkan file Anda seperti video atau musik ke ponsel Anda. Ketika Anda ingin mengubah file Anda, Anda harus membukanya dari komputer yang memiliki file Anda.

Sekarang, sistem digital benar-benar berbeda. File dapat dipindahkan di internet dan disimpan di cloud. Kapan pun Anda ingin mengubah atau menghapus file Anda, Anda dapat mengaksesnya dari banyak perangkat yang terhubung dengan akun Anda. Sistem ini yang bisa kita sebut cloud computing.

Cloud computing menyimpan, mengakses, dan menjalankan file, data, program, atau aplikasi melalui internet. Ini mengacu pada berbagi sumber daya dan informasi melalui jaringan. Memanfaatkan komputasi awan untuk bisnis Anda atau organisasi Anda dapat mengirimkan konten lebih cepat dan andal tanpa memiliki sistem besar untuk mengoperasikan jaringan.

Keuntungan Dari Cloud Computing

Dapatkah Anda bayangkan, ketika Anda menyimpan file Anda di penyimpanan lokal tetapi tim Anda membutuhkan data Anda untuk mengelolanya? Anda memerlukan lebih banyak waktu dan media penyimpanan untuk berbagi file Anda ke tim komputer Anda. Setelah mereka membuat perubahan, Anda harus memperbarui file Anda di penyimpanan lokal Anda.

Memanfaatkan komputasi awan membuat berbagi file lebih efektif. Yang Anda butuhkan hanyalah: Penyimpanan cloud, koneksi internet, dan mengunggah konten Anda.

Ketika tim Anda membuat perubahan atau bekerja pada data Anda, perubahan data dapat diperbarui di cloud Anda. Terkadang Anda dapat mengerjakan file yang sama secara bersamaan dan jarak jauh.

Ada beberapa perusahaan yang menyediakan file penyimpanan bersama seperti Google Drive dan OneDrive. Perusahaan-perusahaan ini memberi Anda ruang kosong untuk menyimpan file Anda. Ini dapat digunakan untuk membangun bisnis kecil Anda atau berbagi file dengan organisasi Anda. Jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang, Anda dapat membayar karena Anda ingin berlangganan paket.

Kelemahan dari Cloud Computing

Meskipun komputasi awan dapat membuat organisasi Anda berbagi file lebih efektif, tidak semua data Anda dapat dibagikan pada komputasi awan. Jika Anda memiliki aplikasi yang mengakar seperti sistem dari pihak ketiga yang menginstal pada penyimpanan lokal Anda, Anda memerlukan upaya konversi untuk memigrasikan data.

Memastikan aplikasi pembaruan yang dapat dihubungkan dengan penyimpanan cloud adalah suatu keharusan sebelum Anda menyinkronkan file Anda ke cloud.

Memang koneksi internet memungkinkan Anda untuk berbagi file Anda, tetapi memanfaatkan komputasi awan membutuhkan konektivitas internet dengan bandwidth yang cukup. Jika kecepatan internet Anda lambat, sangat sulit untuk mengakses atau mengerjakan file Anda.

Meningkatkan koneksi Anda ke kecepatan yang lebih tinggi, akan menghabiskan biaya. Di sisi lain, ketika sulit untuk terhubung ke internet, ada kemungkinan redundansi file. Hal ini dapat mengurangi ruang Anda untuk menyimpan file Anda. Memiliki bandwidth koneksi internet yang baik dan cukup, adalah hal yang penting.

Mengetahui tentang kelemahan komputasi awan dapat memberi Anda wawasan tentang cara menghindari beberapa masalah yang disebabkan oleh hal-hal ini karena manfaat komputasi awan harus dipertimbangkan.

Jika Anda menggunakan komputasi awan untuk bisnis, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan Software as a Service (SaaS) dari Telkom DWS. Ini bisa lebih aman untuk perusahaan Anda karena Anda tidak menggunakan cloud publik.

Kustomisasi cloud pribadi untuk bisnis Anda dapat membantu tim Anda untuk bekerja secara efektif terutama ketika mereka dapat mengakses dan mengerjakan data Anda di mana saja dan kapan saja.

Memanfaatkan cloud computing dari Telkom DWS dapat mengurangi biaya Anda untuk membangun sistem untuk komputasi awan dan menyewa tim profesional untuk mempertahankan sistem Anda.

Anda dapat membayar paket berlangganan berdasarkan kebutuhan bisnis Anda. Cloud computing memiliki fleksibilitas ketika bisnis Anda tumbuh lebih banyak dan Anda perlu meningkatkan penyimpanan Anda.

Apakah informasi ini membantu?

Related Article