BerandaArtikelIoT dalam Industri Pertanian Smart Farming
article-image

22 August 2022

IoT dalam Industri Pertanian Smart Farming

Keterlibatan Internet of Things (IoT) dalam pertanian bisa menjadi salah satu kegiatan terbaik yang mengubah hidup di dunia. Di sebagian besar wilayah, perubahan cuaca yang keras, tanah berkualitas rendah, dan kondisi rumit lainnya membuat pertanian menanggung kerugian.

Tetapi pengembangan penggunaan IoT dan alat-alatnya dalam pertanian akan menciptakan lebih banyak keuntungan di masa depan. Jadi di sini, kita akan melihat arti pertanian IoT, manfaatnya, kasus penggunaan, dan perangkat IoT di bidang pertanian.

Apa itu Pertanian IoT?

Di sektor pertanian, IoT memerlukan penggunaan perangkat pintar, sensor, dan teknologi untuk mengelola setiap aktivitas pertanian. Prosesnya meliputi penanaman, pemanenan, dan penjualan hasil pertanian. Melalui teknologi ini, orang-orang di sektor pertanian mendapatkan banyak ide yang membantu kegiatan mereka berkembang.

Manfaat IoT dalam Pertanian

Keterlibatan IoT di bidang pertanian memiliki banyak peluang untuk mengubah sektor pertanian. Di bawah ini adalah manfaat besar yang akan dibawa IoT untuk kegiatan pertanian Anda.

1. Mempromosikan pertanian yang Efisien

Sebagian besar petani sekarang menanam tanaman mereka di tanah yang buruk, dengan ukuran lahan yang berkurang dan kondisi cuaca yang buruk. Namun melalui pertanian IoT, petani dapat mempelajari berbagai pola cuaca dan kondisi tanah. Ini membantu dalam membuat keputusan pertanian yang bijaksana.

2. Meningkatkan Kelincahan Pertanian

Teknologi prediksi real-time membantu petani menjadi fleksibel dalam bertani. Sehingga, masyarakat bisa menyesuaikan diri dengan perubahan cuaca, kesehatan tanaman, dan kondisi tanah. Petani dapat menyelamatkan lebih banyak tanaman dari kemungkinan kerugian.

3. Mempromosikan Lebih Banyak Ekspansi

Karena populasi manusia terus meningkat, tekanan ada pada sektor pertanian untuk menghasilkan lebih banyak. Melalui IoT di bidang pertanian, seperti rumah kaca otomatis, petani dapat menghasilkan makanan setiap musim. Selain itu, teknologi ini memungkinkan petani dan perusahaan untuk menanam makanan di mana saja selama nyaman bagi orang-orang di sekitar pertanian.

Kasus Penggunaan IoT dalam Pertanian

Berikut adalah beberapa kasus penggunaan hebat yang diharapkan dari pertanian IoT. Mereka akan membantu Anda memahami lebih lanjut tentang bagaimana petani dapat memanfaatkan IoT.

1. Pengumpulan Data

Melalui pertanian IoT, Anda akan memiliki sensor untuk memantau lingkungan dan aktivitas pertanian Anda. Beberapa peristiwa yang harus dikumpulkan data adalah tanah, pertumbuhan tanaman, dan kesehatan ternak. Informasi tersebut membuat Anda lebih memahami tentang pertumbuhan pertanian Anda.

2. Manajemen Biaya yang Tepat

Data yang akan Anda kumpulkan dari aktivitas pertanian Anda membantu mengelola pertanian Anda dengan baik. Di sini, sensor akan membantu Anda mengetahui biaya setiap input pertanian. Anda akan mengurangi biaya pertanian yang tidak perlu dan menghemat lebih banyak.

3. Faktor Risiko Lebih Rendah

Karena pengumpulan data membantu Anda melindungi input yang Anda butuhkan, aspek ini juga membantu Anda mengetahui apa yang diharapkan sebagai output Anda. Misalnya, sebagai perusahaan pertanian, jika Anda tahu tentang tanggal panen yang diharapkan, itu akan membantu Anda merencanakan tanggal penanaman berikutnya. Pada akhirnya, Anda akan mengalami kasus kerugian yang jarang terjadi.

4. Mengurangi Biaya

Saat ini, sebagian besar rencana pertanian IoT lebih berfokus pada penggunaan sumber daya alam seperti air untuk mendapatkan produk terbaik. Melalui perangkat dan sensor, perusahaan pertanian sekarang dapat mengetahui jumlah sumber daya yang akan dialokasikan ke berbagai tanaman atau hewan.

5. Meningkatkan Kualitas Produk

IoT dalam pertanian pintar adalah cara terbaik untuk mengurangi penggunaan pestisida dan pupuk. Kegembiraan petani adalah menghasilkan produk pertanian yang lebih berkualitas dan lebih aman. Teknologi ini membuat dunia lebih hijau dan mengurangi penggunaan bahan kimia pertanian.

Contoh Perangkat IoT untuk Pertanian

Berbagai perangkat canggih membantu menjadikan pertanian sebagai kegiatan yang manis. Baca terus untuk mengetahui bagaimana perangkat teknologi terbaik membantu petani.

1. Drone

Penggunaan drone di pertanian membantu dalam pemantauan dan pengiriman pertanian udara. Anda dapat menggunakan perangkat ini untuk menanam benih untuk perusahaan pertanian Anda, terutama di tempat-tempat yang dicairkan. Ini berarti Anda akan menghemat lebih banyak biaya tenaga kerja dan menanam lebih banyak.

2. Kendaraan Pintar AG

Kendaraan Ag adalah salah satu alat inti yang membantu dalam pertanian yang luar biasa. Kendaraan Ag meningkatkan efisiensi pertanian dan mempromosikan lebih banyak otomatisasi. Mobil-mobil ini memiliki sensor, mesin GPS yang luar biasa, dan visi komputer yang tepat. Harapkan fitur-fiturnya untuk membuat aktivitas pertanian Anda lebih mudah dan lebih produktif.

3. Sensor Tanah

Sensor tanah bekerja dengan baik di pertanian tempat tanaman tumbuh. Alat ini membantu Anda mengetahui suhu spesifik tanah Anda dan data kunci lainnya yang memengaruhi kesehatan tanaman Anda. Ini membantu Anda merencanakan cara mengerjakan tanaman Anda saat Anda memantau siklus pertumbuhannya.

4. Sensor Irigasi

Sensor pintar ini membantu mengontrol cara kerja alat penyiram pertanian Anda. Perangkat memeriksa kekeringan tanah Anda dan melepaskan air dalam jumlah yang tepat. Jadi, tanaman Anda akan memiliki cukup air, dan Anda akan menghemat lebih banyak.

5. Pemantauan Ternak

Seperti pemantauan tanaman, IoT membantu peternak mengelola hewan mereka menggunakan sensor hewan. Jadi, memantau kesehatan hewan, input, dan biaya output menjadi mudah. Juga, IoT datang untuk memecahkan masalah hewan ternak yang berkeliaran.

Setiap aplikasi IoT di bidang pertanian memungkinkan perusahaan pertanian untuk mengumpulkan data penting. Petani harus merangkul penggunaan IoT dan perangkatnya untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Selain itu, teknologi ini membantu petani mempersiapkan diri untuk berbagai waktu lingkungan yang tidak terduga di bidang pertanian. Perusahaan Anda dapat menggunakan pertanian IoT untuk meningkatkan aktivitas pertanian atau bahkan memberikan solusi kepada klien petani Anda.


Apakah informasi ini membantu?

Related Article