BerandaArtikelData Kamu Hilang? Berikut Cara Untuk Menemukan Kembali Datamu
article-image

04 June 2024

Data Kamu Hilang? Berikut Cara Untuk Menemukan Kembali Datamu

Pada era digitalisasi saat ini, penyimpanan data sudah tidak seperti 20 sampai 30 tahun lalu yang masih menggunakan Compact Cassette maupun Disket. Saat ini, sudah banyak evolusi penyimpanan data seperti disimpan di komputer, google drive sampai dengan cloud. Lalu apakah dengan penyimpanan sekarang data kalian aman? Apakah ada kemungkinan jika data hilang atau tidak sengaja terhapus? Bagaimana cara pemulihannya? Nah, berikut beberapa cara untuk mengembalikan datamu yang hilang di komputer maupun di google drive:

  1. Jika data kamu tidak sengaja terhapus di komputer kamu

Ketika file kamu telah terhapus atau bahkan telah hilang, maka Recycle Bin menjadi tempat pertama yang wajib diperiksa untuk pemulihan file. Dengan pencarian cepat di Bin, file kamu yang bandel itu dapat dengan mudah dipilih dan dipulihkan ke folder asal sebelumnya selama kamu belum mengosongkan Bin

  1. Pencadangan Riwayat File

Pencadangan Riwayat File merupakan fitur Windows 8.1, 10, dan 11 yang memiliki fungsi untuk menyimpan salinan file ke penyimpanan di jaringan atau bahkan ke SSD maupun hard drive eksternal. Tempat ini tentu menjadi pilihan berikutnya untuk dicoba jika seandainya Recycle Bin kamu kosong, Harap diperhatikan bahwa sebagai pengguna, kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu sebelum kehilangan file terjadi dan menjalankan pencadangan kamu yang pertama kali. 

  1. Jika data kamu hilang di Google Drive

Apabila kamu tidak sengaja menghapus atau data kamu hilang di google drive kamu, maka buka akun google drive dan masuk ke menu “Trash”, lalu klik salah satu file yang ingin kamu pulihkan atau kembalikan lagi, nantinya file atau folder yang terhapus akan kembali ke akun Google Drive, namun perlu kamu ketahui file yang terhapus pada Google Drive hanya akan tetap tersimpan selama 30 hari. Sehingga kamu dapat memulihkan file yang tidak sengaja terhapus, apabila sudah lebih dari 30 hari maka file dan folder akan terhapus secara permanen.


Beberapa cara diatas dapat membantu kamu dalam mengakses kembali data kamu yang hilang. Nah, kalau data perusahaan yang sangat banyak dan penting untuk pengelolaan bisnis dapat kamu akses dengan Data Center dari Telkom yaitu neuCentrIX. neuCentrIX sebagai penyedia layanan sudah terbukti sebagai Pemenang Penghargaan The Best Data Center dalam Selular Award 2021. Kamu dapat merasakan berbagai manfaat dari neuCentrIX seperti jangkauan area yang luas di Indonesia, akses ke basis pengguna internet terbesar di Indonesia serta fitur luas untuk performa maksimal. neuCentrIX, pusat data terdepan di Indonesia dengan layanan yang dapat memaksimalkan data bisnis kamu. Lindungi data perusahaanmu dengan neuCentrIX. Data aman, bisnis auto cuan.

Apakah informasi ini membantu?

Related Article