01 September 2021

Membangun Tim Transformasi Digital yang Tangguh

Loading...

Apakah Anda mengelola bisnis baru atau lebih mapan, transformasi digital akan menjadi langkah penting yang harus dilakukan organisasi Anda sepanjang perjalanannya. Transformasi digital membawa segudang hal baik untuk bisnis: efisiensi yang lebih baik, manajemen biaya yang lebih baik, pengalaman pelanggan yang lebih baik, fleksibilitas yang lebih baik, dan transparansi yang lebih baik. Dan ada satu hal terpenting yang dibawa oleh transformasi digital, yaitu tingkat daya saing yang lebih tinggi. Transformasi digital membantu bisnis Anda menekan dengan meningkatkan begitu banyak aspek yang berbeda secara digital.


Meskipun demikian, bahkan di era digital, transformasi digital tidak pernah berjalan mulus. McKinsey menemukan bahwa kegagalan terjadi pada 70% transformasi digital. Meskipun temuan ini berarti bahwa transformasi digital adalah langkah berisiko, bisnis Anda masih membutuhkannya, karena perusahaan yang stagnan secara digital merasa lebih sulit untuk mengikuti (Forbes menemukan bahwa 55% bisnis tanpa transformasi digital percaya bahwa mereka akan kehilangan pangsa pasar dalam waktu satu tahun). Oleh karena itu, setiap bisnis dengan rencana transformasi digital harus berpikir untuk mengumpulkan tim transformasi digital yang tangguh.


... Tapi Apa itu Tim Transformasi Digital yang Tangguh?

Dengan begitu banyak model, tujuan, dan prioritas dalam membentuk tim transformasi digital, mengumpulkan tim transformasi digital mungkin menjadi luar biasa. Untuk memberikan beberapa wawasan tentang hal ini, Robert Werkema, Wakil Presiden Pelanggan Strategis di VTEX, telah berbagi beberapa kebijaksanaan dalam membangun tim transformasi digital yang baik. Dia percaya bahwa umumnya ada 3 kelompok yang harus Anda masukkan ke tim transformasi digital Anda: tim inti, mitra SI, dan vendor.


Tim inti seharusnya tidak hanya memiliki keseimbangan yang baik antara bisnis dan departemen TI, tetapi juga terdiri dari orang-orang yang diinvestasikan dan telah memberikan kontribusi kepada organisasi Anda. Adapun mitra System Integrator, Anda akan membutuhkannya untuk menghubungkan kesenjangan teknologi yang mungkin ada selama fase penyebaran. Selain itu, vendor Anda harus menjadi penyedia teknologi yang andal sehingga kemungkinan hambatan teknologi dalam proses transformasi digital dapat dihindari.


Beberapa Peran Kunci dalam Tim Transformasi Digital yang Hebat

Proses Transformasi Digital bisa sulit, jadi Anda akan membutuhkan beberapa peran kunci dalam tim Anda. Salah satu peran kunci yang paling penting akan dipegang oleh para ahli data. Chief Data Officers, Data Architects, Cloud Architects, dan Database Administrators adalah orang-orang penting yang dapat memastikan bahwa data pelanggan Anda benar-benar aman, mudah diakses, dan dikelola dengan baik. Dengan manajemen data yang sangat baik, kepercayaan pelanggan tidak akan menjadi masalah. Pada saat yang sama, Anda dapat dengan mudah mengakses data pelanggan dengan mudah untuk lebih memahami kebutuhan mereka.


Peran penting lainnya adalah pakar proses bisnis. Melibatkan berbagai elemen otomatisasi, proses transformasi digital bisa sangat rumit. Jika masalah ini tidak ditangani dengan baik, itu dapat menciptakan perangkap yang dapat mempengaruhi hasilnya. Di sini, pakar proses bisnis dapat menjadi anggota tim yang berharga yang akan menganalisis alur kerja yang ada dan kemungkinan risiko yang mungkin terjadi selama adaptasi. Selanjutnya, pakar proses bisnis akan mendesain ulang alur kerja sehingga mungkin lebih sesuai dengan kondisi bisnis Anda selama dan setelah transformasi digital.


Dalam menyusun tim transformasi digital, mudah untuk fokus pada kemungkinan risiko internal dan masalah dari sisi TI. Tetapi tampaknya banyak organisasi lupa bagaimana pelanggan mereka akan terpengaruh oleh transformasi. Forbes menemukan bahwa hanya 19% perusahaan yang dilengkapi dengan tim CX. Tim transformasi digital yang hebat akan membutuhkan pakar UX / CX karena mereka membantu pelanggan Anda menyelaraskan dengan perubahan. Jika transformasi digital berhasil, mereka akan membawa pendapatan juga. Data dari Forbes menunjukkan bahwa 67% konsumen bersedia menghabiskan lebih banyak untuk pengalaman.

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

08 July 2020
Leverage Big Data to Plan Your New Normal 2

Let’s find out more
about ‘Article headline’!

Related Article

11 January 2022
How to Boost Your Team’s Productivity in 2022

The first month of 2022 is here, with all the new goals, projects, and probably team organization. As we all enter the new year with hopes and expectations, business leaders also would like to witness positive changes in their organization.

Read More...
11 January 2022
Cara Meningkatkan Produktivitas Tim Anda di 2022

Bulan pertama tahun 2022 ada di sini, dengan semua tujuan baru, proyek, dan mungkin organisasi tim. Ketika kita semua memasuki tahun baru dengan harapan dan harapan, para pemimpin bisnis juga ingin menyaksikan perubahan positif dalam organisasi mereka.

Read More...
15 December 2021
Persiapan Manajemen Risiko untuk 2022

'Apa pun yang bisa salah akan salah.' Hukum Murphy yang terkenal tampaknya berlaku untuk banyak kesempatan, dari antrian lain yang bergerak lebih cepat (tidak peduli berapa kali Anda berubah) hingga kesalahan ketik yang menjadi terlihat hanya setelah email dikirim.

Read More...

back to top