BerandaArtikelRule of Thumb untuk SMS A2P
article-image

12 August 2020

Rule of Thumb untuk SMS A2P

SMS A2P terus bertahan sebagai interaksi seluler utama antara perusahaan dan pelanggan mereka, karena ini adalah layanan yang tersedia secara universal pada semua jenis perangkat seluler.

Dengan jangkauan dan interoperabilitas global, SMS sangat menarik bagi bisnis yang mencari cara sederhana, murah, dan dapat diandalkan untuk berinteraksi dengan pelanggan, baik itu untuk prosedur otentikasi, kata sandi, dan peringatan, atau kupon dan segala macam kampanye pemasaran.

Pasar untuk SMS A2P juga tumbuh secara signifikan, termasuk A2P SMS Indonesia. Berdasarkan Juniper Research Report, pasar SMS A2P tumbuh dan diperkirakan bernilai USD 70,32 miliar pada 2020.

Memahami potensi besar SMS A2P ini, bisnis perlu menerapkan praktik terbaik tentang cara menerapkan SMS A2P untuk memaksimalkan keunggulan kompetitif mereka, termasuk beberapa aturan praktis ini.

Menyampaikan pesan singkat dan dipersonalisasi agar sesuai dengan preferensi pasar

Salah satu alasan mengapa SMS A2P sangat populer saat ini adalah karena dapat beradaptasi dengan tren komunikasi saat ini. Orang-orang saat ini lebih suka pemberitahuan singkat dan dipersonalisasi, dan SMS A2P dapat mencocokkan preferensi itu dengan mudah.

Dengan pesan singkat dan eksplisit, SMS memang cara yang paling efektif untuk menarik perhatian penerima. Studi INSEE menegaskan bahwa persentase menghafal SMS adalah 60%.

Anda juga dapat mengkomunikasikan informasi penting kepada pelanggan Anda dengan sangat cepat, dengan tingkat buka dan klik-tayang 98% dan 90% pesan akan dibaca dalam waktu 3 menit.

Merespons tepat waktu dan terhubung pada waktu yang tepat

Tidak seperti panggilan telepon, SMS A2P tidak bergantung pada orang untuk segera menjawab Anda. Teknologi ini memungkinkan pelanggan untuk membuka pesan Anda dan membacanya pada waktu yang paling nyaman.

Sebuah studi yang dilakukan oleh OpenMarket pada 500 orang berusia antara 18 hingga 34 menunjukkan bahwa 76% responden berpikir bahwa SMS kurang invasif daripada bentuk komunikasi lainnya dan 60% responden mengatakan bahwa SMS sangat membantu karena ini adalah cara yang tidak mengganggu untuk diingatkan pada waktu mereka sendiri.

Selain itu, 75% responden setuju bahwa teks adalah cara yang bermanfaat untuk menerima janji temu, pengiriman, dan pengingat pembayaran, serta survei dan promosi.

Pilih platform yang aman, aman, dan efisien untuk menyampaikan pesan Anda

Menerapkan seperangkat pedoman untuk mengamankan sistem komunikasi penting untuk menghilangkan efisiensi dan meningkatkan keterlibatan pelanggan.

Salah satu cara SMS A2P dapat membantu bisnis mencegah pelanggaran keamanan adalah dengan mengirimkan kata sandi satu kali (OTP).

Penelitian oleh Mobile Ecosystem Forum menunjukkan bahwa 33% orang telah menerima setidaknya satu teks dalam 12 bulan terakhir dari perusahaan perbankan atau layanan resmi, menunjukkan bahwa semakin banyak perusahaan menggunakan SMS untuk meningkatkan kemampuan keamanan mereka.

Dengan miliaran teks yang dipertukarkan setiap hari, SMS akan terus memainkan peran kunci dalam menghubungkan bisnis dengan pelanggan mereka.

Menjadi fitur yang dapat diakses di setiap ponsel yang dapat Anda peroleh hari ini, SMS jelas merupakan salah satu teknologi yang dapat menjangkau jumlah pelanggan terbanyak.

Apakah Anda ingin meningkatkan kampanye pemasaran Anda, meningkatkan konversi penjualan, meningkatkan keterlibatan pelanggan, atau meningkatkan keamanan pengguna, SMS A2P jelas merupakan teknologi yang perlu Anda sertakan dalam strategi komunikasi Anda.

Selain itu, memilih Penyedia SMS yang tepat di Indonesia juga dapat membantu bisnis Anda berjalan secara efektif dan efisien.

Apakah informasi ini membantu?

Related Article