BerandaArtikelMemahami Layanan Cloud untuk Meningkatkan Bisnis Anda
article-image

10 March 2021

Memahami Layanan Cloud untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Dalam ekonomi digital, teknologi lebih tersedia untuk meningkatkan bisnis. Ini bukan lagi tentang perangkat keras atau perangkat lunak, tetapi penghematan data di cloud, yang dapat membuat bisnis lebih mudah untuk mengakses data untuk meningkatkan bisnis mereka. Penyimpanan cloud dan komunikasi cloud adalah sistem komputasi awan untuk menyimpan data pada sistem internet. Data di cloud dapat diakses dari mana saja dan untuk setiap pemangku kepentingan di perusahaan Anda.

Ada beberapa manfaat cloud publik untuk bisnis Anda:

  1. Efektivitas biaya

Menerapkan teknologi untuk bisnis membutuhkan biaya tinggi, mulai dari menyiapkan perangkat keras, perangkat lunak, dan tim TI untuk mengelola dan mengembangkannya. Cloud publik adalah cara untuk menerapkan teknologi dengan biaya yang terjangkau. Anda dapat melakukannya dengan skema 'bayar saat Anda menggunakan' dan penyedia cloud akan menyediakan penyimpanan cloud untuk mempertahankan sistem. Keuntungan ini dapat membantu usaha kecil-menengah untuk menyimpan dan memproses data mereka untuk meningkatkan bisnis.

  1. Diakses 

Dalam ekonomi pertunjukan bahwa kita harus mengakses segala sesuatu di mana-mana, cloud publik dapat membantu Anda untuk memungkinkan, terutama jika Anda memiliki tim remote untuk bisnis Anda. Sebagai pemilik bisnis, jika Anda memberikan akses ke pemangku kepentingan lain, mereka dapat mengakses data dalam waktu singkat.

  1. Pemulihan Data

Kita tidak bisa memprediksi kapan masalah akan datang. Ketika saat itu datang dan mengganggu bisnis kita, memiliki cadangan dapat membantu kita untuk memecahkan masalah. Cloud publik memungkinkan untuk melihat riwayat data dan memulihkan data Anda dengan cepat meskipun Anda memiliki masalah teknis saat mengakses data.

Public cloud adalah salah satu dari semua jenis komputasi awan, tetapi mereka memiliki prinsip yang sama untuk menyimpan dan memproses data di cloud. Ada tiga jenis komputasi awan yang dapat Anda pertimbangkan untuk bisnis Anda.

Software as a Service (SaaS)

Hampir semua orang akrab dengan sistem ini, yang telah kita kenal seperti Gmail atau google drive dari google. Pengguna tidak perlu menginstal perangkat lunak dan memperoleh perangkat keras tertentu untuk menggunakan sistem. Anda baru saja mengunduhnya ke sistem Anda untuk menggunakannya di sistem Anda. SaaS memberi Anda fleksibilitas untuk mengelola data dan penyimpanan Anda.

Infrastruktur sebagai Layanan (IaaS)

Sistem ini memungkinkan Anda untuk memanfaatkan perjanjian tingkat layanan Anda (SLA) untuk meng-host server dan infrastruktur penyimpanan Anda.  Penyedia akan meng-host perangkat keras bisnis Anda, perangkat lunak, dan memungkinkan Anda untuk memiliki akses ke komputer, penyimpanan data, dan fitur jaringan. IaaS memungkinkan Anda untuk tetap mengontrol data atas sumber daya TI Anda.

Platform sebagai Layanan (PaaS)

Komputasi awan ini lebih maju dari yang lain. Hal ini dapat memungkinkan departemen TI Anda untuk menangani inisiasi aplikasi dalam bisnis Anda, seperti aplikasi web. Sistem ini memungkinkan Anda untuk menghindari kekhawatiran tentang memelihara perangkat lunak, memperbaiki bug operasi, dan khawatir tentang perencanaan untuk masalah penyimpanan.

Mengetahui manfaat dan jenis cloud computing, Telkom DWS menyediakan cloud communication untuk membantu Anda meningkatkan bisnis Anda. Dari sekian banyak skala bisnis, mengingat cloud computing dapat memberikan dampak terutama pada efektivitas menjalankan bisnis Anda. Setiap komputasi awan dapat cocok untuk kebutuhan bisnis Anda, dan kami di sini untuk membantu Anda mendapatkan yang terbaik dari fitur ini.

Apakah informasi ini membantu?

Related Article