BerandaArtikelCara Mengurangi Beban Manajemen Cloud Anda
article-image

04 January 2023

Cara Mengurangi Beban Manajemen Cloud Anda

Cloud menawarkan layanan luar biasa seperti penyimpanan data dan komputasi. Karena alasan itu, cloud telah menjadi bagian dari operasi perusahaan saat ini.


Sebagian besar perusahaan memilih strategi multi-cloud dibandingkan strategi single-cloud karena berbagai keuntungannya. Namun, hal ini juga menghadirkan berbagai kompleksitas yang membuat tim IT kesulitan. Mereka bahkan merasa lebih mudah menangani server tradisional daripada memelihara lingkungan cloud mereka.


Jadi, di bagian ini, kita akan melihat mengapa manajemen cloud bisa menjadi masalah bagi bisnis dan bagaimana cara meringankan bebannya.


Mengapa manajemen cloud bisa menjadi beban bagi bisnis?


Manajemen cloud telah menjadi masalah bagi sebagian besar bisnis karena alasan berikut:


  • Kurangnya tampilan terpadu bagi pengguna untuk mengelola lingkungan multi-cloud

Tim IT membutuhkan lapisan abstraksi untuk menghindari kesulitan dalam mengelola proses antara berbagai lingkungan. Lapisan abstraksi membuat segalanya lebih sederhana dengan menyembunyikan detail implementasi di balik antarmuka yang mudah digunakan. Lapisan ini juga menyediakan tampilan terpadu dari sistem yang tersedia, memungkinkan pengguna untuk melihat komponen dan elemen penyusun sistem.


  • Memindahkan beban kerja antara platform cloud sangat merepotkan


Portabilitas beban kerja dari satu lingkungan cloud ke lingkungan lainnya sangat menyulitkan bagi mereka yang mengelola layanan cloud. Karena masalah kompatibilitas antar platform, proses pemindahan beban kerja menjadi memakan waktu dan mahal.


  • Setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan

Tidak semua platform cloud sama. Beberapa lingkungan mendukung beban kerja tertentu lebih baik daripada yang lain. Jadi, memutuskan layanan cloud mana yang dipilih bisa menjadi masalah. Misalnya, bisnis mungkin mencari layanan cloud yang cepat dan andal, tetapi latensi dapat menjadi masalah di beberapa lokasi geografis. Akibatnya, perusahaan perlu menghadapi berbagai platform dan kemampuan yang berubah-ubah.


Cara mengurangi beban manajemen cloud


Semua orang ingin bisnis mereka berjalan lancar, apa pun teknologi yang diterapkan. Berikut adalah lima cara untuk membantu mengurangi beban manajemen cloud.


  • Bersikap transparan

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih sistem cloud yang tepat. Namun, beberapa faktor ini tidak terlihat oleh sebagian besar departemen IT. Jika Anda tidak mengetahui sejauh mana penggunaan cloud Anda, Anda mungkin akan kesulitan dalam manajemen. Untuk mengoptimalkan manajemen cloud dengan baik, Anda harus dapat melihat pola penggunaan CPU, riwayat biaya, dan jejak audit. Jika tidak, Anda mungkin tidak pernah menemukan sistem cloud yang sesuai, dan akan sulit melihat di mana Anda terlalu banyak menghabiskan biaya.


  • Otomatisasi semuanya

Meskipun membangun otomatisasi memerlukan keterampilan khusus dan bisa memakan waktu, ini sangat berharga. Otomatisasikan semuanya, termasuk penerapan dan penyediaan. Alat cloud terbaik memungkinkan Anda mengotomatiskan berbagai tugas operasional yang sulit dikelola secara manual.


  • Gunakan pendekatan sistem terkelola

Multi-cloud adalah strategi yang bagus, tetapi banyak hal terjadi sekaligus. Ini bisa menjadi sakit kepala bagi departemen IT saat mencoba memahami berbagai nuansa. Namun, dengan sistem yang dikelola, mereka dapat menavigasi masalah tersebut. Selain itu, solusi terkelola menawarkan penyimpanan data dan memungkinkan pelanggan memilih apa yang mereka butuhkan.


  • Mempekerjakan lebih banyak insinyur

Strategi lain adalah mempekerjakan lebih banyak insinyur untuk membantu mengurangi sebagian pekerjaan IT. Semakin banyak insinyur, semakin banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan. Tim Anda tidak lagi akan terbebani dan akan lebih mudah mengelola serta mengembangkan cloud Anda. Namun, Anda harus memiliki anggaran untuk itu.


  • Outsource ke mitra eksternal

Pilihan terakhir adalah melakukan outsourcing kepada ahli cloud eksternal. Menurut penelitian, 85% dari mereka yang meremehkan manajemen cloud berniat untuk menyewa mitra IT eksternal. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengurangi beban manajemen IT pada tim internal Anda, Anda juga bisa menyewa penyedia layanan terkelola.


Jika Anda kesulitan memelihara lingkungan cloud Anda, kurangi beban tersebut dengan solusi NeuCloud kami. Solusi ini lebih fleksibel, mudah diperluas, dan dapat disesuaikan untuk memenuhi semua kebutuhan bisnis Anda. Hubungi kami melalui WhatsApp untuk mempelajari lebih lanjut.

Apakah informasi ini membantu?

Related Article