5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Data Center

27 Desember 2021

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Data Center

Cloud & Data Center neuCentrIX DC 

Di dunia di mana data mendorong segala sesuatu dan interaksi sebagian besar terjadi secara online, lembaga telah beralih ke pusat data untuk mengelola operasi mereka. Perusahaan berbasis data biasanya memiliki lebih banyak wawasan dan membuat keputusan yang lebih baik. Untuk mengamankan data mereka, perusahaan sering beroperasi dengan dukungan pusat data. Ini juga umum untuk perusahaan konvensional yang perlu mengikuti tuntutan saat ini dengan memigrasikan data mereka ke cloud, membuat keberadaan pusat data lebih penting dari sebelumnya. Dari keamanan yang lebih baik hingga efisiensi yang lebih tinggi, pusat data hanya menawarkan banyak manfaat bagi perusahaan.


Dengan mengatakan bahwa, memilih pusat data untuk perusahaan Anda mungkin merupakan tugas yang sulit. Pada September 2021, Majalah Data Center mencatat ada 7,2 juta pusat data di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, nilai data center diperkirakan Mordor Intelligence akan mengalami pertumbuhan CAGR sebesar 12,95% selama 5 tahun ke depan, karena meningkatnya permintaan. Meningkatnya permintaan untuk pusat data berarti bahwa perusahaan akan memiliki lebih banyak pilihan pusat data dalam waktu dekat. Namun, tidak semua pusat data dapat diandalkan atau cocok untuk perusahaan Anda. Berikut adalah beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan ketika memilih pusat data.


  1. Keandalan

Yang satu ini tidak perlu dikatakan lagi. Hal pertama yang perlu diingat ketika memilih pusat data adalah apakah pusat data cukup dapat diandalkan untuk mendukung institusi Anda. Cara mudah untuk memeriksa keandalan pusat data adalah dengan hanya memeriksa reputasi mereka. Apa yang dikatakan klien mereka tentang mereka? Klien seperti apa yang ditangani pusat data? Apakah ada masalah yang diposting secara online? Perusahaan mana yang mengelola pusat data? Googling potongan-potongan informasi ini sebelum bekerja dengan pusat data dapat memberi Anda beberapa pengertian tentang seberapa andal pusat data.


  1. Tempat

Lokasi pusat data sangat penting. Jika Anda menginginkan koneksi yang stabil dan efisien, pusat data harus berada di lingkungan yang baik. Pusat data dengan kedekatan yang lebih dekat dengan pengguna juga akan menghasilkan koneksi yang lebih cepat. Dalam keadaan darurat, pusat data yang terletak di tempat yang baik juga dapat memiliki pemulihan dan cadangan bencana yang jauh lebih cepat. Mengingat bahwa pusat data membutuhkan banyak daya, lokasi pusat data juga akan menentukan biaya yang diperlukan untuk menjalankan pusat data ini, yang juga akan mempengaruhi biaya operasi Anda secara keseluruhan. Jika Anda memilih kolokasi, aspek-aspek ini juga harus diingat.


  1. Ketersediaan Dukungan Teknis

Jika Anda ingin tidak terlalu khawatir tentang data Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memilih pusat data dengan dukungan teknis 24/7. Menjalankan bisnis yang mengakomodasi sejumlah besar data di era digital bisa menakutkan, karena ancaman cybersecurity selalu mengintai di sudut. Tantangan lain seperti permintaan untuk pemantauan kinerja dan efisiensi yang anjlok juga dapat muncul ketika menyimpan data Anda di pusat data. Di sinilah dukungan teknis sangat berguna. Pusat data dengan dukungan teknologi sepanjang waktu akan siap mendukung Anda dalam menghadapi tantangan ini.


  1. Fleksibilitas dan Skalabilitas

Fleksibilitas dan skalabilitas penting dalam mengelola operasi bisnis, dan kedua kualitas ini juga harus dipertimbangkan ketika memilih pusat data. Jika semuanya berjalan dengan baik, bisnis Anda akan terus berkembang, dan begitu juga jumlah data yang Anda peroleh dan kebutuhan untuk mengelola data. Oleh karena itu, Anda perlu mengukur seberapa banyak pusat data dapat mengikuti dinamika yang terjadi selama operasi bisnis Anda. Singkatnya, berpikir ke depan. Pastikan bahwa pusat data mampu mendukung ekspansi bisnis Anda.


  1. Protokol Keselamatan

Last but not least, perlu ada pertimbangan tentang protokol keamanan pusat data. Selalu bijaksana untuk melakukan uji tuntas Anda tentang bagaimana pusat data memastikan keamanan, tidak hanya dalam hal keamanan siber, tetapi juga dalam hal keamanan fisik. Bahaya fisik seperti kebakaran dapat timbul di ruang mana pun dengan banyak listrik, dan karena server yang tidak memadai atau kurang terawat dapat terlalu panas, risiko kebakaran segera meningkat. Pusat data yang baik harus memasang sistem pencegah kebakaran, dan tata letak peralatan mereka harus mencegah bahaya menyebar dengan cepat.

Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about Cloud & Data Center Article!

Artikel Terkait

29 November 2021
Testimonial: Apa yang dikatakan klien kami tentang Pusat Data NeuCentrIX

Di dunia di mana data adalah segalanya, perusahaan modern bergantung pada solusi TI untuk mengelola data mereka sendiri dengan aman dan mudah.

Read More...
Invalid date
Protokol Kebakaran & Keselamatan untuk Pusat Data
Cloud & Data CenterneuCentrIX DC

Pada artikel sebelumnya, kami telah membahas lima hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih pusat data https://mycarrier.telkom.co.id/article/5-hal-yang-perlu-dipertimbangkan-saat-memilih-data-center.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...