5 Tips Agar Tetap Produktif saat Kerja Jarak Jauh

15 October 2020

5 Tips Agar Tetap Produktif saat Kerja Jarak Jauh

Loading...

Ini jam 7 pagi dan Anda bangun dengan perasaan hebat. Pandemi mengharuskan Anda untuk tinggal di rumah, jadi tidak perlu tiba di kantor pada waktu tertentu. Anda seharusnya menyerahkan pekerjaan Anda di siang hari, dan Anda menyelesaikan sebagian besar tugas tadi malam. Ada beberapa jam bagi Anda untuk menyelesaikan semuanya. Anda memeriksa ponsel Anda dan ada pemberitahuan pop-up dari YouTube, menyarankan Anda video kucing lucu. Ini hanya 5 menit, jadi apa salahnya menonton itu? Anda mengklik tautan, menonton video, dan tiba-tiba jam 6 sore.


Ini adalah situasi yang dialami banyak pekerja jarak jauh. Sebelum pandemi terjadi, banyak perusahaan sudah mempertimbangkan kerja jarak jauh secara permanen. Dengan pandemi yang terjadi, kasus kerja jarak jauh telah meningkat. The Jakarta Post mencatat bahwa pada bulan April, sekitar 1,2 juta karyawan di Indonesia mulai bekerja dari rumah. Pada Mei 2020, survei online dari LIPI dan FEB UI mencatat 51% karyawan bekerja dari jarak jauh.


Sementara kerja jarak jauh dapat membawa beberapa kenyamanan, itu menimbulkan tantangan terkait produktivitas juga. Bagaimana kita bisa tetap produktif selama bekerja jarak jauh di mana ada lebih sedikit pengawasan kehidupan nyata dan lebih banyak gangguan? Berikut adalah 5 tips untuk tetap produktif saat bekerja jarak jauh.


1. Kendalikan Gangguan

Gangguan bisa datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, tapi mari kita hadapi itu: ponsel kita adalah sumber utama gangguan kita. Untuk menjaga diri kita tetap produktif, kita bisa mulai dengan meletakkan ponsel kita untuk berkomitmen pada pekerjaan. Dengan sedikit kekuatan kemauan, kita bahkan dapat memperlakukan ponsel kita sebagai sesuatu yang menguntungkan produktivitas kita. Dibandingkan dengan lima jam menonton pesta atau bermain game, dua jam mencari informasi terkait pekerjaan secara online akan lebih bermanfaat.

 

2. Tetap berhubungan dengan Peers

Tanpa perusahaan orang lain, kerja jarak jauh mungkin berubah menjadi sesuatu yang tidak terstruktur atau membosankan, dan ini adalah ancaman potensial bagi produktivitas kita. Jika ini terjadi, menjangkau rekan kerja bisa menjadi langkah yang baik untuk tetap produktif. Melalui umpan balik, komunikasi dengan rekan kerja dapat membantu kita mendapatkan kembali rasa struktur dan kejelasan. Bahkan jika kita tidak berbicara tentang pekerjaan, bersosialisasi dengan mereka melalui percakapan santai bisa menjadi pendorong suasana hati yang baik.


3. Membangun Rutinitas yang Baik

Menurut sebuah penelitian, 40% dari tindakan kita didukung oleh rutinitas. Dengan efek yang signifikan seperti itu, rutinitas dapat menjaga produktivitas kita tetap di jalurnya. Namun, hanya karena orang lain produktif, itu tidak berarti bahwa kita harus menyalin kebiasaan mereka. Pastikan rutinitas bekerja untuk kita. Bangun setiap hari untuk beberapa musik merasa-baik, menghabiskan 15 menit untuk merapikan meja kami. Teguk secangkir kopi sebelum kita mulai bekerja. Selama itu berhasil, itu adalah rutinitas yang baik.


4. Buat daftar tugas

Terkadang kerja jarak jauh dapat membuatnya tampak seperti tugas kita tersebar. Daftar tugas bisa sangat membantu untuk membuat kita tetap fokus. Membagi pekerjaan kita menjadi tugas-tugas kecil akan memberi tahu pikiran kita tentang apa yang harus dilakukan. Tambahkan waktu tertentu untuk melakukan setiap tugas dalam daftar tugas kami, dan ini dapat menghasilkan manajemen waktu yang lebih baik, yang akan meningkatkan produktivitas.


5. Perlakukan Diri Anda

Last but not least, jangan lupa untuk memperlakukan diri sendiri karena menjadi produktif. Belilah sendiri es krim. Tonton episode acara favorit Anda setelah menyelesaikan pekerjaan Anda. Dapatkan tidur siang yang layak. Terus-menerus memperlakukan diri sendiri setelah hari yang produktif tidak hanya hebat, tetapi juga berguna. Hal ini dapat membangun pola dalam pikiran kita bahwa menjadi produktif sama dengan imbalan potensial.


Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about ‘Article headline’!

Related Article

13 November 2020
5 Tips Untuk Mempersiapkan Tenggat Waktu

Ada '3Ds' yang dapat membuat setiap pekerja merasa gelisah: Penurunan Pangkat, Pengurangan, dan Tenggat Waktu.

Read More...

Artikel Populer

10 November 2020
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...

back to top