5 Tips Mempersiapkan Bisnis Anda untuk 2021

30 Desember 2021

5 Tips Mempersiapkan Bisnis Anda untuk 2021

Tahun ini adalah perjalanan yang luar biasa. Banyak dari kita telah berkorban banyak dan sekarang harus mendesain ulang kehidupan pribadi dan profesional mereka, sementara hanya sedikit dari kita yang cukup beruntung untuk bertahan hidup di tahun ini dengan kerugian yang relatif tidak signifikan. Apa pun keadaan kita saat ini, 2020 hampir berakhir, dan 2021 menunggu di sudut. Setelah berjuang keras pada tahun 2020, kita perlu mempersiapkan yang akan kita miliki pada tahun 2021. Sementara masa depan selalu menjadi sesuatu yang tidak pasti, pandemi telah memperkuat suasana ketidakpastian untuk rencana bisnis. Jika merancang strategi untuk bisnis Anda menghadapi 2021 telah menantang, kami telah mengumpulkan 5 tips yang dapat membantu Anda.


1. Berfokus pada apa yang Anda miliki

Pada tahun 2020, Anda mungkin telah membuat keputusan yang sulit dan tindakan yang tidak dapat dibatalkan. Sepanjang cobaan berat, Anda mungkin telah menghabiskan banyak sumber daya dan energi, meninggalkan Anda hanya dengan beberapa pilihan. Jika itu yang terjadi, sekarang adalah waktu terbaik untuk melihat hal-hal yang tersisa dan sumber daya apa pun yang Anda miliki. Ini adalah hal-hal yang telah Anda kerjakan dengan sangat keras untuk dipertahankan, jadi berfokus pada hal-hal ini bisa menjadi awal yang baik untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan yang akan datang pada tahun 2021.


2. Memberdayakan Digital

Dunia telah bermigrasi ke dunia digital, dan pandemi berfungsi sebagai katalisator yang mempercepat proses. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 3,8 miliar orang menggunakan media sosial pada awal 2020, dan lebih dari setengah populasi dunia diproyeksikan akan terhubung ke internet pada tahun 2021. Jika Anda belum benar-benar memperhatikan aspek digital bisnis Anda, rencana Anda untuk 2021 harus mulai menggabungkan elemen ini. Meningkatkan SEO untuk bisnis Anda, misalnya, dapat menjadi salah satu tujuan utama Anda pada tahun 2021.


3. Bertujuan untuk Hubungan Perusahaan-Pelanggan yang Berkualitas

Forbes mencatat bahwa pelanggan akan terus menjadi lebih pintar karena mereka sudah tahu alternatif yang lebih baik. Pada saat yang sama, Gartner memprediksi bahwa akan ada peningkatan 15% pelanggan yang berkonsultasi dengan bantuan dari luar. Prediksi ini berarti bahwa Anda mungkin harus memilih antara hubungan perusahaan-pelanggan dan efisiensi biaya. Sementara banyak perusahaan mungkin memilih untuk memotong anggaran untuk dukungan pelanggan, ini dapat menciptakan peluang bagi bisnis Anda untuk menonjol dengan merencanakan pengalaman pelanggan terbaik pada tahun 2021.


4. Dari bertahan hidup hingga berkembang

Pandemi 2020 yang sangat menular juga telah mempengaruhi bagaimana perusahaan dengan hati-hati membentuk citra merek mereka dan mempromosikan produk mereka, terutama dengan penggunaan jargon seperti keselamatan, risiko kesehatan, dan kerja jarak jauh. Namun, beberapa ahli telah memperkirakan bahwa Indonesia akan keluar dari resesi pada tahun 2021. Pemerintah juga memperkirakan bahwa ekonomi akan membaik sebesar 4,5-5,5 pada tahun 2021. Jika pada tahun 2020 banyak bisnis berfokus pada kelangsungan hidup dan risiko, prediksi ini dapat menginspirasi Anda untuk menanamkan harapan agar strategi bisnis Anda berkembang pada tahun 2021.


5. Menyiapkan beberapa rencana

Pada saat yang sama, kemampuan beradaptasi dan fleksibilitas akan tetap diperlukan untuk rencana bisnis 2021 Anda. Berita tentang kemungkinan pengembangan vaksin yang berhasil ada di mana-mana, dan akhir pandemi ini mungkin sudah dekat. Namun, seorang pemimpin harus selalu mempersiapkan yang terburuk, karena bisnis mungkin membutuhkan waktu beberapa bulan atau tahun lagi untuk pulih. Menguraikan SWOT bisnis Anda pada akhir tahun ini mutlak diperlukan. Selain itu, merancang beberapa rencana sesuai dengan apa yang Anda miliki dapat menjadi langkah bijak untuk diambil dalam mempersiapkan 2021.


Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

21 April 2021
Perempuan di Sektor Teknologi

Apa programmer komputer pertama, orang yang meletakkan dasar untuk WiFi saat ini, dan pencipta STP Internet Protocol memiliki kesamaan? Jika jawaban Anda adalah 'mereka semua memiliki komputer', Anda salah.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...