9 Strategi untuk Pertemuan Pitch Online yang Sukses

09 March 2021

9 Strategi untuk Pertemuan Pitch Online yang Sukses

Loading...

Ketika pertemuan online, begitu juga setiap pitch. Meskipun tantangan dalam pitching offline dapat diatasi dengan penggunaan teknologi, pitching online dapat memiliki tantangan sendiri, yang mungkin berkisar dari kegugupan hingga masalah teknologi. Dengan tantangan seperti itu, bagaimana Anda bisa berhasil memberikan pitch dalam pertemuan online? Berikut adalah 9 strategi yang dapat Anda ambil untuk memakukan pitching di era konferensi video melalui aplikasi seperti Zoom, Google Meet, atau Microsoft Teams.


SEBELUM PITCH

Persiapan adalah bagian terpenting dari presentasi.  Ini sama benarnya dalam situasi offline dan online. Apa yang dapat Anda lakukan saat mempersiapkan pitch Anda? Poin-poin berikut dapat memberi Anda beberapa ide.


  1. Rencanakan Pitch Anda

Membuat rencana untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan pitch Anda adalah langkah penting pertama. Beberapa hal yang dapat Anda persiapkan termasuk tetapi tidak terbatas pada: (1) Hook (Bagaimana Anda akan mendapatkan perhatian audiens Anda?); (2) Visual (Alat bantu visual mana yang cukup menarik tetapi tidak terlalu mengganggu?); (3) Metode presentasi (Apakah Anda mengizinkan pertanyaan selama atau setelah presentasi?).


  1. Berinvestasi pada Peralatan yang Lebih Baik dan Koneksi Internet

Membeli peralatan yang tepat tidak hanya menghilangkan risiko yang terkait dengan masalah teknologi, tetapi juga membantu Anda terlihat lebih profesional. Memberikan pitch Anda dengan kamera yang layak, mikrofon, dan peralatan pencahayaan akan memberikan kesan yang lebih baik pada diri Sendiri. Selain itu, berlangganan ke penyedia internet yang lebih baik atau paket berlangganan dapat membantu Anda menghindari kemungkinan masalah koneksi.


  1. Bekerja pada Keterampilan Berbicara Publik Anda

Berbicara di depan umum bukanlah forte semua orang. Tetapi internet memiliki banyak konten tentang tips presentasi. Investasikan waktu dan energi Anda untuk belajar lebih banyak tentang hal-hal ini. Selain itu, Anda dapat berlatih pitch Anda, merekamnya, dan meminta rekan kerja tepercaya Anda untuk umpan balik.


SELAMA PITCH

Ini adalah hari pitching Anda. Anda telah melakukan yang terbaik dalam tahap persiapan. Semua orang siap, dan Anda hanya memiliki satu tembakan memaku ini. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda selama pitch.


  1. Membangun Mood

Anda dapat mengatur suasana hati untuk pitching Anda dengan melakukan hal-hal kecil yang baik. Datanglah lebih awal ke ruang pertemuan. Juga, jika memungkinkan, terlibat dalam pembicaraan kecil sebelum pitching dimulai. Hal-hal kecil seperti ini dapat membangun kesan pertama yang baik dan tingkat kesukaan.


  1. Perhatikan kamera

Dalam rapat online, Anda harus melihat langsung ke kamera, bukan wajah orang-orang di layar. Ini mempengaruhi cara pandangan Anda muncul di layar orang lain. (Juga, jika Anda tipe gugup, ini adalah trik yang baik untuk melihat jauh dari wajah audiens Anda sambil terlihat percaya diri.)


  1. Tetap Fokus, tapi Tetap Fleksibel

Secara umum, selalu lebih baik untuk fokus pada strategi yang telah Anda siapkan untuk lapangan. Pergi dari topik dapat membuat Anda terdengar kurang meyakinkan. Namun, sama-sama bijaksana untuk mempersiapkan diri untuk situasi off-the-grid.


SETELAH PITCH

Anda telah menyelesaikan pitch dengan warna terbang. Itu adalah pitch yang bagus. Sekarang apa?


  1. Selalu Ambil Pertanyaan

Tetap berpikiran terbuka dan biarkan orang-orang penasaran dengan pitch Anda. Jangan takut dengan pertanyaan. Bahkan, pertanyaan adalah hal yang baik. Jika orang mulai mengajukan pertanyaan, itu berarti semua orang memperhatikan nada Anda.


  1. Bekerja sebagai tim

Bahkan jika pitch Anda bagus, selalu baik untuk mengetahui keterbatasan Anda sendiri. Setelah semua, kemungkinan besar, Anda bekerja dengan mitra Anda. Jika memungkinkan, sampaikan pertanyaan spesifik yang tidak dapat Anda jawab kepada anggota tim lain dengan keahlian yang lebih baik.


  1. Ungkapkan Rasa Terima Kasih Anda

Terima kasih semua orang yang terlibat dalam proses pitching, bahkan jika pitching tidak bekerja! Tampilan rasa syukur adalah cara yang bagus untuk mengakhiri pitch Anda, dan bahkan dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan dalam jangka panjang. Biayanya 0 sen untuk mengucapkan terima kasih, tetapi itu bisa membuat banyak perbedaan.

Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about ‘Article headline’!

Related Article

21 April 2021
Perempuan di Sektor Teknologi

Apa programmer komputer pertama, orang yang meletakkan dasar untuk WiFi saat ini, dan pencipta STP Internet Protocol memiliki kesamaan? Jika jawaban Anda adalah 'mereka semua memiliki komputer', Anda salah.

Read More...

Artikel Populer

10 November 2020
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...

back to top