BerandaArtikelMengadopsi API dalam Industri Perbankan
article-image

17 January 2023

Mengadopsi API dalam Industri Perbankan

Adopsi teknologi oleh lembaga keuangan semakin cepat. Dalam sektor ini, bank dan perusahaan fintech menciptakan cara-cara baru untuk melayani pelanggan. API memungkinkan bank dan perusahaan pihak ketiga untuk mengelola transaksi pelanggan mereka.

Bank menjadi lebih mudah untuk meningkatkan pengalaman pelanggan mereka. Teknologi ini telah membantu perusahaan menciptakan lebih banyak saluran pendapatan. Selain itu, konsumen dapat menyelesaikan transaksi dan pembayaran di seluruh dunia dengan lebih sedikit masalah keamanan.

Anda akan mempelajari bagaimana API menjadi salah satu inovasi fintech terbaik dan pentingnya dalam sektor perbankan. Namun pertama-tama, mari kita pahami arti dari "open banking" dan "API."

Bagaimana API Menjadi Salah Satu Inovasi Fintech?

Karena sebagian besar lembaga keuangan menghargai data pelanggan, mereka akan berinvestasi dalam platform API yang hebat. Sebagian besar bank menyewa perusahaan fintech untuk membuat perangkat lunak untuk mereka. Ini memberi kekuatan kepada para teknolog untuk membuat perangkat lunak bekerja lebih baik sesuai kebutuhan pelanggan.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak bank menggunakan API untuk melayani pelanggan di berbagai platform. Ini menjadi tren signifikan di banyak lembaga keuangan. Misalnya, beberapa bank menggunakan platform Open Banking sebagai Layanan (BaaS) di mana pelanggan dapat mengakses produk keuangan. Ingat, sebagai konsumen, Anda mendapatkan produk ini tanpa mengetahui keseluruhan struktur layanan perbankan.

Apa Itu Open Banking dan API Perbankan?

Dalam sektor keuangan, API adalah elemen kunci yang menyediakan pertukaran aman dan efisien yang diizinkan oleh pelanggan. Perangkat lunak ini memiliki berbagai protokol dan kode yang bekerja dalam harmoni sempurna. Jadi, teknologi ini memastikan komunikasi antara bank dan penyedia perangkat lunak pihak ketiga.

Open banking adalah layanan yang memungkinkan interoperabilitas antara bank dan layanan pembayaran pihak ketiga menggunakan data mereka dan lembaga keuangan lainnya. Teknologi API diperlukan agar proses ini lebih cepat dan aman di mana saja. Bagi pelanggan, open banking menawarkan layanan yang lebih memuaskan dan lebih banyak pilihan perbankan.

Esensi API dalam Sektor Perbankan

Saat ini, fintech, bank, dan konsumennya mendapat manfaat dari penggunaan API. Berikut adalah keuntungan utama yang Anda dapatkan dari teknologi ini:

1. Bank Menciptakan Lebih Banyak Pendapatan

Sejak tahun 2019, lebih banyak lembaga keuangan berinvestasi lebih dalam pengembangan API. Studi menunjukkan bahwa jumlahnya meningkat dari 35% menjadi 47% pada tahun 2021 dan akan terus meningkat seiring pertumbuhan teknologi. API telah memungkinkan bank untuk menciptakan lebih banyak peluang untuk bekerja dengan mitra kolaboratif melalui berbagi data yang baik. Melalui kemitraan ini, lembaga keuangan mendapatkan pendapatan tambahan dan menarik lebih banyak pelanggan.

2. Komersialisasi Infrastruktur yang Lebih Luas

Perubahan dalam perbankan digital telah membuat bank keluar dari zona nyaman mereka dan memasarkan produk mereka. Bank sekarang membawa BaaS mereka ke tingkat yang lebih tinggi dengan meningkatkan pengalaman pelanggan dan memberikan peluang penting kepada fintech dan perusahaan pihak ketiga.

3. API Aman

Open banking dan API aman karena standar pemrograman tingkat tinggi. Saat ini, teknolog layanan API fokus pada membuat data pelanggan aman dan mudah dipantau. Juga mudah untuk memeriksa tindakan abnormal dalam transaksi tersebut.

Lebih banyak peluang pertumbuhan menanti bank dan lembaga keuangan lainnya yang telah berinvestasi dalam API dan open banking. Teknologi ini memiliki lebih banyak manfaat yang akan membuat bank meninggalkan cara tradisional mereka. API akan berkembang di masa depan seiring kemajuan teknologi.

Ingat, teknologi ini menyediakan keamanan data yang terpercaya dan stabil meskipun transaksi terbuka. Fintech sangat diuntungkan dari API yang fantastis yang membantu bank memperluas peluang dan pendapatan mereka.

Silakan kunjungi halaman kami untuk mempelajari tentang teknologi MyCarrier SaaS yang terkait dengan penggunaan API.

Apakah informasi ini membantu?

Related Article