Amankan Bisnis Anda Sekarang, Rencanakan Manajemen Risiko Pusat Data Anda

29 Desember 2021

Amankan Bisnis Anda Sekarang, Rencanakan Manajemen Risiko Pusat Data Anda

Memanfaatkan teknologi dapat membantu bisnis Anda menjadi lebih efektif - namun, kemudahan menggunakan internet dan teknologi dapat membuat kita melupakan risikonya.

Masalah penggunaan teknologi berasal dari sistem, kesalahan manusia, atau bencana alam. Ketika sistem Anda dalam masalah, itu dapat mengganggu seluruh bisnis Anda. Jika Anda memiliki masalah selama 3 jam, Anda mungkin akan kehilangan peluang bisnis Anda selama lebih dari 3 jam.

Itulah mengapa menjaga dan mempertimbangkan manajemen risiko data center adalah penting. Ini sama dengan membangun sistem TI untuk bisnis Anda.

Sebagai manajer data atau departemen TI, menghitung risiko dapat membantu Anda membuat beberapa rencana untuk menghindari masalah. Ketika masalah benar-benar terjadi, Anda dapat meminimalkan risiko masalah karena rencana cadangan Anda.

Cara Menyusun Rencana Manajemen Risiko Pusat Data Anda

Untuk mengetahui cara menghindari dan meminimalkan risiko masalah data, hal penting yang harus dilakukan adalah mengetahui kemungkinan di mana masalah akan datang.

Anda harus menghitung semua variabel dan menyimpan data penting. Jika masalah terjadi, mudah-mudahan itu bisa mengganggu bisnis Anda terlalu banyak.

Ada beberapa cara untuk membantu Anda merencanakan dan menyusun manajemen risiko untuk pusat data Anda, mulai dari menilai risiko hingga menghindari risiko.

Pertama, untuk menilai risiko, Anda perlu merancang pusat data. Ini tidak hanya membantu Anda untuk meningkatkan komponen data atau mengelola data Anda. Di sisi lain, ini dapat membantu Anda memetakan kemungkinan di mana masalah akan datang dan membuat risiko pusat data.

Ini adalah area yang harus Anda periksa untuk menilai:

1. Pemilihan Situs

Memiliki sistem dan teknologi yang baik tidak berarti Anda tidak memerlukan situs. Sebuah situs adalah untuk membangun beberapa perangkat keras untuk sistem Anda.

Ketika memilih situs atau mengevaluasi lokasi pusat data yang ada, pemahaman tentang geografis, regional, lokal, terkait situs, dan bangunan akan mengurangi efek downtime.

Mengingat kemungkinan terjadinya bencana alam seperti banjir air, gempa bumi, iklim, dan tarif listrik.

2. Dibutuhkan

Pertama, operator pusat data harus memperjelas fungsi pusat data. Kategorisasi fungsi akan membantu operator menentukan tingkat infrastruktur TI yang diperlukan dan mengetahui persyaratan peralatan TI yang terpasang.

3. Desain

Setelah Anda mendapatkan beberapa wawasan dari semua penilaian, Anda dapat mengevaluasi dan mengidentifikasi risikonya.  Dalam langkah-langkah ini, manajemen risiko pusat data dapat mendesain ulang infrastruktur TI agar lebih aman berdasarkan penilaian.

Setelah Anda mendapatkan desain manajemen data center agar lebih aman, hal penting lainnya adalah menjaga data center agar terhindar dari risiko. Menyimpan data akan membantu Anda mencadangkan data penting dan sistem desain penting atau memperbarui akses aman ke data.

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...