Apa yang Perlu Diketahui Pemimpin Bisnis sebelum menggunakan CPaaS

8 Agustus 2022

Apa yang Perlu Diketahui Pemimpin Bisnis sebelum menggunakan CPaaS

Cloud & Data Center Cloud 
Apa yang Perlu Diketahui Pemimpin Bisnis sebelum menggunakan CPaaS

Communications Platforms as a Service (CPaaS) adalah teknologi yang baru-baru ini semakin populer. Ini karena kemampuannya untuk memungkinkan bisnis memodifikasi proses komunikasi mereka. Selain itu, komunikasi adalah elemen penting bagi setiap perusahaan yang dikelola dengan baik. Perusahaan saat ini memberikan yang terbaik untuk memiliki saluran komunikasi yang efisien. Ini menentukan kesuksesan mereka dengan membuat mereka lebih dekat dengan investor, klien, karyawan, dan pemangku kepentingan bisnis lainnya. 

Untuk alasan ini, banyak perusahaan memilih untuk memiliki solusi CPaaS untuk membantu mereka merampingkan sistem komunikasi mereka. Artikel ini memberi Anda lebih banyak wawasan tentang CPaaS, manfaatnya bagi bisnis, dan apa yang harus diketahui oleh para pemimpin bisnis sebelum menggunakannya. 

Apa itu CPaaS, dan Bagaimana Cara Kerjanya? 

CPaaS adalah teknologi yang memungkinkan pengembang untuk meningkatkan dan mengintegrasikan komunikasi langsung dan real-time. Ini membantu pengguna berkomunikasi langsung dengan aplikasi tanpa memerlukan bantuan pihak ketiga. Contoh yang sangat baik dari layanan semacam itu adalah kotak obrolan yang situs web harus memungkinkan pengguna untuk menavigasi situs jauh lebih cepat. Konteks yang sama berlaku untuk sistem komunikasi perusahaan di mana seorang manajer menggunakan perangkat lunak CPaaS untuk mengirim pesan ke beberapa anggota tim. 

Ini menawarkan kemampuan yang mengganggu dengan merampingkan beberapa saluran komunikasi dalam bisnis. CPaaS bekerja dengan menggabungkan API dan SDK komunikasi yang dapat disesuaikan ke dalam perangkat lunak Anda, memungkinkan fleksibilitas aplikasi tanpa memerlukan transformasi digital yang lengkap. Application Programming Interface (API) adalah perangkat lunak yang akan memungkinkan pemrogram untuk memanfaatkan kemampuan dan fungsi aplikasi eksternal dengan membuat koneksi antara aplikasi Anda dan perangkat lunak pihak ketiga yang diperlukan.

Pertimbangkan API sebagai perantara komunikasi atau penerjemah di dua aplikasi yang Anda gunakan. CPaaS bekerja dengan menggunakan loop umpan balik berkemampuan API yang membantu departemen SDM, pemasaran, penjualan, dukungan pelanggan, dan TI mengoptimalkan sistem komunikasi mereka. 

Tantangan Pengguna CPaaS

Seperti teknologi baru lainnya, CPaaS hadir dengan tantangannya sendiri. Berikut adalah beberapa tantangan paling umum yang dihadapi pengguna CPaaS. 

Serangan keamanan: Ini adalah salah satu tantangan paling umum yang dihadapi perusahaan CPaaS. Tanpa keamanan yang memadai, perusahaan-perusahaan ini mungkin mengalami beberapa serangan dunia maya. Beberapa penipu bahkan sampai pada tingkat membocorkan jutaan pesan ke internet. Insiden semacam itu telah menyebabkan banyak perusahaan kehilangan pendapatan dan menurunkan kepercayaan pelanggan. 

Perantara multi-layer: CPaaS bekerja dengan mengirimkan informasi melalui beberapa saluran. Perantara ini dapat menghambat kualitas layanan dan mempengaruhi pengalaman pelanggan dalam prosesnya. 

Transmisi Data Lambat: Beberapa sistem CPaaS memiliki antarmuka pengguna yang rumit dan transmisi data yang lambat.  Terkadang hal ini dapat menyebabkan sengketa penagihan dan proses rekonsiliasi yang lambat. 

CPaaS untuk usaha kecil

Sebelum CPaaS dikembangkan, bisnis menghabiskan banyak pendapatan untuk membuat dan memelihara jaringan komunikasi mereka. Namun, biaya ini mungkin terlalu banyak untuk usaha kecil yang tidak mampu membeli semua perangkat keras dan perawatan rutin. 

CPaaS telah mengubah narasi dan membuat proses ini lebih mudah diakses dan terjangkau. Selain itu, menggunakan teknologi berbasis cloud menjamin keamanan yang lebih baik dan integrasi API yang lebih baik. 

Singkatnya, CPaaS telah meningkatkan kapasitas komunikasi dan memudahkan bisnis untuk terhubung dengan pemangku kepentingan mereka. Ini telah menawarkan komunikasi yang mulus dan keamanan data yang lebih baik. 


Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about Cloud & Data Center Article!

Artikel Terkait

Melanggar Batas Saluran Penjualan Anda dengan CPaaS
Invalid date

Melanggar Batas Saluran Penjualan Anda dengan CPaaS

Cloud & Data CenterCloud

Saluran penjualan adalah teknik pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan penjualan suatu produk atau layanan. Corong dimulai dengan kesadaran akan produk, diikuti oleh minat pada produk, pertimbangan produk, dan akhirnya, pembelian.

Read More...
Mengenal CPaaS dan UCaaS
30 November 2022

Mengenal CPaaS dan UCaaS

Cloud & Data CenterCloud

CPaaS dan UCaaS adalah dua jenis layanan komunikasi berbasis cloud yang semakin populer selama beberapa tahun terakhir. CPaaS adalah singkatan dari "Communications Platform as a Service."

Read More...
Memahami Cloud Security dan Manajemennya
Invalid date

Memahami Cloud Security dan Manajemennya

Cloud & Data CenterCloud

Manfaat beralih ke teknologi cloud kini telah menjadi pilihan bagi semakin banyak perusahaan di pasar.

Read More...
Mengapa Cloud Communication Sangat Penting untuk Bisnis Anda
Invalid date

Mengapa Cloud Communication Sangat Penting untuk Bisnis Anda

Cloud & Data CenterCloud

Karena perusahaan sekarang menjadi lebih terdesentralisasi dengan cabang di seluruh dunia dan kebijakan yang memungkinkan pekerjaan dari mana saja, kebutuhan akan komunikasi cloud terus tumbuh.

Read More...

Artikel Populer

Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box
29 Desember 2021

Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box

Read More...