Apakah kampanye SMS A2P Anda sukses?

27 Desember 2021

Apakah kampanye SMS A2P Anda sukses?

Era di mana kita menggunakan SMS sebagai media komunikasi utama kita telah lama berlalu, tetapi kebutuhan kita akan SMS tetap ada. Alih-alih mati, SMS telah berkembang menjadi media untuk komunikasi A2P yang membantu bisnis terhubung dengan pelanggan. Dari otentikasi dua faktor hingga konfirmasi pembayaran, pesan A2P telah menciptakan pengalaman transaksi yang lebih lancar, lebih aman, dan lebih cepat. Akibatnya, permintaan untuk SMS A2P terus meningkat, dan pendapatan pasar global untuk SMS A2P diproyeksikan mencapai $ 86,53 miliar pada tahun 2025.


Terlepas dari semua kemudahan yang ditawarkan layanan pesan A2P, beberapa pemilik bisnis belum menggunakan layanan ini. Beberapa orang lain, bagaimanapun, mungkin saat ini menggunakan layanan pesan A2P, namun tampaknya sulit bagi mereka untuk mengetahui apakah SMS A2P mereka benar-benar efektif – yang dapat dimengerti, karena sejumlah investasi telah pergi ke layanan pesan A2P. Jika Anda adalah pemilik bisnis yang tidak benar-benar yakin apakah SMS A2P Anda berfungsi, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda ukur, menurut SMS Global.


  1. Rasio Klik-Tayang

Penggunaan pesan A2P yang populer adalah mengirim PELANGGAN UKM yang berisi tautan. Hyperlink ini kemudian akan mengarahkan pelanggan ke berbagai halaman yang mungkin (halaman transaksi atau hanya "tentang kami"), tergantung pada apa SMS dimaksudkan untuk. Mencari tahu berapa banyak orang dari audiens yang Anda targetkan benar-benar mengklik tautan adalah cara yang efektif untuk mengukur keberhasilan pesan A2P Anda. Anda dapat menghitung angka secara manual, tetapi jauh lebih mudah untuk menggunakan perangkat lunak dan otomatisasi untuk memberi Anda angka.


  1. Tingkat Opt-Out

Memantau jumlah orang yang berhenti berlangganan dari pesan A2P Anda mungkin sesuatu yang tidak menyenangkan untuk dilakukan. Tapi itu benar-benar dapat memberi Anda wawasan tentang tingkat keberhasilan kampanye SMS A2P Anda. Jika tingkat opt-out Anda tinggi, maka bisnis Anda mungkin perlu menghasilkan strategi A2P baru. Pelanggan dapat berhenti berlangganan karena begitu banyak alasan berbeda: bahwa ada terlalu banyak SMS, bahwa waktu SMS tidak tepat, bahwa pesan tidak relevan, atau bahwa bahasa dalam UKM A2P tidak sesuai dengan demografi pelanggan Anda.


  1. Tingkat Konversi

Faktor lain yang dapat Anda pantau untuk mengukur keberhasilan kampanye A2P Anda adalah tingkat konversi. Beberapa akan memahami tingkat konversi melalui perspektif pemasaran / penjualan: bahwa tingkat konversi tergantung pada jumlah transaksi yang dilakukan setelah melihat pesan A2P Anda. Tetapi pada dasarnya, tindakan tindak lanjut yang berarti yang dilakukan pelanggan Anda setelah membaca pesan (pembelian, balasan teks, pertanyaan email, atau panggilan telepon) dapat dihitung sebagai konversi. Sederhananya, konversi sama dengan kemanjuran kampanye A2P Anda.


  1. Tingkat Pertumbuhan

Berapa banyak pelanggan yang saat ini berlangganan layanan CRM Anda? Apakah jumlahnya meningkat setelah Anda memulai kampanye A2P Anda? SMS A2P juga bisa menjadi faktor yang mendukung peningkatan pelanggan. Jika pelanggan Anda tidak puas dengan cara Anda menjangkau mereka, sebaliknya akan terjadi. Meskipun demikian, memang benar bahwa semakin banyak pelanggan dapat disebabkan oleh banyak hal, jadi akan lebih bijaksana untuk mengumpulkan data tentang berapa banyak tingkat pertumbuhan sebenarnya didukung oleh pesan A2P Anda.


  1. Biaya per pelanggan penebusan

Last but not least, Anda dapat mengukur tingkat keberhasilan kampanye A2P Anda dari angka ROI. Membuat kampanye A2P bukanlah tugas yang mudah. Ada banyak hal yang harus diputuskan, dan manajer bisnis harus menghitung biaya per SMS, berharap itu akan diterjemahkan ke konversi dan pembelian. Pada akhirnya, jika biaya yang Anda keluarkan untuk pesan A2P ditutupi oleh keuntungan keseluruhan, maka Anda aman. Jika tidak, mungkin bijaksana untuk menyusun kembali kampanye pesan A2P Anda, terutama tentang bagaimana mereka bisa lebih efisien.


Akhirnya, keberhasilan kampanye A2P juga akan sangat bergantung pada penyedia A2P yang bekerja dengan Anda. Untuk memastikan bahwa kampanye pesan A2P Anda sukses, Anda perlu bekerja dengan penyedia A2P yang dapat menyediakan platform yang baik, skema yang menguntungkan, dan layanan yang andal. Di Telkom DWS, kami berkomitmen untuk mendukung komunikasi organisasi Anda melalui pemberian layanan pesan A2P yang dapat diandalkan. Untuk pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami di marketingdws@telkom.co.id.

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

Invalid date
Menciptakan Pengalaman Kesehatan yang Lebih Baik dengan SMS A2P
Unified CommunicationMessaging Hub

Era digital telah mengubah setiap sudut kehidupan kita, salah satunya adalah bagaimana kita mengelola dan mengakses layanan kesehatan. Secara keseluruhan, perawatan kesehatan kami telah berkembang begitu banyak sejak menjadi digital.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...