Bagaimana Arsitektur IoT Bekerja di Cloud

28 October 2021

Bagaimana Arsitektur IoT Bekerja di Cloud

Loading...

Di era digital ini, ada banyak hal yang bisa kita lakukan dengan teknologi informasi dan komunikasi. Dari browsing untuk hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan untuk bersosialisasi dengan teman-teman, kita terus terhubung dengan dunia berkat internet.

Sekarang, internet juga dapat memberi Anda lebih banyak kendali atas hampir semua hal di tangan Anda. Ya, kita bisa melakukan ini melalui internet dengan apa yang kita sebut Internet of Things atau IoT.

IoT adalah tentang bagaimana kita mengendalikan hampir semua yang kita inginkan melalui perintah sederhana melalui internet. Jika Anda terbiasa dengan asisten pribadi virtual seperti Alexa dan Siri, mereka adalah bagian dari IoT yang dapat melakukan sesuatu berdasarkan perintah kami.

Sistem mengumpulkan informasi dari perilaku kita dan menyimpannya dalam ingatan mereka. Kenangan yang tersimpan dapat membantu sistem untuk melakukan sesuatu yang kita inginkan.

Bagaimana cara kerja IoT? Ada tiga komponen dasar arsitektur IoT: Perangkat, gateway, dan cloud. Ketiga komponen ini bekerja sama dalam sistem, sehingga mereka dapat menanggapi perintah kita.

Bahkan ketika kecelakaan atau hal-hal tak terduga terjadi, teknisi dapat memperbaiki kesalahan mereka untuk membuat sistem IoT lebih pintar.

Mari kita lihat fungsi dari ketiga komponen ini untuk organisasi Anda. Perangkat tidak hanya tentang perangkat keras, tetapi seluruh perangkat termasuk perangkat keras dan perangkat lunak.

Perangkat ini dilengkapi dengan sensor untuk mengumpulkan data. Hal ini dapat terhubung ke jaringan, berkomunikasi satu sama lain, dan dapat bekerja secara langsung atau tidak langsung dengan internet. Jika perangkat secara tidak langsung terhubung ke internet, gateway memungkinkan perangkat untuk mencapai layanan cloud.

Namun, gateway memiliki fungsi spesifik lain dalam jaringan. Ini dapat memproses data dari perangkat sebelum dikirim ke cloud. Cloud menyimpan semua data, memproses, menggabungkan, dan dicocokkan dengan data lain dari perangkat lain.

Semua komponen penting untuk membuat sistem benar-benar bekerja. Jika satu komponen tidak berfungsi, pemrosesan data dapat ditunda dan mereka dapat melakukan perintah yang tepat, atau yang buruk adalah mereka dapat memproses perintah.

IoT membutuhkan sensor untuk mengumpulkan data dan menyimpannya di cloud. Selain memproses dan menghubungkan ke jaringan, dibutuhkan gateway untuk memproses dan mengatur data. Setiap komponen memiliki fungsinya secara rinci untuk membuat semua sistem bekerja.

Karena kita tahu cara memanfaatkan IoT untuk membantu kita melakukan segalanya, kita harus menyadari bahwa arsitektur Cloud IoT dan arsitektur pemrosesan data IoT penting bagi kita.

IoT lebih dari sekadar asisten pribadi virtual yang cerdas untuk mendapatkan informasi dari perangkat kami, atau gizmo untuk menjadikan rumah kami rumah pintar. Lebih dari itu, IoT dapat digunakan untuk aspek apa pun dalam kehidupan kita seperti di industri dan kantor untuk membuat hidup kita lebih efisien.

Terutama di industri saat ini, di mana menggunakan data besar dapat membuat atau menghancurkan bisnis Anda, data dari IoT dapat membantu sistem Anda tumbuh dan mendorong bisnis Anda ke depan ke masa depan.

Ketika kita tahu bagaimana IoT dapat menjadi masa depan kita, mengingat sistem cloud untuk menyimpan data kita adalah penting. Data dari cloud dapat digunakan untuk bisnis Anda dan mungkin bisnis yang berkorelasi dengan IoT.

Telkom Divisi Wholesale sebagai lini bisnis dari Telkom dapat menyediakan sistem cloud dan pemrosesan big data yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan bisnis Anda.

Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about ‘Article headline’!

Related Article

28 October 2021
Apakah Cloud Infrastructure Investasi Aman untuk Organisasi Saya?

mengelola infrastruktur cloud, memang lebih baik untuk menyelesaikannya dengan solusi keamanan infrastruktur cloud untuk membantu memastikan keamanan Anda.

Read More...

Artikel Populer

10 November 2020
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...

back to top