Bagaimana Internet of Things Memengaruhi Bisnis Anda

15 Agustus 2022

Bagaimana Internet of Things Memengaruhi Bisnis Anda

Internet of Things (IoT) telah merevolusi dunia teknologi dan memengaruhi banyak bisnis. Ini telah mendorong munculnya model bisnis baru, meningkatkan perawatan kesehatan, dan membuat interaksi lebih mulus. Tidak seperti di masa lalu, di mana perusahaan akan beroperasi secara offline, hanya mendapatkan pelanggan walk-in, IoT membuat mendapatkan klien lebih mudah. 

Dalam artikel ini, kami membawa Anda melalui beberapa dampak IoT terhadap bisnis dan perannya dalam perekonomian. Anda juga akan belajar lebih banyak tentang LoRa dan bagaimana hal itu akan meningkatkan bisnis Anda. 

Internet untuk meningkatkan bisnis

Dengan tren perangkat yang terhubung dengan IoT di seluruh dunia baru-baru ini, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana hal itu akan meningkatkan bisnis Anda. Nah, jawaban sederhananya adalah – dalam segala hal. 

IoT memudahkan Anda mengakses kumpulan data besar dan pengumpulan otonom untuk pertukaran data. Ini berarti jauh lebih mudah untuk memahami perilaku pelanggan dan keinginan produk. IoT juga memungkinkan peningkatan proses berkelanjutan dan memengaruhi keterlibatan dan produktivitas tenaga kerja. Ketika kriteria tertentu terpenuhi, IoT in Business dapat secara mandiri mengarahkan komputer untuk melakukan transaksi dalam rantai pasokan di sektor tertentu.

Beberapa penemuan canggih yang menarik akan membuat masa depan IoT sangat mudah beradaptasi. Sensor bebas baterai, teknologi wearable yang komprehensif, dan sistem tertanam pembelajaran mesin "mini" hanyalah beberapa contoh. Banyak peningkatan jaringan juga terjadi untuk meningkatkan efisiensi sistem IoT. Pengirisan jaringan, misalnya, dapat digunakan untuk memberikan latensi rendah, interkoneksi berkecepatan tinggi untuk meningkatkan keandalan dalam peralatan misi-kritis.

Ketika IoT dikombinasikan dengan teknologi seperti kecerdasan buatan (AI) dan 5G, kemungkinan bagi organisasi tidak terbatas. IoT memberi daya pada seluruh kota, dan keamanan meningkat dari hari ke hari. Setiap peralatan di pabrik produksi besar dapat dihubungkan ke jaringan pengawasan jarak jauh. Penyedia utilitas dapat mengumpulkan informasi dari pengukur pintar dan peralatan yang terhubung dari jarak jauh. IoT dapat digunakan oleh perangkat perawatan kesehatan untuk menyampaikan status pasien kepada dokter. Selain itu, analisis IoT dapat membantu petani meningkatkan produktivitas mereka. Ini adalah keuntungan luar biasa bagi banyak bisnis.

Industri yang membutuhkan internet of things 

Seperti yang telah kita lihat, IoT memiliki banyak manfaat bagi hampir semua sektor ekonomi. Namun, beberapa industri berdiri untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar dari teknologi baru ini. Mereka termasuk yang berikut: 

● Manufaktur

● Produksi Media

● Pertanian 

● Keuangan

● Energi

● Layanan Kesehatan

● Perhotelan

● Ritel

● Transportasi dan Logistik

Peran IoT dalam Bisnis dan ekonomi 

IoT memiliki banyak manfaat bagi bisnis dan ekonomi di seluruh dunia. Selain membuat pekerjaan lebih mudah diakses dan membantu perusahaan untuk meningkatkan skala operasi mereka, berikut adalah peran yang dimainkan IoT. 

● Tingkatkan keamanan untuk bisnis yang berbeda

● Optimalkan hasil bisnis melalui manajemen kinerja yang lebih baik

● Meningkatkan produktivitas dalam bisnis

● Ini membantu bisnis menurunkan biaya operasi mereka

● Tawarkan keamanan tingkat lanjut

● Meningkatkan kualitas produk

Bagi sebagian besar bisnis, mencapai keuntungan yang baik dan meningkatkan operasi mereka adalah tujuan utama. IoT menghadirkan konektivitas yang lebih baik untuk perusahaan semacam itu melalui perangkat canggih seperti LoRa (jarak jauh) dan NB-IoT (Narrowband). Perangkat ini menggunakan lebih sedikit daya dan menawarkan konektivitas IoT yang kuat untuk menurunkan biaya operasional bisnis dan meningkatkan pendapatan.  


Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

4 November 2021
Bagaimana Internet of Things Memfasilitasi Perawatan Kesehatan

IoT dalam industri kesehatan memiliki banyak manfaat. melacak tanda-tanda vital pasien keluar dari klinik atau alat pacu jantung implan, sistem neurostimulator implan, monitor glukosa.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...