Bagaimana IoT dapat Membantu Dengan Data Mining di Tempat Umum

24 February 2021

Bagaimana IoT dapat Membantu Dengan Data Mining di Tempat Umum

Loading...

Kota-kota di seluruh dunia telah menjadi lebih pintar, mengadopsi berbagai inovasi internet of things (IoT) untuk membongkar semua masalah sulit tinggal di kota, seperti polusi, limbah, keamanan dan lalu lintas.

Untuk mulai menguraikan masalah kompleks ini, kota-kota mulai menambang data dari tempat umum. Namun, untuk mengulangi kata "kompleksitas" hanya sekali lagi, data dari tempat umum ini sangat beragam dan berskala besar.

Menambang data real-time tentang lalu lintas, dengan berbagai perangkat yang didukung dengan sensor, aktuator, dan aplikasi, adalah satu hal. Menyortir mereka dan menganalisisnya dengan benar adalah hal lain.

Meskipun berbagai artikel telah menunjukkan kesulitan menganalisis data besarsecaraefektif, beberapa perkembangan terbaru di ranah IoT mungkin dapat membuat Anda lebih percaya diri untuk mengadopsinya karena akhir-akhir ini, mereka telah meningkatkan efisiensi mereka dengan sangat baik.

Pandangan optimis

Sebuah artikel Juli 2020 yang diterbitkan oleh Journal of King Saud University - Ilmu Komputer dan Informasi yang ditulis oleh Priyank Sunhare, Rameez R. Chowdary dan Manju Chattopadhyay mengungkapkan bahwa secara keseluruhan, IoT lebih efisien dalam menjinakkan data berukuran besar yang tampaknya berbeda yang diperoleh dari berbagai tempat umum.

Beberapa perkembangan terbaru, artikel itu kemudian mengungkapkan, telah dimungkinkan oleh teknologi cloud yang memiliki kapasitas yang diperlukan untuk tidak hanya mengumpulkan data berukuran raksasa dari lingkungan yang sangat heterogen tetapi juga untuk mengubahnya menjadi wawasan berharga.

Wawasan berharga telah digunakan oleh berbagai kota untuk menginformasikan pengambilan keputusan yang cerdas, meningkatkan kinerja sistem publik dan mengoptimalkan pengelolaan sumber daya dan layanan publik.

Selanjutnya, sebuah artikel yang ditulis oleh Feng Chen, Pan Deng, Jiafu Wan, Daqiang Zhang, Athanasios V. Vasilakos dan Xiaohui Rong yang diterbitkan oleh International Journal of Distributed Sensor Networks pada tahun 2015 mengungkapkan bahwa IoT mampu mengekstraksi informasi tersembunyi dari data, memungkinkan Anda untuk melihat akar penyebab di luar fenomena puncak gunung es yang jelas.

Artikel ini juga menawarkan jaminan bahwa analisis data besar yang diizinkan oleh sistem IoT akan menjadi lebih baik di sepanjang jalan, karena semakin banyak data mentah yang kami kumpulkan dari tempat umum, semakin baik algoritma sistem.

Dengan semua perkembangan baru dan pandangan positif ini digabungkan, penulis artikel 2015 yakin bahwa IoT memiliki nilai bisnis yang besar.

Proses analisis data dan outputnya

Penambangan data di tempat umum akan melibatkan persiapan data di awal, menurut artikel 2015. Persiapan melibatkan mengintegrasikan data ke dalam berbagai sumber data dan membersihkan kebisingan dari data, mengekstraksi beberapa bagian data ke dalam sistem penambangan data, serta pra-proses data untuk memfasilitasi penambangan data.

Kemudian, algoritma akan diterapkan pada data untuk menemukan pola dan mengevaluasi pola pengetahuan yang ditemukan. Data tersebut nantinya akan disajikan dalam bentuk multidimensi yang divisualisasikan.

Oleh karena itu, mengetahui bahwa IoT dan analitik data besar semakin baik pada waktunya karena mereka menambang data setiap hari, mungkin 2021 adalah waktu yang tepat bagi Jakarta untuk mulai mempertimbangkan data penambangan di tempat umum menggunakan sensor, aplikasi, dan aktuator.

Ini akan mewakili langkah selanjutnya dalam perjalanan kota menuju kota pintar. Mungkin prosesnya akan sedikit sulit pada awalnya, ketika aplikasi ini baru saja mulai menambang data sedikit demi sedikit.

Tetapi dengan akumulasi data, mereka benar-benar dapat mencapai lebih banyak dalam meningkatkan kualitas hidup perkotaan, terutama dalam hal lalu lintas, limbah, polusi dan keamanan.

Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about ‘Article headline’!

Related Article

15 April 2021
Visualisasi data untuk memicu pertumbuhan
Cloud & Data CenterInternational DC

Manusia dapat lebih memahami informasi yang disajikan dalam bentuk visual. Dengan menggunakan bentuk, pola, dan warna, orang dapat memahami situasi kompleks dan sulit yang nyata dengan sangat cepat.

Read More...

Artikel Populer

10 November 2020
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...

back to top