Bagaimana IoT Menimbulkan Bangunan Pintar: Pandangan Futuristik

30 Desember 2021

Bagaimana IoT Menimbulkan Bangunan Pintar: Pandangan Futuristik

Saat ini, internet of things (IoT) telah meningkatkan efisiensi dan efektivitas begitu banyak aspek kehidupan kita. Dari kehidupan sehari-hari di rumah, hingga hiruk pikuk kami di kota, hingga tugas kerja kami, semuanya telah mengadopsi IoT ke dalam sistem mereka. Dengan demikian, kami telah datang dengan label seperti "rumah pintar", "kota pintar" dan "tempat kerja pintar". Sistem "pintar" telah terbukti meningkatkan tidak hanya produktivitas tetapi juga penghuni tempat-tempat ini.


Sekarang, kita juga memiliki terminologi "bangunan pintar". Pada dasarnya, di ruang perkotaan besar, bangunan adalah lokus di mana kita menghabiskan sebagian besar waktu dan kegiatan kita. Membangun tempat-tempat yang kita tinggali, tempat kita bekerja, tempat-tempat kita belajar dan tempat-tempat kita membeli produk dan layanan yang kita butuhkan. Dengan demikian, mengintegrasikan IoT dan otomatisasi ke dalam operasi bangunan ini juga akan meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan penghuninya, jenis aktivitas apa pun yang mereka kejar dalam pengaturan ini.


Sebelum kita melanjutkan, mari kita mulai dengan penyegaran pada aplikasi dasar IoT dalam sistem "pintar" ini.


Peran IoT dalam operasi smart building

Sederhananya, IoT dan otomatisasi hanya meningkatkan skala di mana setiap operasi bisnis atau sistem berjalan, berkat kapasitas pengumpulan dan akumulasi data raksasa mereka. Oleh karena itu, analitik akan menganalisis data real-time - yang terdiri dari aktivitas manusia di dalam dan di luar gedung serta kebutuhan dan pengeluaran energi - yang mereka kumpulkan terhadap konteks dari data yang telah mereka kumpulkan lembur. Dengan besarnya data yang dapat mereka kumpulkan, keuntungan analitik terletak pada potensinya membaca data real-time terhadap konteks yang lebih besar atas tren yang bertahan lama. Dilengkapi dengan teknologi seperti itu, bangunan pintar dapat membantu para pembuat keputusan membuat keputusan dan strategi yang lebih baik tentang bagaimana mereka harus mengelola rincian operasi mereka, yang mencakup aktivitas manusia, keamanan, dan aspek lingkungan mereka. Melalui mekanisme seperti itu, IoT dan otomatisasi akan menghasilkan apa yang oleh para ahli disebut bangunan pintar "hyperaware", dengan manajemen yang lebih tepat, efisien dan efektif secara kontekstual pada aspek-aspek ini.


Masa depan bangunan pintar

Perusahaan McKinsey telah meramalkan banyak hal positif untuk masa depan bangunan pintar. Misalnya, ia memprediksi bahwa bangunan pintar akan meningkatkan produktivitas sebesar 5 persen. Pada saat yang sama, desain ulang organisasi produktivitas manusia yang dicapai oleh sistem tersebut juga dapat menghasilkan 3-4 persen peningkatan produktivitas. Memasuki lebih mendalam dalam analisis mereka, McKinsey juga memprediksi bahwa augmented reality yang disediakan oleh sistem tersebut akan menghasilkan keuntungan produktivitas 10 persen, sementara pemantauan energi harus mengurangi biaya sebesar 20 persen. Akhirnya, IoT dapat mengurangi biaya keamanan bangunan sebesar 20 hingga 50 persen berkat efisiensinya.


Bisnis juga dapat memenangkan persaingan bisnis pada tahun 2021 dengan membuat kantor mereka lebih pintar. Pandemi COVID-19 tampaknya telah memperjelas bahwa bisnis yang paling mahir untuk bertahan dalam situasi force majeure dan perubahan tren adalah bisnis yang dapat beradaptasi dengan teknologi baru. Mungkin, kerja jarak jauh masih akan terus menjadi norma pada akhir pandemi, dengan banyak pekerja bercita-cita untuk menjadi "nomaden digital" dengan lebih banyak fleksibilitas mengenai penempatan kerja. Dalam hal ini, IoT bertenaga data besar pasti akan membantu bisnis melacak alur kerja mereka dan merekam semua data penting saat mereka lewat, tidak peduli bagian mana dari negara atau bahkan dunia karyawan atau rekan mereka.


Fungsi IoT dalam operasi pembangunan hyperaware

Sebuah makalah yang dikeluarkan oleh arubanetworks.com telah menguraikan fungsi yang dilayani IoT dalam operasi pembangunan hyperaware. Fungsinya termasuk memungkinkan transformasi bisnis secara keseluruhan. Di bidang perawatan kesehatan, IoT dapat membantu konektivitas perangkat biomedis, pemantauan penduduk non-invasif, kepatuhan kebersihan tangan untuk mengurangi penyebaran penyakit, serta keterlibatan pasien yang sadar lokasi, kepatuhan dan telemedicine, antara lain.


Dalam konteks COVID-19, IoT juga dapat membantu pemantauan kepatuhan terhadap physical distancing serta protokol kesehatan dan kebersihan. Akhirnya, di bidang lingkungan, IoT dapat membantu menjaga kualitas udara yang penting di masa pandemi ini.


Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

26 September 2022
Bagaimana Big Data Membantu Anda Membuat Keputusan yang Lebih Baik

Big data memainkan peran penting di dunia, tidak hanya memengaruhi industri bisnis tetapi juga kehidupan pribadi Anda.

Read More...
1 September 2022
Peran Big Data dalam Transformasi Digital
Cloud & Data CenterCloud

Berbagai organisasi kesulitan beradaptasi dengan berbagai perubahan yang datang dari pertumbuhan digital. Tetapi data besar datang sebagai penyelamat bagi banyak pekerja.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...