Berapa banyak POP CDN yang harus saya miliki?

3 Juni 2022

Berapa banyak POP CDN yang harus saya miliki?

Cloud & Data Center Cloud 

Kebanyakan orang berpikir bahwa semakin banyak server Content Delivery Network (CDN) yang dimiliki perusahaan, semakin baik layanannya. Tapi itu tidak selalu terjadi. Hal ini dikarenakan ada banyak persyaratan yang harus Anda pertimbangkan untuk menentukan jumlah CDN yang dibutuhkan sebuah perusahaan. 

Persyaratan ini mencakup jenis konten, wilayah yang dilayani, dan pusat data Point of Presence (PoP). Tetapi sebelum mempelajari lebih lanjut tentang POP CDN, mari kita lihat sekilas apa itu dan bagaimana mereka meningkatkan bisnis Anda!

Apa itu CDN, dan bagaimana cara kerjanya? 

CDN adalah kumpulan server yang saling berhubungan untuk mendistribusikan konten dan data dari server asal di seluruh dunia. Ini menyimpan konten dan membawanya lebih dekat ke tempat setiap pengguna akhir berada. CDN membantu mempercepat aksesibilitas konten internet dari perangkat atau browser yang mendukung web. 

Layanan CDN dikembangkan untuk mengatasi masalah kemacetan jaringan yang dihasilkan dengan menyediakan konten online yang kaya seperti grafik dan video di internet — mirip dengan kemacetan lalu lintas. Ini karena butuh waktu terlalu lama untuk mendapatkan materi dari server yang terletak di pusat ke pengguna individu. Konten termasuk teks, gambar, skrip, dan file media. 

CDN juga dapat memberikan perlindungan yang lebih baik untuk situs web terhadap penjahat dunia maya dan masalah keamanan seperti ancaman penolakan layanan terdistribusi (DDoS).

Apakah Memiliki Lebih Banyak PoP Lebih Baik untuk Bisnis Saya? 

Seperti disebutkan sebelumnya, jumlah PoP yang Anda butuhkan untuk bisnis Anda tergantung pada jenis layanan Anda. Misalnya, jika Anda berurusan dengan server caching, memiliki sedikit tetapi pusat data berkinerja tinggi kemungkinan besar akan bagus. 

Lihat seperti ini. Ketika Anda memiliki banyak PoP dan pengguna mencoba mengakses konten, mereka akan diarahkan ke PoP di dekat mereka. Jika konten yang diminta baru, itu akan dirutekan ke server pusat. Hal ini menyebabkan latensi yang lebih tinggi, yang membuat lebih banyak PoP kurang bermanfaat. 

Alasan lain untuk pop CDN yang lebih sedikit dan lebih besar adalah kapasitas penyimpanan data. Di pusat data yang lebih kecil, akan ada lebih sedikit kapasitas penyimpanan untuk menyimpan data dalam cache, sehingga mereka tidak akan dapat melayani semua kueri data. Di sisi lain, pusat data yang lebih besar kemungkinan besar akan dapat menyimpan apa pun yang dicari pengguna lokal dalam cache. Ketika penundaan permintaan pertama kali dikombinasikan dengan kapasitas PoP CDN yang lebih besar, mudah untuk melihat mengapa memiliki lebih sedikit, PoP CDN berkapasitas tinggi adalah strategi yang lebih disukai. 

Bagaimana Anda Bisa Mendapatkan Keuntungan dari Banyak PoPs? 

Fakta di balik strategi multi-PoPs sangat mudah. Tidak menggunakan CDN tidak diragukan lagi tidak diragukan lagi tidak diragukan lagi bagi banyak eksekutif perusahaan dan pemilik situs web. Namun, banyak individu dan perusahaan menemukan bahwa bekerja dengan banyak penyedia seringkali merupakan pendekatan CDN yang menawarkan hasil yang lebih baik. Selain itu, penyedia CDN yang berbeda memberikan hasil yang berbeda-beda. Akibatnya, organisasi besar dengan pengikut online besar-besaran mengandalkan strategi multi-PoPs untuk memastikan audiens global mereka secara teratur membaca konten mereka. 

Berikut adalah beberapa cara lain untuk mendapatkan keuntungan dari memiliki banyak PoPs;

● Jangkauan distribusi konten Anda yang lebih tinggi

● Tawarkan lebih banyak spesialisasi untuk berbagai jenis konten 

● Harga yang lebih baik untuk berbagai wilayah 

● Menawarkan kinerja geo-lokal yang lebih baik. 


Meskipun memiliki banyak PoP dapat menguntungkan bisnis Anda, itu tidak selalu menjamin hasil yang baik. Mungkin jauh lebih baik untuk memiliki beberapa CDN berkapasitas tinggi yang dapat menyimpan lebih banyak data dan memiliki latensi yang lebih sedikit. 


Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about ‘Article headline’!

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...