Big Data Analytics di era 5G

24 September 2021

Big Data Analytics di era 5G

Loading...

Di dunia di mana ada frekuensi penggunaan internet yang sangat tinggi, semua orang menghasilkan data. Dari makanan yang kami unggah ke media sosial kami hingga kondisi medis yang direkam oleh peralatan medis, ini adalah gelombang data yang sangat besar yang perlu diunggah, ditranskripsi, diakses, dan dianalisis, maka frasa buzz "Big Data".

Dengan kata lain, Big Data mengacu pada keadaan di mana ada sejumlah besar data yang dihasilkan oleh pengguna dan dianalisis oleh penyedia layanan dan barang.

Dan produksi data hanya menjadi lebih besar untuk setiap tahun yang berlalu. Sebagai aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan, pengguna WhatsApp di seluruh dunia mengirim sekitar 65 miliar pesan setiap hari.

Lebih dari 3,5 miliar pencarian harian dilakukan di Google. Pada 2021, 2,5 juta konten diunggah ke Instagram setiap menit. Selama beberapa dekade terakhir, interaksi data telah mencapai 5000%. Sejumlah besar data bisa sangat berguna untuk pengembangan bisnis dan urusan pemerintah.

Gunakan Kasus Big Data

Saat ini, ada berbagai penggunaan data besar. Salah satu penggunaan data besar yang paling banyak dikenal adalah media sosial dan analisis berita, yang telah digunakan oleh banyak bisnis di seluruh dunia.

Data yang dihasilkan pelanggan dari penggunaan internet mereka dapat memberikan banyak wawasan bagi bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka dengan lebih baik, yang mengarah ke retensi dan citra merek yang lebih baik.

Selain itu, analisis media sosial tentang tren saat ini dan masa depan juga telah membantu bisnis menjadi lebih ketahanan dalam mengembangkan diri.

Baca juga: Terapkan Big Data di Organisasi Anda, Sekarang Saatnya!

Tetapi data besar tidak terbatas pada analisis media sosial. Ada analisis video untuk mencegah dan penanggulangan kemungkinan ancaman. Realitas virtual telah memungkinkan pengguna untuk secara virtual menjelajahi lokasi dengan pengalaman mendalam.

Selain itu, ada juga IoT (Internet-of-Things), yang telah memberikan bantuan besar dalam memantau sistem air, energi pintar, dan parkir pintar.

Meskipun data besar telah berlangsung untuk sementara waktu sejak penggunaan internet tersedia untuk umum, perubahan besar akan segera terjadi.

5G: Pengganggu Besar dan Game-Changer

Teknologi 5G tepat di depan pintu kami, dan itu akan mengubah data besar selamanya. Sebagai permulaan, kecepatan koneksi 5G akan 20 kali lebih cepat dari 4G, mencapai hingga 20 GB per detik secara teori.

Akibatnya, akan jauh lebih mudah dan lebih cepat untuk konten yang akan dihasilkan, yang mengarah ke tingkat yang lebih cepat dari generasi data. Kebutuhan akan pakar analisis data, sistem dan infrastruktur yang andal, kemudian, juga akan meningkat secara signifikan setelah 5G sepenuhnya menyadari potensinya dan membuat semuanya sangat cepat.

Pada saat yang sama, 5G juga akan membawa latensi rendah dan konektivitas cepat untuk infrastruktur data, membuat analitik data besar lebih cepat dan paling mudah diakses untuk bisnis.

Baca juga: 5G dan Cloud Computing: Apa yang Diharapkan

Dengan sistem teknologi mutakhir seperti "mengiris jaringan", penyedia layanan akan dapat memperoleh wawasan yang lebih baik sambil mengelola data yang akan mereka peroleh, proses, dan analisis dengan lebih baik.

Meskipun demikian, sejumlah besar data akan terbukti merepotkan bagi layanan bisnis jika tidak ditangani dengan baik. Dengan demikian, penting untuk berkolaborasi dengan penyedia data besar yang andal di era 5G.

Apa yang bisa kita tawarkan

Sebagai bisnis mempersiapkan diri untuk 5G, kami juga terus meningkatkan diri untuk memenuhi kebutuhan Anda. Dengan berkolaborasi dengan kami, analitik data besar akan aman, gesit, mudah, dan efisien untuk bisnis Anda. Kami menyediakan alat analisis data besar terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda tanpa biaya tambahan, dan alat kami memungkinkan penyedia bisnis untuk mengakses data dengan mudah. Untuk informasi lebih lanjut, jangan ragu hubungi kami di marketingdws@telkom.co.id karena kami akan lebih dari senang untuk menjawab pertanyaan Anda.

Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about ‘Article headline’!

Related Article

15 April 2021
Visualisasi data untuk memicu pertumbuhan
Cloud & Data CenterInternational DC

Manusia dapat lebih memahami informasi yang disajikan dalam bentuk visual. Dengan menggunakan bentuk, pola, dan warna, orang dapat memahami situasi kompleks dan sulit yang nyata dengan sangat cepat.

Read More...

Artikel Populer

10 November 2020
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...

back to top