Cara Meningkatkan Produktivitas Tim Anda di 2022

11 Januari 2022

Cara Meningkatkan Produktivitas Tim Anda di 2022

Bulan pertama tahun 2022 ada di sini, dengan semua tujuan baru, proyek, dan mungkin organisasi tim. Ketika kita semua memasuki tahun baru dengan harapan dan harapan, para pemimpin bisnis juga ingin menyaksikan perubahan positif dalam organisasi mereka. Jika Anda mengelola bisnis atau memimpin tim, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana Anda bisa meningkatkan moral tim untuk kuartal pertama 2022. Ketika Anda mengevaluasi kinerja anggota tim Anda, Anda juga perlu memikirkan cara-cara untuk memotivasi mereka secara positif. Kami memahami bahwa memotivasi karyawan bisa menjadi pekerjaan yang sulit, jadi berikut adalah lima tips untuk meningkatkan produktivitas tim Anda pada tahun 2022.


1. Tetapkan Tujuan yang Jelas

Mengukur produktivitas dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah melihat berapa banyak proyek yang diselesaikan. Jika tim Anda dapat menyelesaikan proyek dengan sukses dan tepat waktu, itu berarti tim Anda cukup produktif. Oleh karena itu, sejak awal, pemimpin harus menetapkan tujuan yang jelas sehingga produktivitas tim dapat diukur. Bahkan, tujuan proyek yang tidak jelas dapat mengakibatkan produktivitas yang terbuang atau rendah, karena tujuan yang tidak jelas menyebabkan 37% proyek bisnis gagal, menurut PMI Pulse of the Professional. Sebaliknya, tujuan yang jelas ditemukan untuk meningkatkan produktivitas sebesar 11 - 25%, menurut penelitian oleh Latham dan Locke.


2. Memberikan Umpan Balik yang Konstruktif

Anggota tim Anda mungkin ingin menerima umpan balik lebih dari yang Anda pikirkan. Menurut Officevibe.com, 96% pekerja akan senang mendapatkan umpan balik reguler. Selama tinjauan kinerja, memberikan umpan balik adalah kesempatan terbaik untuk meningkatkan produktivitas anggota tim Anda, selama umpan balik relevan, konstruktif, dan positif. Hal ini juga didukung oleh penelitian, karena para peneliti menemukan umpan balik yang berguna dapat menyebabkan peningkatan produktivitas sebesar 16%. Umpan balik yang diberikan dengan akurasi dan konsistensi juga dapat meningkatkan 8% moral karyawan Anda, membuat mereka merasa puas dengan pekerjaan mereka.


3. Membangun Sistem Peer

Berbicara tentang umpan balik yang konstruktif, tidak ada orang yang lebih baik bagi seorang karyawan untuk menerima umpan balik dari rekan-rekan mereka. Oleh karena itu, jika Anda perlu meningkatkan produktivitas tim Anda, Anda dapat membangun sistem rekan yang sehat di mana anggotanya dapat melakukan umpan balik dan pembinaan rekan. Dalam Medium.com, Oview bahkan menemukan bahwa hierarki dapat menjadi hambatan bagi produktivitas.  Lagi pula, potensi karyawan terkadang dapat lebih dikenal oleh rekan-rekannya. Selain itu, sistem peer yang baik dapat menjadi lingkaran pendukung bagi karyawan, meningkatkan ketahanan mereka ketika ada faktor-faktor yang dapat menurunkan produktivitas mereka.


4. Mengakui Prestasi

Sudahkah Anda memberikan kredit yang cukup kepada karyawan Anda? Officevibe.com melaporkan bahwa 63% karyawan tidak merasa bahwa mereka menerima pengakuan yang cukup. Bahkan, salah satu alasan utama mengapa orang meninggalkan pekerjaan mereka adalah karena mereka merasa kurang dihargai. Deloitte menemukan bahwa mengakui kerja keras dan prestasi karyawan Anda dapat meningkatkan keterlibatan, kinerja, dan produktivitas sebesar 14%. Selain itu, mengakui karya-karya karyawan pekerja keras juga dapat menciptakan lingkaran positif untuk produktivitas, karena 92% pekerja yang mendapatkan pengakuan atas tindakan tertentu lebih cenderung bertindak dengan cara yang sama, menurut Apollo Technical.


5. Memahami Tim Anda

Last but not least, para pemimpin besar akan mencoba memahami kebutuhan tim mereka, terutama ketika moral dan produktivitas mereka rendah. Dalam kasus pengukuran kinerja, Anda mungkin ingin bertanya kepada karyawan Anda tentang aspek atau ulasan seperti apa yang mereka butuhkan. Jika perlu, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk melewatkan tinjauan kinerja sama sekali, karena beberapa statistik menunjukkan bahwa waktu yang diinvestasikan untuk penilaian kinerja tidak sepadan. Menurut SyncHR, hanya 20% karyawan yang mengharapkan manajer mereka untuk memberikan umpan balik positif, dan 88% manajer berpikir bahwa waktu yang digunakan untuk tinjauan kinerja dapat digunakan untuk sesuatu yang lain.


Ketika datang untuk meningkatkan produktivitas tim Anda pada tahun 2022, ada banyak faktor yang perlu diperhitungkan. Secara singkat, ini adalah masalah sikap positif yang dapat Anda bawa ke tim Anda, karena peningkatan positif dalam produktivitas hanya dapat dimulai dengan pandangan positif. Memotivasi anggota tim Anda dapat dilakukan dalam banyak cara. Dalam kasus tinjauan kinerja, kami percaya bahwa cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan melakukan lima tindakan utama yang disebutkan di atas: menetapkan tujuan yang jelas, berbagi umpan balik positif & relevan, menciptakan sistem pendukung, mengakui pekerjaan tim Anda, dan memahami apa yang dibutuhkan tim Anda.


Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

16 Februari 2022
Alat Kolaborasi yang Harus Dimiliki di 2022

Selama dekade terakhir, kita telah menyaksikan evolusi tempat kerja. Sistem hierarkis menjadi usang. Kantor kreatif telah berkembang di mana-mana di seluruh dunia.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...