Cloud Gaming dan Konektivitas

26 Agustus 2022

Cloud Gaming dan Konektivitas

Cloud & Data Center Cloud 

Teknologi cloud gaming telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Lebih banyak inovasi seperti AI, 5G, dan CDN terus mendukung cloud gaming.

Tetapi ada beberapa tantangan yang dihadapi platform seperti Telco dan ISP saat mereka berkutat untuk membuat teknologi cloud gaming menjadi lebih baik. Di sini, kita akan berbicara tentang cloud gaming sebagai pengiriman perangkat lunak game di masa depan, tantangan khusus game untuk Telco dan ISP, dan konektivitas sebagai kunci untuk cloud gaming.

Cloud Gaming sebagai Pengiriman Perangkat Lunak Game Generasi Berikutnya

Di tahun 2022, industri game online yang luas akan terus berkembang pesat. Itu karena meningkatnya jumlah pemain dari banyak game dan cloud gaming. Teknologi baru ini terus membuat sektor game fleksibel bagi pengguna dan penyedia layanan.

Cloud gaming memungkinkan penyedia layanan untuk menjalankan game menggunakan server jarak jauh kepada pelanggan. Selain itu, karena game terus memiliki grafis dan tuntutan yang lebih baik, cloud gaming memungkinkan pengguna untuk menikmati waktu mereka pada perangkat keras yang kurang kuat. Anda bahkan dapat memainkan game favorit Anda di smart TV, Tablet, iPad, dan smartphone melalui cloud.

Menurut sebuah studi oleh Omdia,  cloud gaming diperkirakan akan tumbuh dari 1% dari pengeluaran konsumen global pada tahun 2020 menjadi 7,5% pada tahun 2024. Angka-angka menunjukkan bahwa langganan cloud gaming dan game akan menarik banyak pengguna bahkan jika mereka mendapatkan penghasilan yang lebih sedikit. 

Tantangan Khusus Game untuk ISP dan Telco

Telco dan ISP dapat menarik banyak pelanggan baru dan lebih banyak pendapatan setelah mengatasi beberapa tantangan. Berikut adalah masalah yang harus diselesaikan oleh ISP dan Telco.

1. Memilih antara KPI dan Komitmen Lokal Vs. end-to-end

Perusahaan telekomunikasi dan ISP juga merasa sulit untuk memilih antara KPI, lokal, dan komitmen. Jaringan rumah lokal lebih mudah dikelola karena mereka menciptakan lalu lintas yang tinggi. Penyedia lain lebih memilih koneksi ujung ke ujung karena tampaknya lebih berharga. Jaringan lokal, komitmen, dan KPI end-to-end harus menyediakan layanan berkualitas untuk mengatasi masalah ini.

2. Ketahui Lalu Lintas Game

Dengan teknologi yang terus berkembang, tidak mudah untuk menemukan dan mengasingkan lalu lintas game dari yang lain tanpa mengganggu alur permainan. Penyedia game dapat menghapus lalu lintas internet, video, dan suara. 

3. Jelaskan Aturan Perlakuan Lalu Lintas yang Homogen

Game hadir dengan berbagai fitur dan aturan teknis untuk membantunya berfungsi. Aspek ini menjadi tantangan bagi kelancaran fungsi platform Telco dan ISP. Beberapa penyedia game memiliki infrastruktur unik mereka.

Sebagian besar game bergantung pada layanan cloud standar untuk memberikan layanan mereka kepada pelanggan. Platform cloud yang berbeda ini membuatnya sulit untuk mengelola lalu lintas game. Jadi, ISP, dan Telco harus menyetujui peraturan lalu lintas serupa untuk memudahkan pemantauan. 

Contoh Konektivitas dan Teknologi yang Digunakan dalam Cloud Gaming

Saat ini, sebagian besar penyedia layanan game tinggal di jaringan 5G, CDN, Edge, dan Artificial Intelligence (AI). Untuk membuat cloud gaming sukses. 5G akan mematikan lag dan memberikan latensi rendah untuk game. CDN akan meningkatkan konektivitas untuk layanan cloud gaming melalui caching yang lebih baik dan alat analitik yang fantastis.

Infrastruktur edge menyediakan cloud gaming dengan pengalaman berkualitas tinggi dan tanpa lag. AI memberikan latensi rendah dan waktu bermain game yang lancar bagi pengguna dan penyedia layanan. 

Konektivitas sebagai Kunci Cloud Gaming

Agar cloud gaming berhasil, harus ada konektivitas internet yang cepat, terjangkau, dan lancar. Ini tetap menjadi kemunduran utama bagi kesuksesan cloud gaming. Penyedia layanan game berkutat pada cloud pusat yang membuat game tertinggal, terutama bagi pengguna yang berada jauh dari pusat data.

Sebagian besar penyedia layanan web berencana untuk meningkatkan wilayah pusat data mereka, terutama yang memiliki platform pemrosesan yang lebih kecil. Langkah ini mendukung bisnis yang bekerja sangat baik dengan latensi, seperti cloud gaming, untuk melakukannya dengan baik. 

Konektivitas sangat penting untuk pertumbuhan industri cloud gaming saat ini. Koneksi seperti Edge, CDN, 5G, dan penggunaan AI membuat server cloud berfungsi dengan baik. ISP dan Telco menghadapi masalah sehingga penyediaan layanan game mereka menjadi sulit. Dengan koneksi jaringan yang sangat baik, berharap cloud gaming menjadi hub bagi sebagian besar gamer.


Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about Cloud & Data Center Article!

Artikel Terkait

28 November 2022
Mengubah Infrastruktur Konektivitas Anda dengan Solusi SD-WAN

Solusi SD-WAN dapat membantu Anda mengubah infrastruktur konektivitas Anda dan menyediakan konektivitas berkecepatan tinggi, aman, dan andal ke situs jarak jauh Anda.

Read More...
21 November 2022
Cloud Computing di Era Pembayaran Digital
Cloud & Data CenterCloud

Penggunaan transaksi digital menjadi lebih populer daripada pembayaran tunai pada tahun 2020. Tetapi mode pembayaran terus meningkat dengan bantuan teknologi cloud.

Read More...

Artikel Populer

29 Desember 2021
Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box

Read More...