Cloud Gaming untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak

30 September 2022

Cloud Gaming untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak

Cloud & Data Center Cloud 

Menurut para peneliti, banyak waktu yang dihabiskan untuk bermain video game dapat meningkatkan kecerdasan anak. Jika Anda adalah orang tua, Anda mungkin menganggap ini kontradiksi karena bermain game dianggap sebagai kebiasaan buruk bagi pikiran muda. Namun, mungkin ada kekurangan dan manfaatnya.

 Waktu layar memiliki dampak positif pada kecerdasan. Ini memungkinkan anak-anak untuk beradaptasi dengan situasi baru dengan cepat, bernalar, memahami ide-ide kompleks, dan belajar secara efektif. Karena, rata-rata, anak-anak menghabiskan 1 jam bermain video game, setengah jam di media sosial, dan 2,5 jam menonton TV setiap hari, kecerdasan mereka telah berubah seiring waktu.

Juga, penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang bermain video game selama satu jam mendapat skor kecerdasan yang lebih tinggi daripada mereka yang bermain lebih sedikit. Oleh karena itu, artikel ini membahas dampak waktu layar pada kecerdasan dan hasil dari peningkatan kecerdasan karena video game dan aktivitas seperti menonton TV dan media sosial.

Efek waktu layar pada Kecerdasan

Setelah melakukan beberapa penelitian tentang efek screen time pada kecerdasan anak-anak, para ilmuwan menemukan bahwa game memiliki dampak positif dibandingkan dengan aktivitas lainnya. Di bawah ini adalah hasilnya:

Hasil dari peningkatan kecerdasan karena video game

Mereka menunjukkan bahwa sebagian besar anak-anak pada sepuluh tahun memperoleh kecerdasan setelah dua tahun bermain video game, baik perempuan maupun laki-laki. Misalnya, seorang anak yang menghabiskan 17% jam bermain game memiliki kecerdasan (IQ) yang lebih tinggi sekitar 2,5 poin selama dua tahun dibandingkan dengan rata-rata anak.

Sementara sebuah penelitian sebelumnya berpendapat bahwa bermain video game dapat membusuk pikiran anak, penelitian ini berpendapat sebaliknya. Ia menemukan bahwa video game jam demi jam dapat meningkatkan otak anak.

Hasil dari peningkatan kecerdasan kegiatan lain (media sosial & menonton TV)

Mengenai jenis kegiatan layar lainnya, penelitian menemukan sesuatu yang berbeda. Misalnya, menggunakan platform media sosial tidak mempengaruhi kecerdasan setelah dua tahun. Berjam-jam seorang anak menghabiskan waktu untuk berkirim pesan, dan Instagramming tidak meningkatkan kecerdasan mereka dan juga tidak merugikan otak mereka.

Terakhir, menonton video online dan program TV menyajikan hasil positif dalam salah satu dari banyak analisis. Namun, ketika pendidikan orang tua dipertimbangkan, tidak ada efeknya. Oleh karena itu, temuan ini dapat diabaikan. Beberapa studi empiris menunjukkan bahwa menonton konten TV dan video berkualitas tinggi dapat berdampak positif pada kinerja sekolah dan keterampilan kognitif anak. Tetapi hasil ini ditemukan dalam kasus yang jarang terjadi.

Meskipun hasil ini tidak memberikan semua aspek psikologis, Anda tidak perlu kehilangan akal sehat atas anak-anak yang suka bermain game karena itu membuat mereka lebih cerdas.

 

Seperti yang telah ditemukan oleh para peneliti, waktu layar untuk anak-anak yang suka bermain game tidak serta merta mengganggu kemampuan kognitif mereka. Sebaliknya, bermain video game meningkatkan kecerdasan mereka dan menguntungkan mereka dalam beberapa cara lain. Namun, Anda mungkin ingin lebih waspada pada aktivitas layar lain seperti media sosial, menonton TV, dan konten video.

Apakah Anda ingin mencoba layanan game berbasis cloud untuk sekolah Anda tetapi tidak yakin harus mulai dari mana? Gameqoo menawarkan game berkualitas. Kunjungi halaman kami untuk mempelajari lebih lanjut.


Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about Cloud & Data Center Article!

Artikel Terkait

21 November 2022
Cloud Computing di Era Pembayaran Digital
Cloud & Data CenterCloud

Penggunaan transaksi digital menjadi lebih populer daripada pembayaran tunai pada tahun 2020. Tetapi mode pembayaran terus meningkat dengan bantuan teknologi cloud.

Read More...

Artikel Populer

29 Desember 2021
Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box

Read More...