Cloud Gaming vs Gaming Konvensional: Inilah Kelebihannya!

9 November 2022

Cloud Gaming vs Gaming Konvensional: Inilah Kelebihannya!

Pesatnya perkembangan cloud gaming sangat luar biasa di industri saat ini. Cloud gaming adalah masa depan dari bisnis hiburan. Mari kita kupas kelebihan cloud gaming dalam artikel ini.

Apa iya, cloud gaming akan menyaingi popularitas konsol seperti Xbox, Playstation, atau Nintendo? Di mata customer, menikmati pengalaman bermain game di cloud maupun konsol adalah ibarat seorang penikmat kopi yang rutin membeli kopi di kedai, meski ia juga memiliki mesin kopi yang sangat bagus di rumah. Kedua pengalaman itu berbeda dan menjadi opsi di situasi yang berbeda. Bahkan ketika seorang gamer memiliki konsol, bukankah mereka juga  bermain di smartphone saat jauh dari rumah?

Cloud gaming, kerap disebut juga Games as a Service (GaaS), memudahkan customer karena semua konten game dialirkan ke perangkat yang mereka gunakan, tanpa perlu membeli konsol khusus. Pengguna dapat memainkan game dari mana saja dan di perangkat apa saja (Ponsel, TV, PC, dll) tanpa perlu berinvestasi dalam perangkat keras yang mahal. Inilah era demokratisasi gaming!

Cloud gaming menawarkan pengalaman yang jauh lebih nyaman daripada game console tradisional dalam berbagai cara. Inilah kelebihan cloud gaming:

  • Cloud gaming dapat dimainkan di banyak perangkat tanpa kehilangan progress permainan Anda di perangkat lain. Misalnya, jika customer Anda memainkan layanan cloud gaming di TV rumahnya, ia bisa  melanjutkan permainannya di ponsel saat harus bepergian. Cloud gaming juga mendukung input sentuh serta perangkat pendukung permainan lainnya.
  • Cloud gaming menghilangkan kebutuhan untuk menginstal game dan pembaruan konten. Saat Anda memilih game di layanan cloud, Anda dapat mengharapkannya tersedia dengan versi terbaru dan siap dimainkan hanya dalam beberapa detik. Beralih ke laptop baru atau beli televisi lain? Tidak masalah, karena Anda dapat langsung mulai memainkan game tanpa perlu menginstalnya di perangkat baru.

Cloud gaming menggunakan perangkat keras di server jarak jauh, artinya resolusi atau kinerja game Anda tidak didasarkan pada perangkat yang Anda gunakan. Anda akan mendapatkan pengalaman dasar yang sama bermain game di televisi Anda dibandingkan dengan ponsel atau tablet Anda, dan jauh melampaui apa yang dapat dijalankan oleh perangkat tersebut secara lokal. Yang penting, ada koneksi internet yang stabil di area Anda.

Cloud gaming tidak hanya merupakan bentuk hiburan yang hebat dan relatif murah bagi para gamer. Ini juga merupakan lautan keuntungan dan peluang baru bagi perusahaan di berbagai industri.

Perusahaan telekomunikasi, industri perhotelan, platform hiburan, dan banyak lagi, jangan sampai ketinggalan menyajikan cloud gaming dalam layanan Anda dan memanfaatkan potensinya untuk tetap kompetitif.

Bayangkan saja bagaimana sebuah hotel bisa mendapatkan keuntungan dari platform cloud gaming. Berinvestasi dalam konsol untuk setiap kamar hotel adalah biaya yang terlalu tinggi bagi sebagian besar pelaku bisnis perhotelan. Namun, biaya bulanan yang tetap dan nyaman untuk menggunakan platform cloud gaming adalah cara yang bagus untuk menghemat banyak uang dan memberikan hiburan yang luar biasa bagi para tamu.

Sudah siap untuk hadirkan kelebihan cloud gaming di bisnis Anda? Hubungi Telkom DWS sekarang!

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

29 Desember 2021
Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box

Read More...