Cloud sebagai Salah Satu Transformasi Digital

25 Juli 2022

Cloud sebagai Salah Satu Transformasi Digital

Pada tahun 2022, sektor Teknologi Informasi memiliki banyak tren besar yang membuatnya lebih menarik. Cloud computing adalah salah satu tren yang telah membawa banyak pertumbuhan digital di bidang TI, terutama bagi para Telcos.

Banyak penyedia layanan yang telah mengadopsi teknologi cloud menuai keuntungan besar. Jadi, di sini, berharap untuk melihat transformasi digital pada tahun 2022, peran cloud di sektor penyediaan layanan telekomunikasi, dan bagaimana cloud adalah aliran pendapatan baru bagi penyedia layanan.

Transformasi Digital 2022

Sejak awal pandemi COVID-19, transformasi digital berkembang pesat. Banyak bisnis sekarang beradaptasi dengan perubahan yang datang dengan transformasi ini untuk tetap berada di puncak tangga lagu.

Perubahan tersebut disebabkan oleh tren seperti cloud, Internet of Things (IoT), model kerja hybrid, kebijakan privasi terbuka, teknologi blockchain, dan AI. Tren ini akan terus berkembang pada tahun 2022, sehingga perusahaan seharusnya tidak mengharapkan perubahan segera melambat. Ingat, perubahan TI datang sebagai respons terhadap gaya hidup COVID-19 dari tahun 2020 hingga hari ini.

Menurut laporan Institute for Business Value (IBV), 60% organisasi berinvestasi lebih banyak dalam perubahan teknologi digital karena pandemi. Selain itu, lebih dari setengah organisasi di dunia mengubah strategi TI mereka pada tahun 2020. Keberhasilan adopsi dan implementasi teknologi yang sedang tren seperti cloud, IoT, dan AI akan membantu bisnis menyesuaikan diri dengan baik dengan pertumbuhan digital.

Bisnis tidak akan transit dengan baik pada tahun 2022 tanpa mereka memiliki operasi bisnis yang tepat dan modern. Jadi, setiap perusahaan harus memiliki visi yang jelas, koneksi yang stabil, pengalaman pelanggan yang ideal, internet cepat, dan berada di puncak permainan inovasi digital. Langkah tersebut akan membantu bisnis tumbuh karena mereka beradaptasi dengan baik dengan kebutuhan pasar digital yang terus berubah.

Ini tidak akan terjadi dalam semalam jika Anda ingin organisasi Anda beradaptasi dengan perubahan ini pada tahun 2022. Harus ada perubahan lambat dalam budaya dan bakat organisasi untuk mempersiapkan setiap karyawan untuk masa depan.

Peran Cloud dalam Industri Telekomunikasi bagi Penyedia Layanan

Saat ini, teknologi cloud telah memberikan banyak peluang yang akan membuat Telco dan ISP berkembang. Penyedia layanan sekarang mengemas ulang kemampuan hosting dan jaringan agar sesuai dengan dunia cloud. Perusahaan komputasi awan sekarang bekerja dengan Telcos untuk merancang rencana untuk sektor-sektor seperti kesehatan dan keuangan yang membutuhkan teknologi canggih untuk berjalan pada tahun 2022.

Selain itu, teknologi cloud telah membuat Telcos menjadi broker cloud dengan menyediakan layanan cloud yang lancar. Selain itu, perusahaan telekomunikasi dapat menjadi enabler layanan cloud dengan memberikan banyak aset seperti API dan analitik data. Peran seperti itu di sektor TI memungkinkan Telcos untuk meningkatkan layanan cloud mereka setiap hari dan bekerja dengan baik dengan perusahaan pihak ketiga.

Cloud sebagai Aliran Pendapatan Baru untuk Penyedia Layanan

Melalui cloud, banyak penyedia layanan di sektor TI memiliki peluang untuk mendapatkan lebih banyak pendapatan. Langkah ini dilakukan melalui berbagai cloud enabler yang menghadirkan inovasi cloud. Saat ini, skalabilitas cloud memungkinkan Telcos untuk meningkatkan atau mengurangi aktivitas mereka karena mereka memanfaatkan banyak peluang pertumbuhan.

Kemampuan beradaptasi dan variabilitas pasarnya membantu Telcos beradaptasi dengan baik terhadap banyak pelanggan dan permintaan pasar, memungkinkan mereka menghasilkan lebih banyak uang saat mereka tumbuh. Kompleksitas dan variabilitas teknologi ini akan memungkinkan Telcos untuk mengubah layanan mereka sambil menyenangkan pelanggan mereka.

Fleksibilitas dengan sebagian besar infrastruktur cloud telah membuatnya terjangkau bagi penyedia layanan untuk menjalankannya. Menggunakan server cloud jarak jauh telah memotong pengeluaran perusahaan untuk perangkat lunak, perangkat keras, dan penyimpanan data yang sangat besar. Selain itu, konektivitas ekosistem cloud, seperti melalui 5G, akan menjadi kemenangan bagi penyedia layanan.

Banyak perubahan yang terus berdatangan dari transformasi digital 2022. Bisnis yang beradaptasi dengan baik dengan teknologi baru akan tetap sukses. Cloud telah memudahkan banyak penyedia layanan Telekomunikasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan mereka. Lebih banyak pendapatan datang ke Telcos karena teknologi cloud pada tahun 2022. Anda dapat mempelajari lebih lanjut dengan mengunjungi halaman neuCloud kami di sini.

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...