Colocation Data Center untuk Memaksimalkan Industri Game Lokal

15 October 2020

Colocation Data Center untuk Memaksimalkan Industri Game Lokal

Loading...

Meskipun industri game di Indonesia telah dianggap menjanjikan sejak sekitar sepuluh tahun yang lalu, potensinya jelas telah berkembang lebih cepat dalam beberapa tahun terakhir. Lebih dari 40 juta orang di Indonesia adalah gamer aktif, dengan mobile gaming menjadi sektor domi0t dalam hal pendapatan. Menurut perusahaan riset pasar game Newzoo, pada tahun 2018, orang-orang di Indonesia menghabiskan total $ 1,1 miliar untuk game, menjadikannya salah satu pasar game terbesar di Asia Tenggara.

Karena telah mendorong munculnya peluang di berbagai industri, pandemi COVID-19 juga telah menciptakan peluang besar bagi pengembang game lokal kami. Sejak pandemi dimulai, telah terjadi peningkatan 10-20% dalam pertumbuhan pengembang game Indonesia menurut data yang diterbitkan oleh Asosiasi Game Indonesia (AGI).

Membawa Keluar Pengalaman Pelanggan
Gamer sekarang dianggap sebagai target pasar tertentu di berbagai industri lokal yang banyak merek, terutama yang inti bisnisnya mendukung industri game, telah memutuskan untuk berkolaborasi dengan pengembang game dan membuat produk khusus untuk mereka. Beberapa penyedia layanan Internet, seperti Indihome, meluncurkan paket bundling khusus untuk gamer, memberikan manfaat dan fitur khusus termasuk aksesori dalam game. Tahun lalu, salah satu merek kopi lokal paling populer, Torabika, juga menawarkan skin in-game edisi terbatas Mobile Legend sebagai bonus untuk membeli produk mereka.

Industri game adalah tentang memberikan pengalaman pelanggan terbaik, jadi yang penting bagi pengembang game adalah kemampuan untuk menafsirkan apa yang dibutuhkan pelanggan dan menggabungkan ide dengan teknologi untuk mewujudkan kebutuhan ini.

Permainan yang Bagus, Infrastruktur yang Baik
Saat ini, karena lebih banyak layanan game utama telah memilih untuk menggunakan teknologi cloud dan beralih ke model streaming, pelanggan sangat bergantung pada kinerja jaringan, sehingga sangat penting bagi industri. Jika ada satu hal yang paling dibenci gamer, itu adalah lag atau secara profesional dikenal sebagai latensi, penundaan yang dibuat oleh waktu yang dibutuhkan konten untuk melakukan perjalanan dari satu titik dalam jaringan ke yang lain. Latensi jaringan yang tinggi menyebabkan tampilan dan kontrol yang lamban dan tidak responsif, mengganggu gameplay normal dan mengganggu mereka yang bermain.

Untuk meminimalkan latensi jaringan, perusahaan pengembangan game membutuhkan infrastruktur pusat data, terutama yang memiliki arsitektur, penggunaan teknologi, dan manajemen lingkungan yang tepat. Untuk cloud gaming, game yang sebenarnya disimpan dari jarak jauh di cloud, sehingga sinyal streaming yang dikirim ke pengguna akhir dan sinyal input yang kembali ke server harus sangat cepat untuk menghindari menghasilkan lag.

Pusat data colocation dilengkapi dengan teknologi canggih, seperti arsitektur edge computing, dan mampu secara fisik memperpendek jarak konten game dan data harus melakukan perjalanan. Salah satu kemungkinan adalah bagi penyedia cloud gaming untuk menempatkan server di beberapa fasilitas colocation di berbagai wilayah dan cache konten mereka yang paling populer langsung dari fasilitas. Selain itu, colocation data center juga mampu meningkatkan kepadatan rak server mereka untuk dapat mengakomodasi beban kerja pemrosesan yang lebih besar.

Meminimalkan latensi jaringan harus menjadi salah satu fokus perusahaan pengembangan game untuk memastikan pengalaman pelanggan terbaik dan, dengan demikian, meningkatkan kepercayaan pada merek dan produk mereka. Dengan pasar sebesar apa yang kita lihat sekarang dan pertumbuhan industri yang signifikan selama beberapa tahun terakhir, tidak mungkin bagi pengembang game untuk tidak hati-hati memikirkan fasilitas pusat data mereka sebagai instrumen untuk memastikan kinerja jaringan yang andal. Kombinasi dari banyak keuntungan, seperti rak server kepadatan tinggi, efisiensi daya dan pendinginan, opsi konektivitas yang tepat, dan lingkungan netral operator, adalah alasan mengapa fasilitas pusat data colocation telah menjadi alternatif yang bijaksana bagi penyedia layanan cloud gaming untuk memastikan game berkinerja tinggi.

Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about ‘Article headline’!

Related Article

15 October 2020
Pentingnya Keamanan dan Kesederhanaan Data Center untuk Bisnis

Pentingnya Keamanan dan Kesederhanaan Data Center untuk Bisnis

Read More...

Artikel Populer

10 November 2020
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...

back to top