Dampak 5G pada Pengembangan SMS A2P di 2022: Kemajuan &Prediksi

12 Januari 2022

Dampak 5G pada Pengembangan SMS A2P di 2022: Kemajuan &Prediksi

Cloud & Data Center Cloud 

Berapa banyak 5G akan mengubah dunia? Banyak. Pada 2019, Visual Capitalist memperkirakan bahwa kedatangan 5G secara global akan menghasilkan $ 13,2 triliun aktivitas penjualan pada tahun 2035. Dari manufaktur hingga grosir, semua industri akan menyaksikan ratusan miliar transaksi. Sebagai peningkatan yang signifikan dari 4G, 5G akan membuat semuanya jauh lebih cepat, dan tentu saja, lebih efisien. Meskipun prediksi mengatakan bahwa manfaat 5G hanya dapat direalisasikan beberapa tahun dari sekarang, aman untuk mengatakan bahwa gerakan telah ditetapkan. Dan salah satu sektor yang akan terpengaruh adalah SMS A2P.


SMS A2P: Statistik dan Prediksi Saat Ini untuk 2022

Untuk memahami berapa banyak 5G akan mempengaruhi SMS A2P, kita harus melihat keadaan industri saat ini, bersama dengan prediksi untuk SMS A2P pada tahun 2022. Secara umum, SMS A2P akan berlama-lama dan tetap relevan, karena memfasilitasi komunikasi yang mudah antara bisnis dan pelanggan. Tidak hanya akan A2P SMS tinggal, sarana komunikasi ini juga akan tumbuh di banyak daerah. Di antaranya, 3 bidang pertumbuhan terutama menonjol. Ini adalah lalu lintas &volume, penggunaan rute putih, dan pendapatan.


1. Lalu Lintas dan Volume

Tak perlu dikatakan, lalu lintas dan volume SMS A2P akan meningkat secara signifikan karena permintaan meningkat sepanjang tahun, dan benua terkemuka untuk lalu lintas SMS A2P adalah Asia. Juniper Research menemukan bahwa pesan A2P yang dikirim oleh institusi akan mencapai 3,5 triliun pada tahun 2023, yang merupakan peningkatan 40% dari tahun 2019 (2,5 triliun pesan). Adapun untuk 2022, laporan 2017 memperkirakan bahwa jumlah SMS A2P akan mencapai lebih dari 2,7 triliun. Pertumbuhan lalu lintas ini didorong oleh tingkat terbuka SMS (95%), yang menjadikannya sarana yang sangat efektif bagi pengiklan.


2. Rute Putih vs Rute Abu-abu

Diperkirakan penggunaan rute putih pada 2022 akan tetap tinggi. Rute putih adalah saluran sah yang dapat digunakan bisnis untuk mengirim UKM A2P dengan benar. Di sisi lain, rute abu-abu adalah rute yang tidak tepat dengan biaya lebih rendah yang digunakan untuk mengirim SMS tanpa mematuhi peraturan. Mobilesquared memprediksi bahwa pada tahun 2022, 85% pesan A2P akan dikirim melalui rute putih, yang merupakan peningkatan signifikan dari 875 miliar pesan pada tahun 2017. Sementara itu, penggunaan rute abu-abu akan terus turun 11% dari 2017 hingga 2022.


3. Pendapatan

Dengan lebih banyak lalu lintas dan tingginya jumlah pemanfaatan rute putih, pasar global A2P SMS diprediksi akan sangat tumbuh pada tahun 2022. Dari 2017 hingga 2022, diperkirakan bahwa pasar SMS A2P akan mengalami pertumbuhan tahunan 17,5%, dan pendapatan global pada tahun 2022 akan mencapai $ 26,61 miliar. Prediksi lain oleh Mobilesquared mengungkapkan bahwa potensi pendapatan dapat mencapai hingga $ 30,54 miliar. Tren ini menunjukkan bahwa tahun 2022 memberikan banyak peluang bagi bisnis yang ingin memanfaatkan dan memasarkan layanan SMS A2P.


Dampak pengembangan 5G pada SMS A2P

Bahkan dengan pengembangan 5G, para ahli memprediksi bahwa kita akan tetap bergantung pada SMS, karena kemampuan universalnya mencapai berbagai perangkat. Alih-alih mengurangi penggunaan SMS A2P, 5G akan memberikan peluang bagi bisnis untuk meningkatkan layanan A2P mereka. Misalnya, SMS A2P sering disematkan dengan hyperlink. Dengan kecepatan super 5G, risiko cybersecurity meningkat, yang berarti akan ada lebih banyak permintaan untuk melindungi bisnis dan pelanggan dari phishing dan penipuan berbasis SMS.


Meskipun ada kekhawatiran tentang bagaimana pertumbuhan RCS di 5G akan mempengaruhi SMS, sebagian besar ahli memprediksi bahwa penggunaan SMS akan berlama-lama. Selain kemudahan akses dan kemampuan universal yang disebutkan di atas, A2P SMS juga menghadirkan kepastian dan efektivitas. Dengan SMS A2P, pesan akan diterima bahkan tanpa koneksi internet, yang membuat SMS A2P ideal untuk menjangkau daerah perkotaan dan pedesaan. Selain itu, tingkat terbuka SMS yang tinggi masih tak tertandingi oleh bentuk pesan lain, menjadikannya alat komunikasi bisnis yang efektif.


Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about Cloud & Data Center Article!

Artikel Terkait

27 Juni 2022
Cloud Gaming dan Konektivitas
Cloud & Data CenterCloud

Teknologi cloud gaming telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Lebih banyak inovasi seperti AI, 5G, dan CDN terus mendukung cloud gaming.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...