Dampak Big Data untuk Bisnis &Startup

08 June 2021

Dampak Big Data untuk Bisnis &Startup

Loading...

Di era digital ini, bisnis tanpa data seperti bepergian tanpa peta. Anda dapat bepergian ke mana saja tetapi tidak efektif ketika Anda tidak tahu ke mana Anda ingin pergi, bagaimana dengan tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi, dll.

Kami memiliki banyak contoh bagaimana bisnis atau startup dapat dipercepat dengan memanfaatkan data, terutama data besar.

Apa itu big data? Big data adalah aset informasi beragam tinggi yang membutuhkan pemrosesan informasi untuk memungkinkan peningkatan wawasan, pengambilan keputusan, dan inovasi bisnis. Kompleksitas informasi yang bervariasi harus diproses berdasarkan apa yang ingin Anda ketahui.

Jadi, jika Anda menggunakan data besar untuk bisnis Anda, pastikan Anda memiliki alat dan sumber daya untuk menganalisis banjir informasi pada data Anda.

Beberapa perusahaan telah berhasil meningkatkan bisnis mereka dengan memanfaatkan data mereka dengan cara yang benar. Kami melihat banyak perusahaan teknologi dapat dipercepat karena penggunaan data yang sesuai.

Namun, manfaatnya tidak hanya menjangkau perusahaan teknologi, tetapi setiap bisnis dapat mengumpulkan informasi data dan mengelola banjir informasi untuk membuat keputusan.

Ada beberapa output dari data besar yang digunakan. Berikut adalah bagaimana data besar dapat menambah nilai bagi bisnis Anda dan mempercepat startup Anda,

1. Mengetahui dengan Baik Pelanggan Anda

Setiap bisnis membutuhkan pembeli atau pelanggan. Ada dua jenis pembeli, pendatang pertama dan pelanggan setia. Mereka memiliki dua perawatan yang berbeda. Ketika Anda meluncurkan bisnis Anda, berpikir tentang persona pembeli adalah hal yang hebat. Ini dapat membantu Anda menjangkau target pelanggan Anda. Setelah itu, Anda harus menjadikan mereka pelanggan setia.

Orang Juga Baca: Dampak Big Data untuk Bisnis &Startup

Big data yang dapat merekam semua pelanggan Anda dapat memberikan wawasan tentang apa yang mereka sukai atau tidak sukai, tanggapan mereka tentang produk mereka, dll. Anda dapat menggunakan data untuk meningkatkan bisnis Anda dan membuatnya nyaman dengan produk atau layanan Anda.

2. Pemasaran Bertarget Tingkat Lanjut

Juga jika Anda memiliki pelanggan data, Anda dapat menggunakannya untuk membuat pemasaran bertarget tingkat lanjut, terutama di era digital ini. Hampir semua bisnis menggunakan pemasaran digital untuk mempromosikan bisnis mereka kepada pelanggan potensial yang tinggi. Ini dapat membuat strategi pemasaran dan branding Anda lebih efektif dan efisien.

3. Pengembangan Produk Prediktif

Data bisnis Anda termasuk data perilaku pelanggan Anda dapat memberi Anda wawasan tentang bagaimana Anda dapat mengembangkan produk dan layanan anda yang ada. Lebih dari itu, Anda dapat membuat beberapa inovasi untuk bisnis Anda seperti mengembangkan produk baru. Dengan data, produk Anda memiliki kemungkinan penerimaan yang tinggi oleh pelanggan.

4. Pengurangan Biaya

Di era digital ini, nilai data besar lebih dari nilai minyak. Namun, itu tidak berarti bahwa untuk menggunakan data besar, Anda memerlukan biaya tinggi. Ini seperti bisnis lain yang membutuhkan modal. Memiliki data yang tepat dan menganalisis data membutuhkan biaya, tetapi dapat mengurangi biaya Anda dalam banyak aspek.

Orang-orang Baca juga: Terapkan Big Data di Organisasi Anda, Sekarang Saatnya!

Data dapat membuat strategi bisnis Anda lebih efektif dan dapat mengurangi biaya. Ini benar-benar berbeda ketika Anda melakukan bisnis Anda secara manual, membutuhkan banyak cobaan dan kesalahan, dan membuat anggaran dan waktu Anda tidak efektif.

5. Keamanan Data

Big data tidak hanya untuk mengumpulkan data untuk meningkatkan bisnis Anda, tetapi juga dapat membantu Anda mengetahui ancaman bisnis Anda, termasuk serangan cyber.

Ketika Anda tahu kelemahan Anda, Anda dapat memperkuat bisnis Anda sesegera mungkin sebelum peretas atau pesaing Anda menyerang Anda.

Namun memanfaatkan data besar dapat memanfaatkan bisnis Anda. Terkadang, data dapat mengganggu pasar, mengubah perilaku, dan membuat Anda mengendarai bisnis laut biru. Sebelum Anda dapat memanfaatkan data besar, mengetahui bagaimana Anda dapat mengumpulkan data besar dan menganalisisnya, juga penting.

Ada beberapa langkah mulai dari menyiapkan pengumpulan data untuk big data hingga mengambil keputusan dari data. Sebelum Anda memilih untuk mengumpulkan data, Anda harus tahu jenis data apa yang dibutuhkan bisnis Anda.

Setelah itu, Anda dapat mengumpulkan data dari berbagai sumber daya seperti situs web Anda, aplikasi seluler, konten media sosial. Sementara itu sumber aliran data yang mengumpulkan data, data akan diproses dan dikonfigurasi oleh sistem atau tim profesional data.

Data besar harus dibersihkan dari data yang tidak konsisten menggunakan alat scripting atau perangkat lunak perusahaan. Data yang dibersihkan akan dianalisis dengan perangkat lunak analitik dan memberi Anda wawasan tentang bisnis Anda.

Layanan Big Data dari Telkom DWS dapat menyediakan bisnis Anda dengan layanan ini untuk meningkatkan bisnis Anda.

Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about ‘Article headline’!

Related Article

08 July 2020
Manfaatkan Big Data untuk Merencanakan New Normal 2

Dalam menghadapi 'New Normal', bisnis dapat memilih untuk terus beroperasi seperti biasa dan berharap yang terbaik, atau mereka dapat mengembangkan strategi yang memanfaatkan analisis data.

Read More...

Artikel Populer

10 November 2020
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...

back to top