Dampak SD WAN di Era Digital

27 Desember 2022

Dampak SD WAN di Era Digital

Dampak SD WAN di Era Digital

Masih banyak perusahaan lokal di Indonesia yang belum menerapkan transformasi digital secara menyeluruh, namun Anda akan mendapatkan hasil yang baik dengan memahami SD WAN di Era Digital.

Dalam mendukung kelancaran transformasi digital bisnis Anda, tentu dibutuhkan infrastruktur jaringan yang memadai. Sebagai penyedia layanan digital terpercaya, Telkom DWS ingin berbagi informasi kepada Anda mengenai dampak SD WAN di era digital.

Mengenal SD WAN, Generasi Baru dari WAN

Bagi sebagian besar perusahaan nasional dan multinasional dengan kantor cabang yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, teknologi Wide Area Network (WAN) dinilai sudah konvensional dan tidak mumpuni lagi untuk menghubungkan jaringan antara pusat data (data center), kantor pusat, dan kantor cabang yang jaraknya terpisah jauh. Hal ini disebabkan pengoperasian WAN membutuhkan banyak perangkat dengan kompleksitas dan biaya yang cenderung mahal.

Layanan WAN juga terkadang memiliki kendala terkait pengendalian, konfigurasi, pengelolaan perangkat di semua lokasi jaringan perusahaan yang mengharuskan adanya beberapa tenaga ahli untuk membantu. Hal ini mengakibatkan adanya biaya operasional tambahan.

Solusi dari berbagai keterbatasan WAN adalah dengan mempertimbangkan beralih ke layanan SD-WAN. Software-Defined Wide Area Network (SD-WAN) merupakan teknologi terkini yang mampu menyederhanakan konfigurasi dan operasional jaringan, sehingga Anda dapat lebih mudah mengakses seluruh jaringan perusahaan melalui teknologi cloud kapan pun dan di mana pun. Hal ini memudahkan Anda untuk memantau pusat data dan kantor cabang yang tersebar di berbagai wilayah.

Penghematan Biaya Operasional Sebagai Dampak SD WAN di Era Digital

Beberapa perusahaan besar, baik di kantor pusat maupun kantor cabang masih mempertahankan infrastruktur yang rumit seperti router, Bandwidth Management, WAN optimizers, firewall, dan komponen lainnya. Tentu pengelolaan dan pemeliharaan perangkat tersebut bukan hal yang mudah.

Kehadiran SD-WAN mampu menyederhanakan berbagai infrastruktur yang kompleks tersebut dan mengemas serta menggabungkan beberapa fitur tersebut menjadi satu kesatuan. Dengan simplifikasi teknologi tersebut, Anda tentu akan memahami salah satu dampak SD WAN di era digital, yaitu kemudahan dalam melakukan perubahan policy, dan konfigurasi baru di seluruh jaringan dengan skala sekompleks apa pun dalam hitungan detik dari tempat di mana saja.

Anda tentu akan lebih menghemat operasional untuk tenaga kerja. Anda tidak perlu lagi repot mengirimkan atau menaruh banyak tenaga ahli perusahaan di kantor cabang untuk mengendalikan maupun mengontrol jaringan di setiap lokasi perusahaan.

Reliabilitas Tinggi Sebagai Dampak SD WAN di Era Digital

Agar dapat memberikan layanan dan aplikasi yang diperlukan untuk menjalankan fungsi bisnis utama, perusahaan dengan lokasi yang berbeda-beda perlu menggunakan WAN. Namun, WAN konvensional memiliki tantangan operasional seperti jitter, packet loss, network congestion, dan outages yang kerap kali terjadi.

SD WAN menjadi sebuah solusi yang mampu menggabungkan beberapa koneksi WAN yang berbeda, termasuk internet secara menyeluruh, untuk bertindak sebagai satu bagian. Ketika satu koneksi gagal, SD WAN dapat mengeluarkan automatic failover ke koneksi cadangan Anda, sehingga dapat disimpulkan bahwa SD-WAN dapat memberikan jaminan performa layanan untuk konektivitas Anda secara real time.

Keamanan Jaringan Sebagai Dampak SD WAN di Era Digital

SD WAN juga memberikan dampak positif pada peningkatan efisiensi kerja WAN tanpa mengorbankan keamanan jaringan. Teknologi SD WAN mampu mengurangi ancaman keamanan secara signifikan melalui enkripsi data yang komprehensif dan micro-segmentation yang tentunya dapat mengamankan aliran data.

Ketika perusahaan Anda berada dalam lokasi yang berbeda-beda, Anda tidak perlu kuatir lagi mengenai aspek keamanannya. Anda dapat melakukan kontrol dengan satu perangkat saja yang memberikan notifikasi jika terjadi ancaman.

Apakah Anda sudah mendapatkan gambaran dari dampak positif SD WAN di era digital, terlebih pada bisnis Anda? Sebagai penyedia layanan digital ternama, Telkom DWS siap membantu Anda untuk menjawab kebutuhan digital, termasuk penggunaan layanan SD WAN.

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box
29 Desember 2021

Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box

Read More...