BerandaArtikelData Center untuk Perlindungan Data Perusahaan
article-image

08 May 2023

Data Center untuk Perlindungan Data Perusahaan

Serba-serbi Tentang Data Perusahaan

Sebelum membahas lebih jauh mengenai data center, ada baiknya Anda pahami dulu seperti apa konsep data perusahaan. Pada dasarnya, terdapat berbagai jenis data dalam suatu perusahaan. Secara umum, kita mengetahui bahwa ada 4 jenis data, yakni data publikasi, data biasa, data rahasia, hingga data sangat rahasia.

Keempat data tersebut umumnya dijalankan oleh para karyawan perusahaan untuk kepentingan operasional. Akan tetapi, karena rasio turn over karyawan yang begitu cepat, tidak jarang akan menimbulkan suatu permasalahan.

Sebagai contoh ketika seorang karyawan berhenti bekerja, maka dirinya bisa saja membawa sebagian data perusahaan yang dianggap rahasia. Celakanya, tidak semua perusahaan menyadari akan perlindungan data perusahaan sehingga tidak ada ketentuan tertulis dalam menjaga kerahasiaan tersebut, ditambah kurangnya pengetahuan tentang jenis data yang ada.

Mengenal Apa Itu Data Center

Dari sekilas penjelasan di atas, dapat diketahui jika data suatu perusahaan merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga. Tidak mengherankan kalau perusahaan akan senantiasa membutuhkan data center sebagai kebutuhan yang utama.

Data center atau pusat data dapat dianggap sebagai suatu ruangan atau tempat khusus yang dibuat dengan tujuan untuk menyimpan berbagai data dalam suatu entitas. Penyimpanan data ini sendiri dapat diartikan ke dalam banyak hal, namun yang paling banyak diketahui yakni informasi atau server komputer sebuah perusahaan.

Dengan kata lain, data yang disimpan tidak selalu berbentuk fisik yang dapat dipegang namun juga berupa file atau perangkat lunak yang seringkali tidak memakan banyak ruangan, tetapi membutuhkan bantuan internet.

Data Center sebagai Solusi

Sebagai pemilik perusahaan, data center tentu menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki. Tidak hanya memiliki manfaat yang besar, namun pusat data ini dapat dijadikan sebagai solusi untuk menyimpan berbagai berkas data penting suatu perusahaan. Mengapa demikian?

  1. Jaminan keamanan

Pusat data dapat diibaratkan sebagai gudang dengan kunci dan gembok tersendiri di mana Anda sendiri-lah yang dapat membukanya. Penyimpanan data akan selalu disertai dengan berbagai tingkatan password yang tidak semua orang mengetahui bentuknya. Hal inilah yang akan menjadikan proteksi data menjadi lebih aman.

  1. Penyimpanan yang praktis

Penyimpanan data perusahaan, terutama yang berbentuk perangkat lunak, memang dinilai lebih praktis karena semua data yang ada terkumpul menjadi satu dalam sebuah cloud. Dengan demikian, ketika Anda perlu bepergian untuk urusan bisnis, maka data-data tersebut tidak harus selalu dibawa, namun dapat diakses melalui perangkat yang terkoneksi internet.

  1. Meminimalisir pengeluaran

Penggunaan data center sebagai penyimpanan yang tidak memakan banyak ruang diyakini dapat mengurangi beban perusahaan dalam mengeluarkan budget berlebih. Dengan begitu, pengeluaran perusahaan dapat dialokasikan pada hal-hal lain yang lebih penting.

Memilih data center tentu bukan perkara yang mudah, apalagi menyangkut keamanan dan penyimpanan data penting perusahaan. Oleh karena itu, Neucentrix bisa menjadi solusi yang tepat guna mewujudkan sentralisasi data perusahaan yang aman.

Neucentrix merupakan layanan data center yang dikelola oleh PT Telkom serta sudah terkoneksi dengan berbagai network operator domestik dan global. Dengan berbagai kelebihannya, layanan neutral data center ini patut menjadi pertimbangan.

Apakah informasi ini membantu?

Related Article