BerandaArtikelEdge Data Center Adalah: Pengertian & Manfaat Lengkap!
article-image

27 September 2023

Edge Data Center Adalah: Pengertian & Manfaat Lengkap!

Edge Data Center Adalah: Pengertian & Manfaat Lengkap!

Dengan semakin berkembangnya zaman, tentu Anda juga sudah merasakannya, bahwa internet bukan lagi suatu hal yang bisa dipisahkan dari hidup kita. Mulai dari proses pembelajaran, bekerja, hingga melakukan perbelanjaan, semua aspek kehidupan kita sudah terhubung dengan internet.

Apalagi, berdasarkan hasil survei dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2022, sekarang sudah ada lebih dari 210 juta pengguna internet di seluruh Indonesia. Menajdikan internet sebagai salah satu kebutuhan utama bangsa kita. Hal ini tentunya harus didukung dengan infrastruktur yang mumpuni sehingga dapat memfasilitasi setiap orang bahkan hingga ke daerah pelosok. Itulah mengapa edge data center bisa menjadi salah satu solusinya.

Di artikel ini kita akan membahas apa itu edge data center dan mengapa edge data center merupakan solusi dari perkembangan internet di Indonesia.

Apa Itu Edge Data Center?

Edge data center adalah sebuah terobosan baru dari sistem data center yang dibuat untuk mempercepat segala proses pemindahan data. Dimana edge data center dibuat berdekatan dengan sumber data seperti jaringan Internet of Things (IoT). Diaman dengan penempatan ini, proses cloud computing dan cache to end user dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Implementasi dari edge data center juga memberikan banyak manfaat lain bagi penggunanya seperti latensi lebih rendah, biaya operasional yang lebih baik dan masih banyak lagi. Dimana hal ini tentunya dapat menjadi solusi dari banyaknya pengguna internet di seluruh Indonesia.

Manfaat Penggunaan Edge Data Center

Bagi Anda yang penasaran, berikut adalah beberapa alasan utama digunakannya edge data center.

  1. Biaya Operasional Lebih Rendah

Dengan memanfaatkan edge data center di beberapa lokasi yang berbeda, tentunya hal ini dapat mengurangi biaya operasional dari perusahaan-perusahaan.

  1. Latensi Lebih Rendah

Seeprti yang sudah dikatakan, dengan dekatnya data center dengan mesin pemrosesan, kecepatan proses komputer pun akan lebih rendah. Selain itu tentunya, dengan kecepatan pemrosesan ini, edge data center memungkinkan latensi yang lebih rendah dengan mengurangi transmisi data dari cloud ke perangkat end-user. 

  1. Risiko Kebocoran Data Lebih Rendah

Salah satu kelebihan dari edge data center adalah penggunaan perangkat keamanan yang leibh canggih dari data center biasa. Dimana dengan begini, data yang ada di dalam edge data center ini lebih aman dari kebocoran. 

  1. Risiko Kegagalan Sistem Lebih Rendah

Dengan penggunaan beberapa edge data center di lokasi-lokasi yang berbeda, tentunya hal ini dapat mengurangi risiko gagal sistem. Selain itu, jika sesuatu terjadi pada edge data center tersebut, maka hanya beberapa end-user yang ada di dekat data centerlah yang akan terpengaruh.

Edge Data Center Terbaik Indonesia – NeuCentrIX

Dengan berkembanganya kebutuhan edge data center di Indonesia, tentunya akan ada perusahaan-perusahaan yang bermunculan untuk mengambil bagian dalam pembangunan Indonesia. Dimana salah satu perusahaan penyedia edge data center terbaik di Indonesia yang sudah hadir adalah NeuCentrIX. 

Dimana NeuCentrIX memiliki beberapa layanan utama seperti CDN, Cloud Service, OLO, OTT dan masih banyak lagi. Belum lagi dengan 21 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia, tentunya NeuCentrIX dapat menjadi solusi utama perusahaan Anda.

Apakah informasi ini membantu?

Related Article