Ekonomi Digital Indonesia di Tingkat Berikutnya

15 Agustus 2022

Ekonomi Digital Indonesia di Tingkat Berikutnya

Kawasan Asia-Pasifik telah mengalami pertumbuhan ekonomi digital yang spontan. Indonesia merupakan salah satu negara yang telah mengalami pertumbuhan tersebut. Pengembangan Indonesia bertujuan untuk mendapatkan lebih banyak solusi teknologi dan koneksi internet yang lebih baik. Saat ini, pemerintah Indonesia fokus pada transformasi digital, dengan sebagian besar layanannya lebih digital. 

Sekarang diproyeksikan bahwa pada tahun 2025, ekonomi digital Indonesia akan mencapai sekitar $146 miliar. Pada artikel ini, Anda akan mempelajari lebih lanjut tentang transformasi digital di Indonesia, tantangan yang mereka hadapi, dan strategi untuk konektivitas digital yang lebih baik. 

Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia 

Beberapa keadaan yang menguntungkan telah berkontribusi pada ekspansi ekonomi digital Indonesia yang luar biasa. Meningkatnya kelas menengah Indonesia, bagian populasi yang sangat paham teknologi, telah menjadi kontributor yang paling signifikan. Selain banyaknya pengguna Internet, Indonesia memiliki persentase pengguna smartphone yang cukup besar, sesuai penelitian terbaru yang dilakukan oleh GlobalWebIndex. Studi ini menemukan bahwa 79% orang berusia 16 hingga 64 tahun telah melakukan setidaknya satu transaksi online menggunakan smartphone.

Menariknya, adopsi internet tersebar luas di Indonesia - dengan 202.6 juta pengguna aktif diharapkan pada Juli 2022. Dari 2020 hingga 2022, jumlahnya telah berkembang sebesar 27 juta, meningkat 17%. Pada Januari 2022, Indonesia memiliki koneksi internet 75,7 persen.

Demikian pula, ada pertumbuhan spontan di sektor e-commerce – semua berkat pembelian online yang tinggi. Transformasi digital dan penetrasi pengguna internet di Indonesia diproyeksikan akan meningkat dan menjangkau 114 juta pengguna. Ini berarti bahwa lebih banyak orang mengadopsi internet, dan seluruh ekonomi digital tumbuh setiap hari.  

Tantangan dalam Transformasi Digital Indonesia

Bahkan dengan langkah-langkah besar yang telah diambil Indonesia untuk mencapai ekonomi digital yang baik, banyak tantangan yang perlu diatasi. Di bawah ini adalah beberapa hambatan paling signifikan di Indonesia untuk mencapai transformasi digital yang lebih baik. 

1. Penolakan Karyawan

Penerimaan formulasi digital baru merupakan masalah kritis dalam transformasi digital Indonesia. Karena teknologi digital baru digunakan di negara ini, pekerja tertentu mungkin merasa khawatir tentang keamanan kerja mereka, yang mengakibatkan penolakan terhadap transformasi digital.

2. Ancaman Keamanan

Perusahaan yang terburu-buru merangkul solusi digital di Indonesia dapat membahayakan bisnis mereka untuk meningkatkan serangan siber karena semakin banyak orang mengadopsi transformasi digital. Sebuah bisnis mungkin terlibat dengan lusinan penyedia SaaS, dan memeriksa tingkat keamanan mereka bisa jadi sulit. Menurut sebuah laporan oleh get.cybergrx, 82% karyawan mengatakan perusahaan mereka dilanggar selama transformasi digital. Mengelola transisi digital yang aman telah menjadi masalah penting bagi perusahaan di seluruh dunia. Faktor lain yang berkontribusi terhadap ancaman yang meningkat ini adalah meningkatnya penggunaan TI bayangan.

3. Pendanaan terbatas 

Hal ini menjadi tantangan lain yang menghambat transformasi digital di Indonesia. Sementara pemerintah mencoba yang terbaik untuk memungkinkan konektivitas yang lebih baik, dana masih kekurangan dana. 

Strategi Transformasi 

Cara terbaik bagi Indonesia untuk mencapai mimpinya menjadi pusat digital kawasan Asia-Pasifik adalah dengan mendapatkan strategi yang baik. Misalnya, perusahaan dapat mengatasi tantangan seperti penolakan karyawan dengan mengembangkan budaya perusahaan. Hal ini memungkinkan karyawan untuk menyambut transformasi digital daripada menolak perubahan, yang harus dimulai dari atas.

Pemerintah juga dapat mendukung investor swasta untuk mendapatkan dana untuk lebih banyak proyek yang diarahkan pada transformasi digital yang lebih baik. 

Singkatnya, Indonesia telah menempuh perjalanan panjang untuk menjadi pusat digital seperti sekarang ini. Meskipun ada beberapa tantangan, strategi yang lebih baik dapat meningkatkan ekonomi digital. 


Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

Invalid date
Telkom DWS dan Visinya Menuju Global Digital Hub

Telkom DWS dan Visinya Untuk Mengubah Indonesia Menjadi Global Digital Hub

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...