Hubungan antara Big Data dan Machine Learning

15 April 2022

Hubungan antara Big Data dan Machine Learning

Semakin banyak orang saat ini menggunakan smartphone dan komputer dalam kehidupan sehari-hari mereka, menghasilkan ekspansi volume data yang cepat.

Menurut International Data Corp. diperkirakan bahwa pada tahun 2020, rata-rata, orang akan menghasilkan 1,7MB secara individual per detik.

Dan karena aplikasi dan program menjadi lebih kompleks, penelitian yang sama menunjukkan bahwa 40% data internet pada tahun 2020 akan berasal dari data yang dihasilkan mesin.

Dengan statistik yang menakjubkan ini, penting bagi kita untuk memahami apa yang diperlukan pembelajaran mesin, hubungan antara Pembelajaran Mesin dan Big Data,dan apa artinya menerapkan Pembelajaran Mesin dan Big Data untuk bisnis.

Apa itu Machine Learning?

Machine Learning adalah cabang ilmu komputer yang memungkinkan mesin untuk mengeksekusi algoritma belajar mandiri yang dapat membuat mereka belajar dari pengalaman masa lalu, sementara pada saat yang sama terus berkembang dan meningkatkan tugas-tugas yang ditugaskan kepada mereka.

Ketika dibangun dengan benar, Machine Learning dapat menghasilkan pola dan wawasan yang sangat berguna untuk pengambilan keputusan prediktif. Berdasarkan laporan dari IBM, adopsi Machine Learning Library (MLIB) akan tumbuh sebesar 60% dalam 12 bulan ke depan.

Apa yang akan menjadi dampak ketika Big Data bertemu Machine Learning?

Karena algoritma Machine Learning akan menjadi lebih efektif dengan dataset yang berkembang, kombinasi antara Big Data dan Machine Learning akan membuat kualitas pengambilan keputusan berbasis data dan analisis prediktif menjadi lebih baik dan lebih akurat.

Organisasi dapat menerapkan algoritma Machine Learning dalam operasi Big Data, termasuk pelabelan data dan segmentasi, analisis data, dan simulasi skenario.

Meskipun hubungan antara Machine Learning dan Big Data sangat dekat dan dianggap sebagai loop yang tidak pernah berakhir, penting untuk memahami bahwa sistem ini masih membutuhkan keahlian manusia untuk memberikan data yang tepat dan menafsirkan output.

Tanpa para ahli manusia yang memiliki pengalaman, pemikiran kritis, dan pengetahuan, rekomendasi yang dibuat oleh algoritma dapat membahayakan keputusan perusahaan.

Aplikasi Dunia Nyata pada Big Data dan Pembelajaran Mesin

Algoritma Big Data dan Machine Learning dapat digunakan di semua organisasi di seluruh industri. Dalam industri perawatan kesehatan, Big Data dan Machine Learning dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan diagnostik dan memberikan rekomendasi untuk rencana perawatan yang dipersonalisasi.

Tidak hanya itu, analisis prediktif dari Big Data dan Machine Learning juga dapat digunakan untuk membuat kerangka kerja proaktif untuk mengatasi pasien sebelum mereka sakit, mencegah penyakit dan kehidupan yang aman.

Dalam ritel, Big Data dan Machine Learning dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman belanja yang dipersonalisasi secara real time, memungkinkan bisnis untuk menyederhanakan segmentasi dan meningkatkan penargetan pelanggan mereka.

Ini akan membantu bisnis untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan mengamankan lebih banyak peluang bisnis di masa depan.

Dengan semakin banyak perusahaan yang menerapkan Big Data Indonesia, penting bagi bisnis untuk memahami hubungan antara Big Data dan Machine Learning.

Meningkatkan kemampuan untuk mengembangkan analisis data yang mendalam dan model prediktif, Big Data dan Machine Learning dapat membantu organisasi meningkatkan proses pengambilan keputusan mereka dan karena itu meningkatkan produktivitas, profitabilitas, dan mencapai hasil bisnis yang lebih baik.

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

26 September 2022
Bagaimana Big Data Membantu Anda Membuat Keputusan yang Lebih Baik

Big data memainkan peran penting di dunia, tidak hanya memengaruhi industri bisnis tetapi juga kehidupan pribadi Anda.

Read More...
1 September 2022
Peran Big Data dalam Transformasi Digital
Cloud & Data CenterCloud

Berbagai organisasi kesulitan beradaptasi dengan berbagai perubahan yang datang dari pertumbuhan digital. Tetapi data besar datang sebagai penyelamat bagi banyak pekerja.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...