Identifikasi Risiko untuk Bisnis E-Commerce

5 Oktober 2022

Identifikasi Risiko untuk Bisnis E-Commerce

Sebelum Anda meluncurkan bisnis e-niaga Anda, Anda mungkin ingin menilai potensi risiko bisnis Anda. Jika Anda sudah menjalankan perusahaan e-commerce, Anda perlu memperhatikan risiko tersebut karena dapat mempengaruhi target, anggaran, dan strategi perusahaan Anda. Selain itu, manajemen risiko yang efektif membantu mencegah peretasan jaringan dan bencana alam seperti tornado dan angin topan. Selain itu, data pelanggan dan karyawan Anda tidak akan disusupi.

Pada artikel ini, kita akan membahas kemungkinan risiko untuk bisnis e-commerce dan langkah-langkah untuk proses identifikasi risiko.

Kemungkinan Risiko bisnis E-Commerce?

Karena audiens yang besar, bisnis e-commerce rentan terhadap beberapa ancaman serius. Berikut adalah yang paling umum:

1. Akses tidak sah

Jika pihak yang tidak berwenang mengakses file penting perusahaan, sejumlah besar data hilang. Oleh karena itu, Anda mungkin ingin mempraktikkan strategi yang mencegah akses yang melanggar hukum. Anda dapat menerapkan akses berbasis peran atau membatasi akses, memungkinkan karyawan untuk mengakses file yang diperlukan saja.

2. Pelanggaran keamanan online

Selama Anda menjalankan bisnis Anda di internet, bisnis ini rentan terhadap serangan dunia maya dan pelanggaran keamanan. Risiko yang paling umum termasuk peretasan situs web, phishing, dan layanan web yang tidak terlindungi. Oleh karena itu, keamanan situs web e-niaga Anda harus sangat kuat.

3. Eksploitasi kerentanan

Sangat berisiko jika perusahaan Anda mengalami kerentanan jaringan karena aktor jahat siap untuk mengambil keuntungan. Tetapi Anda selalu dapat mencegahnya dengan memperbarui plugin, SaaS, dan perangkat lunak lainnya.

4. Penipuan kartu kredit

Risiko umum lainnya dari bisnis e-niaga adalah kartu kredit curian dan transaksi yang mencurigakan. Siapa pun atau peretas dapat melakukan transaksi online dengan kartu kredit curian. Jadi, pastikan keamanan online Anda ketat.

5. Metode otentikasi yang buruk

Bisnis online Anda rentan terhadap serangan dunia maya jika metode otentikasi Anda sangat mendasar atau lemah. Jadi, pastikan metode ini kuat untuk menahan serangan apa pun.

Proses Identifikasi Risiko: Langkah demi langkah

Untuk melakukan manajemen risiko yang efektif, harus terstruktur dengan baik, sistematis, lintas organisasi, dan kolaboratif. Di bawah ini adalah lima aspek manajemen risiko yang dapat Anda masukkan ke dalam perusahaan e-niaga Anda:

Identifikasi risiko: - Mengidentifikasi potensi risiko adalah langkah pertama yang mengungkapkan apa, kapan, di mana, dan bagaimana sesuatu dapat memengaruhi operasi normal perusahaan Anda. Identifikasi risiko tidak hanya melibatkan risiko yang saat ini memengaruhi bisnis Anda, tetapi juga risiko yang mungkin terjadi di masa depan.

 ❖ Analisis risiko: - Setelah mengidentifikasi risiko, langkah selanjutnya adalah menganalisis probabilitas dan dampak potensialnya. Anda dapat mengelola risiko ini dengan sebaik-baiknya dengan membaginya menjadi "sedang atau serius, atau kecil" atau "sedang, tinggi, atau rendah".

 ❖ Evaluasi risiko: -Pada langkah ini, evaluasi risiko dengan membandingkan besarnya setiap risiko dan memberi peringkat sesuai dengan konsekuensi dan keunggulan. Peristiwa dengan peluang lebih besar untuk terjadi dan merusak hal-hal ini menempati peringkat yang lebih tinggi.

 ❖ Perencanaan respons risiko: - Ini juga disebut sebagai perawatan risiko. Pada fase ini, Anda mengembangkan perawatan pencegahan, strategi mitigasi, dan rencana kontingensi setelah menilai nilai risiko.

 ❖ Pemantauan risiko: - Karena risiko terus berubah dari waktu ke waktu, pemantauan risiko membantu Anda mengawasi situasi dengan melakukan penilaian risiko secara teratur. Ingat, manajemen risiko adalah proses yang berkelanjutan selama bisnis e-niaga Anda beroperasi. 

Penting untuk melindungi perusahaan e-niaga Anda dari masalah keamanan seperti malware, penipuan, dan pelanggaran. Dengan melakukan ini, Anda juga akan melindungi pelanggan dan informasi mereka. Tetapi sebelum menerapkan langkah ini, Anda perlu mengetahui kemungkinan risiko dan cara mengelolanya secara efektif. Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, Msight adalah produk yang luar biasa untuk manajemen risiko. Anda dapat memeriksanya di situs web kami.

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

29 Desember 2021
Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box

Read More...