Industri Game yang Sama &Indonesia

24 Juni 2022

Industri Game yang Sama &Indonesia

Software As A Service Wholesale Cloud Gaming 

Industri game Indonesia tumbuh ke arah yang benar karena meningkatnya jumlah gamer dan penerbit. Selain itu, statistik game mobile menunjukkan bahwa sektor game Indonesia memiliki masa depan yang cerah. 

Memahami struktur cloud gaming sangat penting dalam membuat game yang menarik banyak pengguna. Seiring dengan perubahan teknologi game, Indonesia memiliki banyak hal di sektor ini. Jadi, kami akan fokus pada struktur industri cloud gaming, cara menggambar gamer berdasarkan layanan, jumlah publisher game Indonesia, dan statistik mobile gaming di Indonesia.

Struktur Industri Cloud Gaming

Badan ini dibagi menjadi tiga kelompok: penyedia solusi infrastruktur, penyedia solusi platform, dan penyedia layanan cloud gaming (CGSP). Hanya CGSP yang memiliki model perangkat lunak sebagai layanan (SaaS). Penyedia solusi platform menggunakan platform sebagai layanan (PaaS) sedangkan penyedia solusi infrastruktur menggunakan model infrastruktur sebagai layanan (IaaS).

Model SaaS ini memungkinkan pengguna dengan video game tertentu untuk memainkannya dari jarak jauh. Adapun kelompok industri cloud gaming lainnya, semua detail lainnya serupa.

Pengguna IaaS dan PaaS memiliki kendali atas data dan video game. Hanya pelanggan dengan model IaaS yang memiliki kendali atas O/S. Adapun aspek lainnya seperti server, penyimpanan, dan jaringan, hanya penyedia layanan yang memiliki kontrol penuh dalam tiga model. 

Menggambar Gamer berdasarkan Layanan

Berbagai layanan sangat penting dalam menarik banyak pelanggan di industri game. Dukungan pelanggan adalah tempat terlaris dalam game ini, terutama saat meluncurkan layanan baru. Sebagian besar gamer menyukai fitur sosial seperti kemampuan untuk terhubung dengan gamer lain, media sosial seperti Facebook, dan menggunakan keinginan pelanggan untuk tampil.

Setiap game harus memiliki antarmuka yang ramah pengguna agar sesuai dengan pengguna yang berbeda. Layanan penting lainnya yang mengesankan para gamer saat ini adalah nilai hiburan, struktur bisnis dan harga, serta penyebaran solusi.

Berapa banyak Penerbit Game di Indonesia?

Saat ini, berharap bisa mendapatkan lebih dari 1464 publisher game dari Indonesia. Jumlah ini adalah 1% dari kemungkinan 173.853 penerbit game di Google bermain dari berbagai belahan dunia.

Jumlahnya masih rendah, tetapi mereka akan meningkat seiring dengan meningkatnya teknologi setiap hari. Jika permintaan untuk lebih banyak game Google Play meningkat di Indonesia, maka perkirakan persentase penerbit game Indonesia di Google Play akan meningkat.

Statistik Mobile Gaming di Indonesia

Lebih dari 1464 penerbit game Indonesia telah menerbitkan sekitar 5169 game di Google Play. Penerbit ini telah merancang game seperti Bus Simulator Indonesia, Warnet Life, Mobile Bus Simulator, IDBS Indonesia Truck Simulator, dan Tebak Gambar. Game-game tersebut hanya 1% dari game dari Google Play store.

Selain itu, sebagian besar game dari penerbit Indonesia ini memiliki rating rata-rata 3,99 bintang dari 5 di Play Store. Peringkatnya lebih tinggi dari kebanyakan game Google Play store.

Game mobile buatan publisher Indonesia memiliki unduhan lebih dari 210 710 di Google Play store. Angka-angka ini cukup menggembirakan dibandingkan dengan rata-rata unduhan per game seluler, yaitu lebih dari 548.52 ribu.

Hanya 3% dari penerbit game seluler Indonesia yang memonetisasi aplikasi mereka. Ini adalah nilai yang lebih rendah daripada penerbit game lainnya, di mana hanya 4% yang mendapatkan uang dari game.

Ingat, 17% game mobile Indonesia menggunakan pembayaran dalam aplikasi untuk menerima iurannya. Jumlahnya lebih rendah dari persentase penerbit game seluler lainnya secara keseluruhan, yaitu sebesar 21%. Anda hanya akan mendapatkan 5% game Indonesia di iTunes dan Google Play Store. Ini kurang dari 17% dari game seluler di kedua toko.


Karena sektor game dunia terus berjalan dengan baik, Indonesia tidak ketinggalan. Penerbit game harus lebih fokus pada bagian CGSP karena memiliki model SaaS yang memberikan lebih banyak kebebasan kepada pengguna. Bangsa ini memiliki jumlah gamer dan penerbit game yang meningkat, yang merupakan tanda yang menggembirakan. Selain itu, angka-angka Indonesia di Google Play Store dan iTunes berjalan dengan baik.


Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about Software As A Service Article!

Artikel Populer

29 Desember 2021
Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box

Read More...