IoT &Cloud Computing di Rumah Sakit Pintar

28 Desember 2021

IoT &Cloud Computing di Rumah Sakit Pintar

Munculnya rumah sakit pintar adalah konsekuensi dari perkembangan teknologi pintar. Penelitian telah menunjukkan bahwa sistem perawatan kesehatan cerdas di era 5G akan ditopang oleh keberadaan komunikasi mesin-ke-mesin, IoT, dan komputasi awan. Tren terbaru dalam perawatan kesehatan menunjukkan bahwa inovasi baru seperti kesehatan virtual, perawatan yang berorientasi pada pasien, dan pemanfaatan pembelajaran mesin telah memberikan bantuan besar bagi petugas kesehatan dan pasien.


Tren sistem perawatan kesehatan global untuk menggabungkan teknologi terus berkembang karena manfaat yang dibawa oleh peningkatan teknologi ini. Salah satu keuntungan paling penting dari mengintegrasikan sistem pintar untuk perawatan kesehatan adalah menghemat banyak waktu dan biaya. Tetapi keuntungan penting lainnya dari memanfaatkan teknologi pintar adalah kemampuan sistem perawatan kesehatan untuk mengakses analitik data (besar) melalui penggunaan IoT dan komputasi awan. Berikut adalah beberapa contoh bagaimana IoT dapat mempertahankan, mengamankan, dan mengembangkan sistem perawatan kesehatan.


Aplikasi Kesehatan

Sebagai praktik yang agak umum saat ini, aplikasi kesehatan dan kepentingannya tidak dapat diremehkan. Aplikasi ini memungkinkan pasien untuk memesan janji rumah sakit dengan cepat, membuat konsultasi telemedicine, memesan obat-obatan, dan mendapatkan tips peningkatan kesehatan. Untuk tujuan keamanan, aplikasi ini juga sering dilengkapi dengan SMS A2P untuk membantu pasien dan penyedia layanan kesehatan memasukkan, memproses, dan memverifikasi data yang mereka butuhkan dari satu sama lain. Integrasi SMS A2P ke aplikasi ini juga memfasilitasi dan mengamankan pembayaran.


Manajemen Inventaris Aset

Perangkat yang terhubung ke internet juga dapat membantu perawatan kesehatan mengelola aset dan inventaris mereka. Di rumah sakit pintar, peralatan medis biasanya dilengkapi dengan tag. Tag ini mengirimkan data yang diproses melalui proses komputasi awan, yang memungkinkan para profesional kesehatan untuk mengetahui tidak hanya jumlah peralatan yang tersedia, tetapi juga kondisi peralatan secara real-time. Selama saat-saat krisis, data ini akan membantu para profesional menemukan peralatan yang diperlukan dan menggunakan yang telah didesinfeksi.


Tag Pasien

Selain tag item, tag pasien juga merupakan aplikasi IoT penting dalam sistem perawatan kesehatan yang cerdas. Selama perawatan, dokter dan perawat perlu dengan cepat mengakses data pasien secara real-time. Tag ini dapat membantu para profesional medis untuk memantau berbagai aspek kondisi pasien seperti tekanan darah, detak jantung, suhu, dan kadar glukosa. Tag pasien juga dapat membantu petugas kesehatan untuk menugaskan pasien ke kamar yang benar. Sensor di ruangan akan memeriksa silang sinyal yang dipancarkan dari tag pasien untuk memverifikasi ID pasien.


Ambulans Yang Terhubung Semua

Aplikasi lain dari IoT dalam perawatan kesehatan cerdas adalah pemanfaatan ambulans yang cerdas dan terhubung. Di beberapa negara, ambulans ini telah terhubung dengan 5G sehingga mereka dapat menyediakan perawatan kesehatan virtual atau perawatan jarak jauh secara real-time. Dalam kasus pandemi, ini juga membantu para profesional medis untuk merawat pasien tanpa harus hadir secara fisik. Ambulans pintar yang terhubung dengan Gmap juga dapat segera menanggapi situasi darurat dan mencapai lokasi yang tepat dari seseorang yang membutuhkan perawatan segera.


Perangkat Medis Cerdas Lainnya

Selain contoh yang disebutkan di atas, kemungkinan aplikasi IoT dalam perawatan kesehatan tidak terbatas. Sensor dan Bluetooth telah digunakan untuk memeriksa saturasi oksigen. Peralatan bedah pintar seperti bor pintar telah membantu dokter untuk melakukan operasi dengan presisi yang lebih baik. Pompa insulin bertenaga AI telah membantu pasien yang menderita diabetes. Secara umum, aplikasi IoT ini, dengan bantuan komputasi awan, telah memungkinkan rumah sakit pintar untuk memberikan layanan kesehatan yang luar biasa bagi pasien mereka.


Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

29 Juli 2022
SMS A2P Menjadi Kuat Seiring Pertumbuhan Pasar
Unified CommunicationMessaging Hub

SMS A2P memiliki salah satu harga pasar paling sukses di dunia saat ini. Bisnis, pengembang aplikasi, dan orang-orang sekarang mengadopsi teknologi ini untuk berkomunikasi.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...