IoT dan Industri Manufaktur

5 September 2022

IoT dan Industri Manufaktur

Minat terhadap teknologi digital telah meningkat di berbagai sektor, dan industri manufaktur tidak ketinggalan. Misalnya, ia telah mendapat banyak manfaat dari IoT, yang merupakan perkembangan teknologi populer yang diadopsi oleh setiap industri. IoT telah memungkinkan sektor manufaktur untuk merampingkan pengumpulan data, menurunkan biaya produksi, mempersonalisasi komoditas, dll.

Pada artikel ini, kita akan membahas lebih detail tentang berbagai manfaat IoT dalam industri manufaktur dan beberapa aplikasinya.

Manfaat IoT dalam industri manufaktur

Perusahaan Anda dapat memperoleh manfaat dari penerapan IoT ke dalam pabrik dan proses Anda. Mari kita lihat lima manfaat teratas IoT yang akan membuat perusahaan manufaktur mana pun sukses.

1. Mengurangi biaya: Perusahaan Anda dapat mengurangi banyak biaya operasional dengan menerapkan IoT dan menghasilkan pendapatan yang lebih baik. Ini menawarkan operasi tangkas yang lebih baik, mengadopsi energi yang efektif, dan meminimalkan waktu henti alat berat.

2. Manajemen inventaris yang lebih baik: Dengan teknologi seperti konektivitas IoT, produsen sekarang dapat mengelola inventaris mereka secara otomatis melalui sistem ERP. Anda dapat melacak stok Anda dengan mudah dan kesalahan minimal. Selain itu, Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengerjakan sistem manajemen inventaris Anda setiap bulan.

3. Kustomisasi massal: Produsen harus memiliki inventaris terbaru, dan karena cukup merepotkan, IoT menyederhanakan segalanya. Ini memungkinkan penyesuaian massal dengan menyediakan data waktu nyata untuk memastikan tugas-tugas seperti penjadwalan dan perutean lantai toko diselesaikan secara efisien.

4. Lingkungan kerja yang lebih aman: IoT memastikan bahwa karyawan Anda aman melalui sistem kesadaran spasial dan visual atau teknologi keselamatan yang dapat dikenakan. Selain itu, IoT dapat mendeteksi kelainan seperti kebocoran gas dan terlalu banyak getaran atau panas dari mesin. Karena penyimpangan seperti itu sulit dipahami, perangkat IoT menginformasikan sistem yang lebih besar di perusahaan Anda. Ini meningkatkan keamanan di pabrik Anda.

5. Peningkatan kualitas: Salah satu faktor terpenting dalam sektor manufaktur adalah kualitas, dan IoT memastikan hal itu. Anda dapat meningkatkan proses pabrik Anda dengan perangkat IoT karena mereka memperingatkan operator setiap kali mesin menggunakan terlalu banyak bahan. Dengan mengatasi masalah seperti itu, Anda akan mengalami kinerja alat berat yang lebih baik, proses yang ditingkatkan, dan output yang lebih baik.

Aplikasi IoT dalam industri manufaktur

Ada beberapa cara di mana IoT dapat digunakan di sektor manufaktur, dan itulah alasan untuk melanjutkan investasi oleh berbagai perusahaan. Berikut adalah beberapa aplikasi IoT:

Pemompaan  cerdas: IoT dapat membantu perusahaan manufaktur Anda mengurangi pemborosan air dengan pemompaan pintar. Hal ini dilakukan dengan menanamkan tangki air dengan sensor yang mengatur tekanan dan aliran air.

 ❖ Manajemen rantai pasokan: Ini adalah faktor penting dalam siklus produksi, dan perangkat IoT membantu melacak inventaris Anda dalam skala global. Juga, ia memantau rantai pasokan dan memberikan perkiraan yang berarti dari bahan yang tersedia.

 ❖ Sistem yang Bergantung pada Diri Sendiri: Karena kegagalan mesin dapat menyebabkan kualitas produk yang buruk, pembelajaran mesin bersama dengan IoT membantu mesin memperbaiki masalah mereka sendiri. Mesin dapat menyembuhkan secara otomatis dengan bantuan sistem penyembuhan otomatis sendiri.

❖ Kembar digital: Konsep ini memungkinkan Anda untuk membuat replika produk yang Anda kembangkan dalam bentuk digital. Dengan replika digital ini, Anda dapat memastikan efektivitas, efisiensi, dan akurasi sistem Anda. Selain itu, Anda dapat mengidentifikasi kekurangan apa pun dan memberantasnya untuk meningkatkan kualitas produk Anda.

 

IoT tidak lagi di masa depan tetapi di masa sekarang, dan sedang diadopsi di seluruh industri manufaktur, berkat banyak manfaatnya. Ini meningkatkan komunikasi, mengoptimalkan proses manufaktur, dan dilengkapi dengan solusi dan aplikasi yang luar biasa. Jadi, akan menjadi kerugian kompetitif jika Anda tidak memiliki rencana untuk berinvestasi di IoT.


Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

15 September 2022
IoT untuk meningkatkan efisiensi tempat kerja

Saat ini, Internet of Things (IoT) telah mengubah setiap aspek kehidupan kita, dari cara kita berinteraksi hingga cara kita bekerja. Ini memungkinkan orang untuk bekerja sama dengan bantuan teknologi, yang mengarah pada peningkatan produktivitas.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...